GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Gojek Siap Bantu Kamu Jalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Gojek Siap Bantu Kamu Jalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Gojek · 14 Apr 2020

Hai Gojekers,

Di saat aktivitas melambat karena COVID-19, Gojek justru terus berinovasi supaya kita bisa melalui masa sulit ini bersama-sama dan tetap produktif selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan.

Ada tiga hal yang menjadi fokus Gojek di masa PSBB ini:

  • Memberikan pelayanan dan mendukung kamu tetap produktif saat #dirumahaja
  • Menjaga keamanan dan kesehatan bersama
  • Menjaga kesejahteraan para mitra

Berdasarkan tiga fokus itu, Gojek menghadirkan beragam solusi untuk mendukung kamu agar tidak perlu khawatir saat PSBB berlaku.

Kamu Tidak Hanya Bisa Pesan Makanan Seru di GoFood, tetapi Bisa Belanja Bahan Pangan dan Bahan Pokok

Buat kamu yang berdomisili di Jabodetabek, walaupun saat pemberlakukan PSBB ini kamu tidak bisa makan di restoran, kamu nggak perlu khawatir karena GoFood bisa tetap membawa makanan kesukaan kamu ke rumah. GoFood telah melakukan berbagai inovasi seperti:

  • Contactless delivery, opsi pengantaran tanpa kontak fisik langsung
  • Kartu Penanda Suhu Tubuh agar pelanggan mengetahui kesehatan dari pihak yang memasak, membungkus, dan mengantarkan makanan

Yang lebih seru lagi, bukan cuma kebutuhan makanan siap santap, tapi sekarang di GoFood kamu bisa belanja berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan siap masak sampai dengan bahan pangan dan bahan pokok. 

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa belanja di gerai Alfamart, FamilyMart, Lawson dan Circle K hanya dengan klik kategori “Kebutuhan Harian” sedangkan untuk makanan siap masak, klik kategori “Siap Masak” di halaman GoFood. 

Selain itu, di GoFood sekarang kamu juga bisa beli 11 bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau di dua lokasi yaitu Pasar Mitra Tani/TTIC Pasar Minggu dan Pasar Mitra Tani/TTIC Bogor. Saat ini, ongkos kirim akan ditanggung sepenuhnya oleh Kementerian Pertanian untuk transaksi dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Transaksi dilakukan melalui aplikasi GoFood
  • Transaksi senilai minimum Rp40.000
  • Total maksimal diskon ongkir sebesar Rp60.000
  • Jarak maksimal 25km
  • Maksimal pembelian beras 5kg, minyak goreng 1 liter, dan produk lainnya 1kg
  • Pembelian dilakukan pada jam operasional toko selama pandemi: 09.00-13.00 WIB

Program ini telah berlaku di Jabodetabek dan secara bertahap akan diperluas ke kota-kota lainnya di Indonesia.

Prosedur Gojek sekarang juga semakin ketat agar makanan tetap higienis

Gojek membuat panduan food safety agar merchant menjaga kebersihan dapur dan operasional restoran. Merchant juga diminta menggunakan segel keamanan (safety seal) dan mengisi “Kartu Penanda Suhu Tubuh” pihak yang memasak, membungkus, dan mengantarkan makanan. 

Selain itu, ada inovasi contactless delivery untuk mengurangi kontak fisik supaya kita semua bisa tetap aman.

Di saat penuh tantangan ini, bukan berarti tidak bisa makan enak dan murah karena Gojek tetap gelar Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) 

Digelarnya program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) hingga 5 Mei membuat kamu bisa membeli makanan dari merchant favorit dengan harga spesial. Setiap transaksi kamu pastinya akan membantu keberlangsungan ribuan UMKM di masa sulit ini. 

Buat kamu yang masih harus beraktivitas di luar rumah selama PSBB, jangan khawatir karena Gojek punya Titik Pencegahan COVID-19

Gojek meningkatkan fungsi titik jemput dan shelter Gojek menjadi “Titik Pencegahan COVID-19”. Titik ini dilengkapi dengan pengukuran suhu tubuh serta penyediaan hand sanitizer dan masker untuk mitra driver dan masyarakat pengguna aplikasi Gojek yang masih harus bepergian. Aturan physical distancing terus dipertegas dengan pengelolaan antrian secara aman yang dilengkapi dengan stiker penanda dan petugas terlatih.

Saat ini, “Titik Pencegahan COVID-19” telah tersedia di Bandara Soekarno Hatta Terminal 1, 2, dan 3, wilayah Jabodetabek, Medan, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Secara bertahap, jumlah titik ini juga akan terus bertambah di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Selama periode PSBB ini, sejumlah kantor masih diperbolehkan untuk beroperasi dengan memperhatikan berbagai persyaratan. Kantor yang masih beraktivitas meliputi kantor perwakilan negara asing, organisasi internasional, lembaga negara yang turut serta menangani COVID-19, dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. 

