logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Siapa Bilang Tempat Olahraga di Medan Jarang? Yuk Baca Ini!
Siapa Bilang Tempat Olahraga di Medan Jarang? Yuk Baca Ini!
gojek / 24 Feb 2024

Hai Gojekers,

Sudah mulai olahraga belum hari ini? Sesibuk apapun kamu, jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga ya. Bermalas-malasan ternyata berdampak lebih buruk daripada merokok lho! Lagipula sebenarnya ada berbagai pilihan tempat olahraga yang nyaman, nggak cuma gym di Medan yang nyaman karena berada di dalam mall, banyak berbagai pilihan tergantung selera dan aktivitas kamu. Coba variasikan kegiatan olahraga kamu mulai dari gym, lari, yoga dan lainya dengan berkunjung ke beberapa alternatif tempat olahraga di Medan berikut ini.

6 Tempat Olahraga di Medan Terfavorit

Dok: MediaIndonesia

Bukan anak Medan namanya jika nggak pernah dengar tentang alun-alun kota sekaligus titik nol dari Kota Medan, yaitu Lapangan Merdeka. Di atas tanahnya yang luas, Lapangan Merdeka terbagi menjadi area pusat kuliner Merdeka Walk, kantor polisi, tempat parkir, tapi tetap menyisakan area serbaguna yang cukup lebar untuk difungsikan sebagai tempat olahraga bagi masyarakat Medan. Setiap hari Minggu mulai jam 6 - jam 10 pagi kita bahkan bisa bebas menikmati Car Free Daydi sini.

Selain Lapangan Merdeka, ada juga Lapangan Benteng yang lokasinya masih dekat dari Lapangan Merdeka. Lapangan Banteng juga cukup populer digunakan untuk berolahraga, misalnya jogging dan sepedaan. Ada juga berbagai komunitas lari, salah satunya RUNMDN yang sering olahraga bareng di sini, kamu bisa gabung kalau kamu butuh teman buat lari bareng nih. Tapi, karena letaknya di pusat kota yang ramai apalagi kalau jam pulang kantor, bikin jalan jadi macet dan stuck di jalan. Pesan GoRide biar lebih cepat!

Dok: Unsplash/Thao Le Hoang

Olahraga sekaligus rekreasi di outdoor bersama keluarga pasti menyenangkan ya, apalagi kalau tempatnya di taman kota yang rimbun dan sejuk, cuaca Medan yang panas bikin taman cocok kali untuk cari suasana yang adem. Coba cek artikel ini, ada beragam taman kota Medan yang ditata dengan baik sehingga nggak sedikit orang yang mengunjunginya setiap pagi untuk senam pagi, misalnya Taman Ahmad Yani, Taman Beringin, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa ajak keluarga ke Taman, karena suasananya bikin kita betah buat duduk ngobrol sehabis olahraga.

Dok: Unsplash/Mark Bertulfo

Tempat olahraga di Medan yang paling ramai tentu saja adalah fitness center atau gym di Medan yang berada di dalam mall. Dengan mendaftar keanggotaan, siapapun bebas menggunakan semua fasilitas olahraga di dalamnya. Tapi jangan cuma dipakai buat nongkrong dan selfie aja ya! Hati-hati juga karena ada banyak godaan buat jajan makanan berkalori tinggi di dalam mall. Butuh tekad kuat nih untuk jaga kesehatan! Kadang, olahraga di Mall bikin mager karena susah parkir, tau sendirikan Plaza Medan Fair dan Sun Plaza susahnya minta ampun cari parkir kalau sudah jam pulang kantor. Biar niat olahraga kamu nggak luntur, naik GoCar aja jadi nggak perlu repot cari parkiran deh.

Dok: Unsplash/Anupam Mahapatra

Meski kebanyakan fitness center sudah punya kelas latihan Yoga, ada baiknya jika kamu penggiat olahraga Yoga di Medan untuk mencoba suasana yang lebih tenang dan memang khusus dirancang untuk fokus senam yoga.

Selain menjadi tempat melatih kelenturan tubuh, ada beberapa tempat senam Yoga di Medan (studio yoga) yang dilengkapi dengan cafe atau tempat makan yang menyajikan makanan sehat dan vegetarian, misalnya Zucveda, Yoga life, dan Flow Yoga & Coffee. Ada lagi satu tempat yoga baru di Medan, namanya Drishti, selain yoga kamu juga bisa nyobain serunya olahraga pound fit di sana, dan yang serunya lagi ada kolam renang yang bikin kamu bisa menikmati serunya aqua yoga lho. Desain studio yang instagramable, bikin kamu jadi betah buat olahraga. Cobain deh!

Dok: Pixabay/PublicDomainPictures

Mempelajari ilmu dan teknik bela diri termasuk salah satu jenis olahraga penuh manfaat yang bisa kita coba. Fungsinya bukan cuma untuk melindungi diri, tapi juga melatih kekuatan dan ketangkasan tubuh. 

Sayangnya jenis olahraga ini kurang populer karena sering dianggap olahraga yang keras dan cuma dilakukan laki-laki. Komunitasnya pun termasuk sedikit di Medan. Padahal sesuai namanya, martial art adalah gabungan dari seni dan olahraga yang sangat menarik untuk ditekuni siapa saja, termasuk anak-anak.

Di Medan, cabang seni bela diri yang bisa dipelajari dan perguruannya cukup variatif, misalnya wushu dari YKWI yang terkenal sering memenangkan berbagai kejuaraan, Mixed Martial Arts dari Family MMA, Muay Thai dari Powerbox, dan Aikido dari Ishinkan Aikido Dojo. 

Dok: Unsplash/Rainier Ridao

Setuju nggak kalau menari mengikuti irama bisa jadi salah satu cara olahraga yang paling asyik dilakukan? Sambil mendengarkan musik, menari bisa membantu kita membakar kalori dan menjaga kesehatan sendi dan tulang.

Selain mengikuti kelas Zumba di fitness center, kenapa nggak mendaftarkan diri jika ingin serius mendalaminya? Kursus menari di Medan pun cukup beragam, mulai dari yang mengajarkan tari balet seperti di Princess Ballet School, modern dance dan hip hop di KM Studio, hingga dance sport yang merupakan cabang olahraga resmi yang sudah dipertandingkan hingga ke level PON. 

Itulah beberapa tempat olahraga di Medan di mana kita bisa mencoba kegiatan olahraga yang berbeda. Sebenarnya di rumah sendiri juga bisa asalkan punya niat dan komitmen penuh. Buat kamu yang pemula, biasanya akan ada efek pegal-pegal sehabis olahraga. Biar rileks lagi, kamu bisa memesan jasa terapis pijat profesional lewat fitur GoMassage dalam aplikasi GoLife. Satu lagi, biar gaya hidup sehat kamu makin konsisten, kamu bisa pilah-pilih menu makanan sehat yang tersedia di GoFood. Gimana? Setujukan kalau dengan Gojek #PastiAdaJalan buat olahraga kapanpun dan dimanapun.