GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Pulang Malam Nyaman, Sampai Rumah #AmanBersamaGojek

Pulang Malam Nyaman, Sampai Rumah #AmanBersamaGojek
Gojek · 26 Nov 2020

Hai Gojekers, 

Tak bosan kami mengatakan jika keselamatan dan keamanan kamu selama di perjalanan menjadi prioritas utama di Gojek. Kami terus mengupayakan berbagai inisiatif demi memastikan keamanan perjalanan terutama bagi kaum perempuan yang bepergian di malam hari, seperti: 

Tonton video berikut ini supaya kamu mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai berbagai inisiatif keamanan bagi kaum perempuan: 

Penyediaan Zona Aman Bersama Gojek

Merupakan tempat untuk kamu bisa menunggu mitra driver Gojek ataupun transportasi umum lainnya. Zona Aman Bersama Gojek mengacu kepada kajian After Dark dari UN Women dan Pulse LabJakarta, titik penjemputan kami berperan sebagai zona aman terutama bagi para perempuan di malam hari karena memiliki penerangan yang cukup dan lokasi strategis dekat keramaian. Jadi, kalau kamu ingin merasa aman ketika menunggu dijemput, kamu bisa mengunjungi Zona Aman Bersama Gojek terdekat.

Zona Aman Bersama Gojek sementara ini tersedia di lokasi berikut: 

  • Stasiun Sudirman
  • Stasiun Bekasi 
  • Stasiun MRT Lebak Bulus

Kedepannya, Zona Aman Bersama Gojek pun akan turut hadir di beberapa kota secara berkala seperti: Bandung, Medan, Palembang, Jogja, Semarang, Bali, Makassar, dan Surabaya.

Mitra Andal yang terlatih 

Bekerjasama dengan Hollaback! Jakarta, kami memberi pelatihan dalam modul edukasi online pada aplikasi Driver agar mereka dapat mengenali tindakan kekerasan seksual di ruang publik dan dapat turut serta mencegahnya di manapun dan kapanpun; tentunya dengan tetap memperhatikan keselamatan bersama. Modul ini berisi topik-topik seperti:

  1. Kenali dan Hindari Pelecehan Seksual
  2. Rujukan Kontak Kasus Pelecehan Seksual 

Pelatihan ini terangkum dalam fitur baru yang bisa ditemukan pada aplikasi driver bernama Tips Pintar yang ditujukkan untuk membantu mitra driver menghadapi kendala ketika menjalankan pekerjaannya dan secara bersamaan meningkatkan kualitas dan kinerja mitra drivers, dalam skala besar.

Fitur Keamanan untuk perjalananmu

Berbagai inovasi teknologi dalam ekosistem Gojek terus kami kembangkan demi membuat pengalaman berkendaramu jadi lebih nyaman, seperti 

  • Fitur Verifikasi Wajah Driver

Demi memastikan keamanan akun driver, kami menghadirkan fitur verifikasi wajah driver di aplikasi GoPartner. Mitra driver diminta berswafoto dengan wajah menghadap kamera untuk memastikan apakah driver yang teregister sesuai dengan foto. Begitu terverifikasi, mitra dapat mengambil orderan dan melayani semua kebutuhanmu.

  • Penyamaran Nomor Telepon

Hadir untuk menjawab kebutuhan akan keamanan data pribadi setiap pengguna Gojek. Dengan penyamaran nomor telepon di aplikasi Gojek, saat kamu berkomunikasi dengan mitra driver melalui telepon, nomor ponsel kamu dan mitra driver akan disamarkan. 

  • Bagikan Perjalanan

Jika kamu butuh memberitahukan kerabat mengenai perjalananmu, Fitur Bagikan Perjalanan bisa kamu gunakan. Bagikan perjalananmu supaya kerabatmu bisa melacak keberadaanmu dan tidak perlu khawatir.

  • Tombol Bantuan Darurat

Kapanpun dan dimanapun saat kamu berada dalam situasi darurat, Unit Reaksi Gojek siap mendampingi kamu. Kamu bisa menggunakan fitur Tombol Bantuan Darurat untuk menghubungi Unit Reaksi Gojek.

  • Perlindungan Asuransi GoRide dan GoCar

Kami selalu berupaya untuk memberikan pengalaman terbaik untuk kamu dengan memperhatikan keamanan, kenyamanan, hingga memastikan bahwa kamu telah terlindungi dalam perjalananmu ketika menggunakan layanan Gojek dari musibah kecelakaan yang mungkin terjadi. Dalam setiap perjalanan bersama Gojek, kamu otomatis mendapat perlindungan asuransi dari Jasa Raharja atau Allianz.

Siapapun bisa ikut melawan kekerasan terhadap perempuan

Selain itu, kami juga bekerjasama dengan pemerintah dan LSM untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mampu mengenali jenis tindak kekerasan seksual di ruang publik dan tahu bagaimana cara melawan tindak kekerasan seksual tersebut.

Kenali jenis-jenis tindak kekerasan seksual di ruang publik, seperti:

  • Sharing konten pornografi
  • Intimidasi atau menggoda melalui chat dan telepon
  • Ucapkan komentar atas tubuh atau penampilan, termasuk bersiul
  • Lakukan kontak fisik yang tidak diinginkan

Ayo lebih peduli untuk mencegah kejahatan yang mungkin terjadi terhadap siapapun, khususnya perempuan!

Jika kamu melihat tindak kekerasan seksual, segera laporkan kepada pihak yang berwajib di nomor: 112/ KPPPA hotline 082125751234 atau laporkan ke lapor.go.id

Tak perlu ragu untuk melakukan perjalanan dengan Gojek meskipun di malam hari. Pesan GoRide atau GoCar supaya perjalananmu #AmanBersamaGojek.