Sedangkan pelaku usaha swasta yang dapat beraktivitas di kantor adalah mereka yang bergerak di bidang kesehatan, bahan pangan makanan dan minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, konstruksi, dan industri strategis.

Oleh karena itu, Gojek ingin memastikan kamu yang tetap pergi ke kantor bisa tetap nyaman naik GoCar dengan adanya “Titik Pencegahan COVID-19”.

Aktivitas Titik Pencegahan COVID-19 GoCar di Bandara Soekarno Hatta

Untuk mendukung kebutuhan sehari-hari kamu, layanan Gojek tetap beroperasi normal selama PSBB, kecuali GoMassage. 

  • Layanan Transportasi: GoCar dan GoBlueBird dengan jumlah penumpang maksimal 2 orang per kendaraan. Penumpang wajib menggunakan masker selama perjalanan dan duduk di kursi penumpang bagian belakang. Ikuti terus panduan keamanan selama perjalanan dari Gojek, ya!
  • Layanan kebersihan GoClean tetap tersedia. Layanan ini dilengkapi dengan “Prosedur Operasional Standar (SOP) Siaga COVID-19” untuk memastikan keamanan bersama. 
  • Layanan Logistik: GoSend dan GoBox
    Kamu bisa tetap kirim barang atau paket ke keluarga dan teman dengan layanan contactless delivery.
  • Layanan Telemedik: GoMed
    Kamu bisa melakukan “self-assessment” terkait COVID-19 dan konsultasi online dengan dokter asli dari Halodoc, loh! Kalau hasil konsultasi dokter menilai kamu perlu melakukan rapid test COVID-19, layanan rapid test COVID-19 drive thru telah tersedia di Kemayoran. Layanan ini adalah kolaborasi Gojek dengan Halodoc dan RS Mitra Keluarga. 

Selain itu, kamu bisa tetap produktif saat #dirumah aja dengan memanfaatkan layanan yang tersedia di platform Gojek: 

  • Pembayaran elektronik untuk kebutuhan sehari-hari: GoPay, GoBills, GoPulsa, GoSure, PayLater
    Semua layanan pembayaran elektronik tetap normal supaya kamu bisa bayar kebutuhan sehari-hari tanpa kontak langsung. Ada juga gratis biaya top up GoPay lewat jaringan Prima, Alfamart, dan sejumlah bank (BRI, BCA, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, BTN, BNI) sampai 30 April 2020.
  • GoPlay
    Buat kamu pecinta film, ada akses gratis ke GoPlay selama satu minggu, berlaku sampai akhir April 2020. Buat pengguna setia GoPlay, kamu bisa dapat diskon berlangganan 50% selama periode tersebut.
  • GoMall
    Lengkapi semua kebutuhan kamu dengan beragam promo menarik melalui layanan GoMall. Mulai dari peralatan kebersihan, produk perawatan tubuh, cemilan hingga produk kesehatan menantimu tanpa harus keluar rumah.
  • GoNews
    Dapatkan berita terkini lewat GoNews. Hadir setiap hari dengan konten berita terbaru, mulai dari kabar terkini tentang COVID-19 di Indonesia dan dunia, inspirasi gaya hidup sehat, hiburan, dan beragam informasi terkini lainnya bisa kamu dapatkan hanya dalam satu aplikasi!
  • Event Online Loket
    Kamu bisa ikut berbagai acara online bersama event creator terbaik melalui loket.com. Banyak topik menarik seperti pengelolaan keuangan keluarga, pengenalan reksadana, seluk-beluk pajak, strategi marketing internet, dan lainnya. Ada juga acara “Musisi Bandung Nemenin Kamu” dari 13-30 April 2020. Jangan sampai terlewat, ya!
  • Teledukasi (Belajar Online)
    Gojek kerja sama dengan Zenius untuk hadirkan layanan teledukasi yang bisa kamu akses secara gratis di aplikasi Gojek. Ada “Zenius Live Teaching” dan “Rencana Belajar Harian dari Zenius” juga loh. 
  • Berbagi kebaikan dengan GoGive
    Gojek menyatukan organisasi nirlaba terbesar di Indonesia untuk menyalurkan bantuan kepada beragam penerima manfaat melalui Kitabisa, platform donasi GoGive. Organisasi yang tergabung adalah Baznas, Lazis Muhammadiyah, NU CARE-LazisNU, Rumah Zakat, Wahana Visi Indonesia, dan Indorelawan.

Semoga layanan Gojek bisa membantu kamu melalui masa PSBB, ya. Untuk informasi terbaru mengenai layanan dan inisiatif Gojek selama COVID-19, kamu bisa cek di sini


Stay safe and healthy, Gojekers!