logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Wajib Tahu! 6 Tips Survive Di Universitas Sumatera Utara
Wajib Tahu! 6 Tips Survive Di Universitas Sumatera Utara
gojek / 24 Feb 2024

Hai Gojekers,

Bicara masa depan pasti tak lepas dari persiapan dan bekal ilmu untuk mengejar impian kamu. Bagi kamu yang sedang menuntut ilmu di Universitas Sumatera Utara sebagai mahasiswa baru ataupun calon mahasiswa USU nantinya, pasti kebayang dong gimana senangnya sebagai mahasiswa bergengsi USU. Namun tunggu dulu, jadi mahasiswa bukan bicara tentang mencari ilmu saja, tapi bagaimana cara kamu survive di lingkungan kampus kamu. Telat 1 detik saja dari jadwal kuliah bisa – bisa kamu tak mengikuti kegiatan belajar. Belum lagi ngejar deadline tugas kuliah yang menuntut kamu untuk stuck di perpus kampus dari pagi hingga sore sampai – sampai petugas perpus bosen lihat kamu yang sudah terlalu sering di perpus dan sialnya gimana kalau kamu malah telat karena salah masuk kampus saking besar dan luasnya Universitas Sumatera Utara. Akan tetapi, semua itu harus kamu lewati sampai berhasil lempar topi toga, dan bisa bahagiain orang tua kamu saat acara wisuda nanti. Jadi mahasiswa bukan cuma tentang belajar saja, tapi mesti bisa survive ya.

6 Tips Survive Kuliah Di Universitas Sumatera Utara

Dok: website/usu

Ini mungkin hal kecil, tapi bisa bisa jadi nightmare tersendiri loh. Sebagai mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru kamu mesti tau di mana lokasi kampus kamu. Jangan pula karena ngelihat abang atau kakak cakep malah ngikutin mereka masuk kelas kampus tersebut. Malu dong, kalau sampai salah masuk kelas kampus. Universitas Sumatera Utara terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan lebih tepatnya lagi terdapat 15 fakultas. Tentu saja, 15 itu bukan angka yang kecil. Kebanyang nggak jika kamu terdaftar sebagai mahasiswa yang masuk fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, tapi kamu malah kesasar masuk Fakultas Ekonomi? Jangan sampe deh.

Dok: website/usu

Jangan pernah telat masuk kelas saat kuliah di USU. Apapun yang terjadi jangan ada kata telat. Nggak mau kan dilihatin seisi ruangan saat kamu diusir dosen karena telat? Atau kamu berani mencoba sensasi saat semua mata tertuju pada kamu saat menggenggam pintu kelas dan mencoba masuk ? Apalagi jika ternyata dosennya galak, efeknya bisa kena nilai juga loh, itu mimpi buruk yang mesti kamu hindari apapun yang terjadi. Terkadang ada saja hal ngeselin yang bisa menghambat kamu untuk kuliah dan bisa – bisa kamu terlambat, tenang saja semua #PastiAdaJalan buat kamu yang dikejar waktu untuk kuliah, pesan GoRide saja biar cepat sampai.

Dok: instagram/ potretusu

Terkadang tidak semuanya bisa kamu kerjakan sendiri, kamu butuh kawan untuk sekadar bertukar pikiran dan menambah ide. Belajar bareng bukan cuma nambah wawasan saja tapi bisa buat kamu makin kompak dengan kawan-kawanmu loh. Apalagi kalau kamu yang merantau di Medan, keluargamu di sini adalah kawan-kawanmu. Jadi pastikan jangan sampai slek ya. Selalu jaga hubungan baik. Ingat kalau kalian bukan bersaing, tapi berjuang bareng-bareng. Selain itu, selalu saling bantu dan rasakan nikmatnya bisa lulus sama-sama ya. Satu lagi, saat belajar bareng jangan sampai perkara perut mengganggu konsentrasimu, GoFood siap menjadi solusi supaya kamu tidak terganggu saat belajar bareng kawan.

Dok: website/usu

Buku adalah sumber ilmu pengetahuan, tapi kamu tidak harus membeli buku yang harganya jelas tidak murah. Dengan menjadi keanggotaan Perpustakaan USU, kamu bisa mencari dan membaca sekitar 119.448 buku yang tersedia. Masih belum ketemu buku yang kamu butuhkan atau ingin mencari referensi bacaan di internet, Perpustakaan USU juga menyediakan akses wifi gratis yang bisa kamu gunakan saat belajar. Perlu diingat, mahasiswa yang belajar di Perpustakaan USU bukan cuma kamu saja. Makanya, seringkali sinyal wifi-nya hilang timbul karena penggunanya banyak. Jika koneksi internet dari wifi perpustakaan terasa lambat, gunakan saja GoPulsa dari Gojek untuk beli paket data yang kamu butuhkan dan tinggal tethering deh!

