logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Dari A-Z, Ini Info Gojek yang Wajib Kamu Tahu
Dari A-Z, Ini Info Gojek yang Wajib Kamu Tahu
gojek / 28 May 2021

Hai Gojekers~

Hampir setiap hari kita berinteraksi. Waktu kamu mau pergi, aku siap nganterin kamu dengan pengalaman berkendara aman dan nyaman lewat GoRide dan GoCar. Waktu kamu laper atau mau ngirim makanan, aku siap GoFood-in menu kesukaan kamu, keluarga, dan teman. Waktu kamu mau bayar tagihan atau kirim duit patungan, aku siap membuat transaksi kamu aman lewat GoPay. Semua pasti ada jalan!

Setelah lewat dari satu dekade kita berinteraksi, aku paham ada banyak pertanyaan dari kamu yang belum tuntas aku jawab. Mungkin kamu mencari-cari jawabannya di angin yang berhembus, mungkin kamu mencari jawabannya di padang ilalang. Mungkin pertanyaan-pertanyan-pertanyaan yang ada di kepala kamu muncul sewaktu malam dan berubah jadi 2 a.m. thoughts kamu setiap harinya (hehe).

Udah, kamu nggak perlu overthinking gitu. Biar kamu semakin kenal aku, aku mau berbagi sedikit tentang cerita-cerita yang kubawa selama ini; semua info Gojek yang bisa kamu ceritain ke teman-teman kamu. Yuk kita kenalan sekali lagi dari awal;

Perkenalkan, aku Gojek,

aplikasi karya anak bangsa yang bisa kamu andelin buat selesaikan masalah harian kamu.

Cek bagian tertentu dari cerita tentang aku yang bikin kamu penasaran dengan klik daftar berikut:


Tiga Pilar Gojek

Sama seperti kamu, Gojek juga punya prinsip yang nggak putus dianut semenjak berdiri di tahun 2010 hingga sekarang. Prinsip Gojek terbagi jadi tiga pilar:

Cepat

Layanan-layanan Gojek itu cepat dan Gojek senantiasa belajar dan berkembang dari pengalaman. Apapun yang kamu, Gojek siap membantu kamu memenuhi semua kebutuhanmu dengan cepat!

Inovatif

Setiap tim yang ada di balik Gojek bekerja keras untuk terus meningkatkan layanan, sehingga memberikan kemudahan lebih bagi kamu serta para pengguna lainnya.

Dampak Sosial 

Gojek terus berupaya menciptakan dampak sosial yang positif bagi para pengguna Gojek, termasuk kamu, mitra driver dan merchant.


Cerita Dibalik Logo dan Tipografi Gojek

Sama seperti semua hal di dunia ini dan sama seperti kamu, aku pun tumbuh berkembang dan berusaha beradaptasi dengan dunia. Semenjak pertama kali berdiri di tahun 2010 dan muncul sebagai aplikasi di tahun 2015, aku telah mengalami banyak perubahan. Salah satu yang bisa kamu perhatiin bedanya adalah logo. 

Hampir sebelas tahun yang lalu, salah satu pendiri Gojek membuat konsep logo yang terinspirasi dari perkawinan antara ojek motor dan teknologi yang disimbolkan dengan logo wifi. Logo pertamaku unik dan mampu mengkomunikasikan apa yang aku tawarkan ke kamu dan kesekian juta masyarakat Indonesia di waktu itu. Kamu bisa ngeliat logo-logo ini di rompi Gojek, di iklan Gojek, di mana-mana! Namun sama seperti perubahan mifa (minuman favorit) dan mafa (makanan favorit) kamu selagi masa kanak-kanak menuju usia dewasa, logo pertama ini butuh pembaharuan.

Ada beberapa hal yang jadi pertimbahan ketika tim di Gojek memutuskan untuk merubah logo. Pertama, kamu nggak akan bisa ngenalin aku kalau logo ini muncul dalam ukuran kecil. Kedua, logo ini kurang bisa memfasilitasi semua layanan yang aku sediakan. Bagaimanapun juga, Gojek adalah sebuah aplikasi yang merangkum banyak layanan, sebuah SuperApp. Aku punya banyak banget produk serta layanan, dan jumlah itu kemungkinan besar akan berubah di masa depan.

