logo
Home
/
Blog
/
gopay
/
5 Tips Belanja Bulanan Rumah Tangga, Bisa Hemat Banyak!
5 Tips Belanja Bulanan Rumah Tangga, Bisa Hemat Banyak!
gopay / 24 Feb 2024

Hai Gojekers,

Saat merencanakan keuangan rumah tangga, ada 2 hal utama yang harus diperhatikan, yaitu pemasukan dan pengeluaran. Tentunya, kedua hal ini harus seimbang, agar tidak ada hutang nantinya. Akan lebih baik jika jumlah pemasukan lebih besar dari pengeluaran, agar kamu berkesempatan untuk menabung. Jika belum memiliki sumber pemasukan tambahan, kamu bisa coba menekan pengeluaran, salah satunya dengan menghemat uang belanja bulanan.

Simak di bawah ini tips-tips belanja bulanan yang paling jitu untuk menghemat pengeluaran!

1. Gunakan Metode Amplop atau Budgeting

Pisahkan uang sesuai kebutuhan, seperti tagihan bulanan, uang saku, bensin, belanja, dan lainnya. Gunakan amplop sesuai dengan namanya dengan disiplin ya, usahakan sebaik mungkin untuk nggak bablas menggunakan uang di amplop tagihan untuk belanja.

2. Buat Daftar Belanja dan Menu Mingguan

Sebelum belanja bulanan, pastikan kamu menyiapkan daftar belanja dan menu mingguan dulu ya! Hal ini bisa menghindari kamu agar tidak belanja barang-barang yang sebenarnya sudah ada di rumah atau tidak dibutuhkan.

3. Hindari Fokus Pada Merek

Mulai dari gula, minyak, deterjen, sampai sabun yang memiliki merek terkenal mungkin akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Saat kamu belanja bulanan, jangan terpatok pada merek yang terkenal. Cek merek-merek lainnya, siap tau kamu bisa membeli produk yang mereknya tidak terlalu terkenal, tapi memiliki fungsi yang sama dan harganya lebih murah!

4. Cek Promo yang Berlaku

Manfaatkan promo yang diberikan oleh supermarket sebaik-baiknya! Mulai dari diskon harga coret, buy 1 get 1, atau pun cashback, semua bisa kamu manfaatkan agar belanja bulanan rumah tangga jadi lebih hemat. Untuk menikmati promo-promo menarik di supermarket, kamu bisa manfaatkan promo Bebas Belanja dari GoPay yang memberikan cashback menarik. Cek selengkapnya di sini ya!

5. Simpan Barang-barang dengan Baik Agar Tahan Lama

Setelah belanja, segera rapikan barang-barang dan simpan sesuai dengan tempatnya. Misalnya, simpan sayur, buah, dan daging di wadah tertutup dalam kulkas, lalu deterjen dalam lemari. Tujuannya agar barang-barang jadi bisa lebih awet dan digunakan secara maksimal, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik membeli baru.

Sudah siap menerapkan tips belanja bulanan rumah tangga di atas agar uang yang dikeluarkan jadi lebih efisien? Jangan lupa juga untuk ikuti program FinanSiap bersama GoPay agar kamu bisa menambah wawasan seputar mengatur keuangan dan bisnis lebih banyak lagi.