Jadi mahasiswa USU bukan hanya tentang belajar, tapi harus bisa bersosialisasi bareng kawan seperjuangan. Karena tentunya mereka nanti yang dapat membantu kamu di kala susah melanda dan berkeluh kesah bersama. Jangan jadikan momen mahasiswa kamu cuma belajar aja, kamu juga butuh momen bersama teman kamu supaya layak untuk dikenang nanti. Carilah teman yang terasa klop di hati kamu dan ajaklah nongkrong bareng, nggak perlu khawatir soal mau nongkrong di mana, di sekitar USU banyak cafe yang enak buat nongkrong kok, salah satunya yang berada di jalan Dr. Mansyur seperti Champion Cafe yang seru saat kamu nonton bola bareng – bareng, Kedai Kopi Ulee Kareng buat kamu yang suka duduk sambil menikmati kopi sanger panas, pengen makan steak bareng kawan? Ada Waroeng Steak and Shake juga kok, atau penggemar ayam penyet ada Ayam Penyet Jakarta juga, dan banyak lagi cafe di sepanjang jalan Dr. Mansyur. Pergi akan lebih asik jika kamu berangkat barengan ke sana. Naik GoCar menjadi pilihan terbaik biar ongkos jadi makin murah karena patungan. Nggak usah takut nombok, di Gojek ada fitur chat yang bikin kamu bisa nagihin uang patungan ke teman-teman kamu biar langsung di transfer lewat GoPay lho.

Atau, kalau kamu tidak suka keramaian. Kamu bisa nongkrong di kosan atau rumah teman sambil nonton bareng film Indonesia terbaik di GoPlay. Eits, tapi ingat sepulang dari kosan kawanmu jangan lupa dirapikan lagi ya, atau kalau kalian mager tinggal pesan GoClean aja dan patungan deh biar bayarnya lebih hemat.

Dok: instagram/usukecee

Jika kamu memang merasa anak USU, kamu harus mengetahui lokasi khas USU. Kan nggak lucu sudah lulus jadi mahasiswa USU, tapi belum pernah ke tempat ikonik di USU. Pertama yaitu Sumber, lokasi sumber sebagai penghubung jalan padang bulan dan jalan universitas. Sumber identik dengan tempat print dan fotokopi, jika kamu ingin mencetak hasil tugas kuliah kamu Sumber sudah pasti jadi pilihan pertama. Kedua yaitu kantin Gema, lokasinya berada di depan Gelanggang Mahasiswa sebagai wadah penampung tempat makan mahasiswa dengan harga makanan yang sangat terjangkau, sedang ketat keuangan tapi pengen makan yang enak? Kantin Gema dapat menjawab impian kamu. Ketiga, taman Birek USU, pengen nyoba jadi anggota DPR (Di Bawah Pohon Rindang) nggak? Di taman Birek ini kamu bisa nyantai di bawah pohon dan melakukan aktivitas seperti kumpul organisasi atau sekadar ngobrol bareng teman, dan bukan hanya itu saja, terdapat kandang rusa yang bisa kamu nikmati untuk melihat hewan herbivora satu ini, jadi nggak perlu jauh – jauh ke kebun binatang deh. Keempat, kolam perpus USU. Kolam kecil letaknya depan perpus USU ini sering digunakan sebagai tempat santai para mahasiswa, banyak mahasiswa duduk dan ngobrol di sekitar kolam.

Itulah tips buat kamu supaya bisa survive kuliah di Universitas Sumatera Utara. Menjadi mahasiswa memang impian semua orang. Tapi saat kuliah kamu diharuskan untuk berhadapan dengan komitmen dan keteguhan hati untuk mengejar impian. Tak pernah ada usaha yang menghianati hasil. Tetap bertahan hingga wisuda lalu menikmati hasil dari perjuangan selama kuliah. Semoga sukses ya, nggak perlu khawatir karena dengan Gojek #PastiAdaJalan untuk bisa lebih mudah menghadapi hari-hari selamakuliah di Universitas Sumatera Utara.