logo
Home
/
Blog
/
gopay
/
7 Jajanan Tradisional Indonesia yang Beken Hingga Kini
7 Jajanan Tradisional Indonesia yang Beken Hingga Kini
gopay / 13 Aug 2021

Kalau bicara soal kuliner khas Indonesia, rasanya nggak akan pernah ada habisnya. Mulai dari makanan berat hingga jajanan tradisional, setiap daerah punya ciri khas masing-masing. Ada banyak juga jajanan tradisional Indonesia yang beken hingga sekarang, dan beberapa bahkan dikreasikan jadi hidangan kekinian. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Kue Cubit

Jajanan tradisional yang ini selalu menjadi idola. Membuatnya mudah, hanya perlu membuat adonan dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur, lalu dituang ke cetakan khusus. Biasanya, kue cubit disajikan dengan topping cokelat atau keju. Kue cubit kekinian biasanya menggunakan campuran red velvet atau green tea.

2. Kue Klepon

Makanan yang satu ini dibalut dengan parutan kelapa. Saat digigit, akan terasa seperti dikejutkan dengan rasa manis legit dari gula merah sebagai isiannya. Ingin mengabadikan kenikmatannya, sekarang ini banyak kafe yang menjual aneka cake dengan citarasa klepon juga, lho!

3. Serabi

Serabi yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan memiliki rasa gurih yang sangat unik. Jika kamu menyukai manis, serabi bisa disajikan dengan kinca. Sementara jika menyukai rasa asin, serabi bisa diberi taburan oncom. Namun, sekarang ini banyak juga yang menjual serabi dengan topping cokelat, keju, atau daging.

4. Lemper

Jajanan ini selalu digemari hingga kini. Beras ketan yang dimasak, lalu diisi daging ayam, dan dibalut dengan daun pisang ini memiliki rasa gurih yang nikmat. Beberapa buah lemper bisa bikin perut terasa kenyang.

5. Kue Pukis

Tahukah kamu kalau kue pukis adalah modifikasi dari waffle? Perbedaannya adalah kue pukis biasanya menggunakan santan di adonannya, lalu dituang ke dalam cetakan berbentuk setengah lingkaran. Topping yang digunakan sangat bervariasi, bisa cokelat, keju, kacang, atau selai buah-buahan. Kue satu ini sangat mudah dijumpai di toko mana pun hingga kini.

6. Dadar Gulung

Dadar gulung biasanya berwarna hijau karena mengandung air daun pandan. Namun, air daun pandan diganti dengan pewarna makanan hijau yang lebih mudah didapat. Isiannya menggunakan campuran kelapa parut dan gula merah. Banyak juga yang mengkreasikan kulit dadar gulung menjadi aneka warna atau bahkan motif polkadot, menarik ya!

7. Lupis

Jajanan tradisional Indonesia ini populer di tanah Jawa. Lupis terbuat dari beras ketan yang dicetak segitiga atau lonjong seperti lontong, kemudian dibalut dengan kelapa parut, dan disajikan dengan saus kinca yang manis.

Jadi, jajanan tradisional Indonesia mana nih yang jadi favorit kamu? Buat kamu yang jadi ingin jajan kuliner khas Indonesia, bisa manfaatkan promo Bebas Jajan dari Rekan Usaha kuliner favoritmu. Jika kamu mau mencoba mengulik resepnya sendiri di rumah agar rasanya lebih sesuai denganmu, kamu bisa juga manfaatkan promo Bebas Belanja buat beli bahan-bahannya.