GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Perkenalkan, Kami Gojek, Super App Kebanggaan Kamu

Perkenalkan, Kami Gojek, Super App Kebanggaan Kamu
Gojek · 25 Mar 2019

Hai Gojekers,

Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu? Mesen jemputan? Nganterin makan? Menjual dan membeli barang? Udah? Segitu aja nih, Fergusso? Hadeh.

Eh, kamu bertanya apa saja yang bisa aplikasi kami lakukan? Jadi begini, aplikasi kami ini memiliki lebih dari 20 layanan. Kamu mau apa deh? Ayo coba bilang. Ngojek atau menumpang mobil pergi ke kantor? Pesen GoRide. Laper? GoFoodin aja makananmu. Kelupaan bawa barang? GoSend aja nggak usah ribet. Capek dan pegel-pegel? GoMassage dong. Bad hair day? GoGlam. Semua pasti ada jalan!

Intinya, kami hadir untuk membuat hidup kamu lebih mudah dan terbantu banget sekaligus membuat lapangan pekerjaan bagi buuaannyak orang! Nggak percaya? Simak dulu baik-baik cerita kami, Gojek, si Super App kebanggaan kamu.

Bukan Super App kalau kami nggak bisa menghadirkan kamu layanan yang terbaik. Sekarang ini, kami sudah mempunyai lebih dari 20 layanan yang tersedia untuk kamu. Beberapa layanan yang kami kembangkan untuk melayani semua kebutuhanmu adalah:

Kebutuhan transportasi dan logistik:

Kebutuhan Makanan & FMCG:

Kebutuhan Pembayaran:

Kebutuhan sehari-hari:

Kebutuhan hiburan dan berita:

Lewat layanan-layanan tersebut, kami berhasil meningkatkan sejumlah pemesanan sampai 660 kali lipat. Saat ini, jumlah pemesanan dalam aplikasi kami telah mencapai angka 100 juta orderansetiap bulannya. Itu berarti secara keseluruhan kami telah melayani 261 juta orang.

Kalau ada yang bertanya sudah seberapa jauh kami melakukan perjalanan di jalan raya, tak perlu mencari jawabannya di Google. Nih, jawabannya: cakupan perjalanan kami itu bisa sampai 16.5 juta km setiap hari. Itu tuh SAMA AJA KAYAK 21 KALI BOLAK BALIK dari dan menuju BULAN! Lebih kerennya lagi, jumlah cakupan perjalanan kami tersebut setara dengan 1.5 kali lebih banyak daripada layanan penyewaan taksi terbesar di India.

Tak hanya layanan transportasi, kami juga punya GoPay, sebuah metode pembayaran digital. Layanan pembayaran digital kami ini telah memproses nilai total transaksi sebesar USD$6.3 miliar per tahun. Dengan nilai total tersebut, sekarang GoPay menjadi layanan pembayaran digital terdepan di Indonesia. Keren banget, ya?

Selain layanan GoPay yang dapat kamu manfaatkan untuk membeli makanan atau jajanan dan serangkaian layanan transportasi yang dapat mengantarmu ke mana saja, kami juga punya layanan GoFood. Layanan GoFood sendiri sudah memproses pemesanan dengan nilai total sejumlah $2 miliar per tahun. Dengan nilai sebanyak itu, nggak heran layanan GoFood didaulat menjadi layanan pengantaran makanan terbesar di Asia Tenggara.

Angka transaksi GoFood yang fantastis nggak akan tercapai kalau bukan karena keterlibatan merchant yang tergabung. Dalam layanan GoFood, kamu bisa menemukan lebih dari 300.000 jumlah merchant yang tersedia. Nah, dari jumlah merchant itu, sebesar 80% dari jumlah tersebut merupakan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang penjualannya sangat bergantung pada GoFood.

Berbagai layanan yang kami sediakan inilah yang menjadikan kami Super App. Aplikasi kami telah didownloadlebih dari 125 juta kali di Indonesia. Ini berarti satu dari dua orang di negara ini telah menginstall aplikasi kami di ponsel mereka. Dengan banyaknya yang memakai aplikasiku ini, pasti perlu sistem yang kerjanya ciamik dong, ya? Iya banget. Makanya biar semua berjalan lancar, aku menggunakan salah satu bahasa pemrograman terbesar di benua Asia bernama Jruby, Java dan go clusters.  

Membahas mengenai persoalan interface, aplikasi kami memproses lebih dari 350 juta panggilan API internal setiap detiknya. API sendiri berarti sistem pengoprasian yang memungkinkan satu aplikasi bekerja sama dengan aplikasi lainnya. Dibalik pengoprasian ini, ada 12 orangengineersuper yang bekerja mengatur sekurang-kurangnya satu juta mitra driver kami.

Pernah terlintas pertanyaan seputar berapa jumlah mitra driver Gojek? Kamu nggak perlu menghitung setiap driver dengan atribut Gojek di jalanan. Soalnya ada banyak banget. Gojek memiliki 2 juta mitra driver yang terdaftar dalam aplikasi kami. Secara keseluruhan, kami telah menyumbangkan sebesar 8.2 triliun rupiah ke perekonomian Indonesia melalui pendapatan para mitra driver*.

Seru banget, kan, cerita kami? Dengan semua pencapaian dan potensi yang kami miliki, kamu boleh berbangga sebab SuperApp Gojek adalah karya anak bangsa yang siap melayani semua kebutuhanmu dan menghidupi banyak orang di Indonesia. Ingin tahu informasi terkini mengenai kami dan layanan-layanan kami? Ikuti terus akun resmi Instagram Gojek Indonesia danTwitter Gojek Indonesia ya! 

*Jumlah ini tercantum dalam hasil sebuah penelitian oleh Universitas Indonesia