logo
Home
/
Blog
/
gopay
/
Kenali Tips Atur Keuangan Bareng Finansiap GoPay
Kenali Tips Atur Keuangan Bareng Finansiap GoPay
gopay / 24 Feb 2024

Hai Gojekers,

Bagi banyak orang, mengatur keuangan bisa jadi tantangan yang sangat sulit, walaupun sudah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan secara teratur. Apalagi di waktu-waktu tertentu seperti di awal atau akhir bulan, saat banyak kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari bayar tagihan, belanja, makan sehari-hari, ngirim buat orangtua, hiburan, sampai dengan tabungan hari tua.

Tips Atur Keuangan dengan GoPay

Simak beberapa tips atur keuangan di bawah ini, agar kamu bisa menjawab tantangan keuangan pribadi dan keluarga.

1. Gunakan Satu Dompet Serbaguna

Supaya mudah mengatur keuangan, kamu bisa gunakan GoPay, dompet digital yang bisa untuk bayar apa aja dan di mana-mana, sekaligus mengecek pengeluaran dengan mudah. Mulai dari belanja bulanan, jajan makanan favorit, bayar tagihan, transfer ke mana pun, sampai menabung. Top up-nya juga bisa di mana aja.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Pertama, kamu harus mengetahui dengan detail seluruh pemasukan dan pengeluaran. Pemasukan adalah uang yang masuk ke kantongmu. Ada 3 tipe, pemasukan utama seperti gaji bulanan, pemasukan sampingan seperti hasil jualan, dan bunga dari tabungan. Sementara pengeluaran adalah uang yang keluar untuk tujuan konsumsi, dan terbagi dalam 3 tipe berdasarkan kepentingannya. Pengeluaran primer meliputi belanja kebutuhan harian dan bayar tagihan, pengeluaran sekunder seperti hiburan, serta pengeluaran tersier seperti belanja perhiasan.

3. Buat Budgeting Sesuai Kebutuhan

Setiap kamu menerima pemasukan, langsung buat budgeting atau pos-pos pengeluaran. Kamu bisa buat angkanya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu mampu mematuhi budgeting ini agar tidak pusing di akhir bulan.

4. Atur Tabungan dan Investasi

Jangan lupa sisihkan sebagian uang pemasukan untuk ditabung atau diinvestasikan ya! Kamu bisa gunakan tabungan ini untuk traveling, beli kebutuhan dalam nominal besar, persiapan dana tak terduga, atau hari tua. Kamu bisa berinvestasi menggunakan GoPay melalui Pluang atau Bibit untuk menikmati promo spesial!

5. Manfaatkan Promo yang Tersedia

Selain bijak saat mengeluarkan uang, jangan lupa untuk manfaatkan promo-promo yang tersedia agar kamu bisa menekan pengeluaran. Cek promo menarik dari GoPay di sini, supaya belanja kebutuhan, jajan, atau beli pulsa jadi lebih hemat.

6. Evaluasi Keuangan

Setiap akhir bulan, kamu bisa lakukan evaluasi keuangan pribadi atau keluarga melalui GoPay Diary. Cek apakah angka pengeluaran sudah sesuai dengan pemasukan. Pastikan semuanya seimbang ya!

7. Ikuti Program “FinanSiap” dari GoPay

GoPay menginisiasi program bertajuk “FinanSiap”, yang mengajak para penggunanya untuk menambah wawasan seputar mengatur keuangan dan bisnis. Mulai dari mengetahui serta mencatat pemasukan dan pengeluaran, budgeting, menabung, mengevaluasi keuangan, investasi, sampai mengembangkan bisnis.

Belajar Mengatur Keuangan Bareng Program FinanSiap GoPay

Acara ini mendatangkan berbagai pembicara yang ahli di bidangnya dan akan membahas seputar mengatur keuangan pribadi dan bisnis.

Cek tabel di bawah ini buat tau topik apa aja yang bakal dibahas setiap bulannya.

Topik

Tanggal

Siap Berbisnis Online di Masa Pandemi

15 Juli 2021

Atur Keuangan Saat Pandemi, Apa yang Paling Prioritas?

28 Juli 2021

Capai Merdeka Finansial Bareng Pasangan

12 Agustus 2021

Siap Cuan Investasi Saham

22 September 2021

Tutorial Investasi: Cara Registrasi dan Memilih Saham yang Baik

26 Oktober 2021

Aspek Psikologis Dalam Berinvestasi

19 November 2021

Entrepreneurship 101 untuk Bisnis Sampingan

16 Desember 2021

Bersiaplah di hari Rabu, 22 September 2021 besok karena program Finansiap bakal bahas seputar Siap Cuan Investasi Saham!


Jangan sampai ketinggalan semua sesi program FinanSiap ini ya, karena ada banyak banget wawasan baru yang menantimu! Pastikan kamu follow Instagram @gopayindonesia untuk info terbaru. Klik aja tombol di bawah ini.