Tim-tim yang bekerja di balik Gojek butuh mengevaluasi perkembangan apa yang akan terjadi seiring berjalannya waktu. Gojek butuh sesuatu yang baru; yang bisa lebih leluasa menggambarkan aku ke kamu dan jutaan pengguna lainnya, yang bisa kamu kenali sekali lihat, yang bisa kamu ketahui setiap saat, sebuah logo baru.

Berbulan-bulan tim-tim di balik Gojek meneliti, brainstorm, dan mengulik kembali kira-kira logo seperti apa yang mampu mengakomodasi hal-hal yang sudah aku jabarkan sebelumnya. Sampai akhirnya, mereka menemukan Solv

Solv, logo baruku ini, menjadi jawara dari sekian lama proses yang ditempuh tim-tim berbakat. Solv adalah simbol yang sempurna untuk dijadikan logo baru; cukup unik untuk menonjol diantara lautan aplikasi di internet, gampang dikenali sekali kamu lihat, dan tetap bisa mengakomodasi visi dan misi Gojek di masa depan. Sama seperti logo sebelumnya, Solv juga bisa kamu temukan di rompi Gojek, iklan Gojek, dan berbagai tempat lainnya. 

Dengan bentuknya yang unik, kamu mungkin mikir, “Ih mirip power button elektronik, ya!” Atau, “Mirip banget sama ikon pencarian!”

Atau, “Kayak pin di map gps gitu ya?”

Atau malah, “Lebih mirip kayak helm driver motor deh pas diliat dari atas map!” 

Waktu Solv akhirnya ditetapkan jadi logo baru, bersamaan dengan itu tim desainer di balik Gojek memutuskan Maison Neue Extended Bold jadi tipografi yang menyertainya. “Kenapa harus Maison Neue Extended Bold yang dipilih jadi font Gojek?” Mungkin kamu bertanya-tanya. Jawabannya gampang aja. Soalnya font Gojek yang satu ini ternyata cocok, mudah dikenali, dan mampu mengakomodasi semua kebutuhanku~


Semangat #PastiAdaJalan

Ditetapkannya Solv menjadi simbol yang mengingatkan kita semua kalau Gojek punya berbagai solusi, untuk setiap situasi dan memberikan kamu power untuk melewati keribetan sehari-hari. Pengingat bahwa di balik setiap tantangan, pasti ada solusi untuk melewatinya. Karenanya semangat #PastiAdaJalan selalu hadir di tiap layanan Gojek yang tersedia!


Arti Warna Gojek dan Tiap Layanan Gojek

Layaknya pelangi, dulu layanan yang tersedia di Gojek tampil hampir dalam berbagai warna! Seru banget sih, tapi aku paham kalau kebanyakan warna ini bikin kamu jadi kebingungan. Setelah menemukan Solv sebagai logo baru, tim desainer di Gojek menggagas ide, “Gimana kalau kita mengelompokkan semuanya jadi beberapa warna aja?”

Memang penuh pengertian dan berbakat semua orang di tim Gojek ini, mereka berhasil membuat enam kelompok warna yang seru dan tentunya bikin kamu gampang mengenali jenis layanan apa yang ditawarkan. Keenam warna itu adalah: 

Warna Hijau untuk mewakili layanan transportasi dan logistik, terdiri dari:

Warna Merah untuk mewakili layanan makanan & FMCG, terdiri dari:

Warna Biru untuk mewakili layanan pembayaran:

Warna Pink untuk mewakili layanan hiburan dan berita:

Warna Oranye untuk mewakili layanan kebutuhan sehari-hari:

Warna Ungu untuk mewakili layanan bisnis:


Jinggle Gojek

Biar kamu makin hafal sama kehadiran Gojek, tim dibalik Gojek melengkapi identitas dengan menambahkan jingle atau pesan yang disampaikan lewat musik! Jingle ini bisa kamu dengerin di iklan Gojek. Dengerin jingle-nya deh sambil nutup mata. Pasti kamu jadi pengen download nada dering Gojek atau nyari-nyari ringtone lucu Gojek dan buka aplikasi Gojek, kan? 

Makin tau ceritaku, makin sayang kan kamu sama Gojek? Kalau nanti ada cerita baru, aku akan kasih tahu sama kamu kok. Buat sekarang, segini dulu. Jangan lupa kabarin temen-temen, keluarga, dan kesayangan kamu yang juga penasaran sama ceritaku, ya!