logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Panduan dan Kebijakan Layanan untuk Mitra Baru Gojek
Panduan dan Kebijakan Layanan untuk Mitra Baru Gojek
gojek / 22 Sep 2022

Hi Rekan Mitra,

Selamat, Anda telah resmi bergabung menjadi Mitra Gojek! Untuk mengetahui lebih jelas mengenai panduan dan kebijakan mengenai layanan Gojek, silakan pelajari artikel ini

Cara Login

Berikut adalah cara masuk ke aplikasi GoPartner:

  1. Instal aplikasi GoPartner pada playstore Anda 
  2. Buka aplikasi GoPartner dan Klik Masuk 
  3. Masukkan Nomor Handphone yang Anda daftarkan 
  4. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP Anda 
  5. Lakukan proses verifikasi muka. 
    Jika Anda mengalami kegagalan pada Verifikasi Muka, silahkan kembali ke halaman OTP, kemudian klik logo “?” pada ujung kanan layar untuk masuk ke dalam halaman bantuan. Setelah halaman bantuan terbuka, temukan artikel “Cara masuk aplikasi GoPartner dengan fitur Verifikasi Muka” dan/atau “Saya Gagal Login karena Verifikasi Muka”.  Hati-hati, jika Anda gagal verifikasi muka sampai dengan 3 kali, akun Anda akan terblokir sementara dan dapat diaktifkan kembali melalui pengajuan banding.
  6. Apabila verifikasi berhasil, Anda akan langsung masuk ke halaman utama Aplikasi GoPartner

Cara Mulai Online

Setelah Anda mengetahui cara untuk masuk (login) ke aplikasi GoPartner, sekarang saatnya Anda untuk menyalakan aplikasi GoPartner (online) agar bisa mulai mengambil order. 

Namun, satu hal yang harus Anda pastikan sebelum menyalakan aplikasi adalah, HANYA online jika Anda sudah dalam posisi siap menerima order. Apa itu posisi siap menerima order? Posisi siap order adalah posisi di mana:

  1. Anda sudah berpakaian rapi dan menggunakan atribut Gojek (helm dan jaket) sesuai ketentuan 
  2. Anda telah mengikuti protokol kesehatan yang berlaku
  3. Kendaraan dalam kondisi rapi dan bersih 
  4. Anda sudah siap untuk mulai jalan ke titik penjemputan saat menerima order

Jika Anda sudah memastikan keempat hal tersebut, kini Anda sudah siap untuk online. Untuk mulai online, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk tombol Online/Offline di halaman Beranda hingga tombol berubah warna menjadi hijau. 
  2. Ketuk tombol status untuk mengaktifkan tombol Autobid agar Anda dapat menerima order secara otomatis. Khusus Order layanan GoFood dan GoShop, Anda dapat memilih harga maksimal order yang Anda ingin ambil pada halaman ini. 
  3. Kini Anda siap untuk mengambil dan menjalankan order

Cara Menerima dan Menyelesaikan Order

Setelah Anda berhasil online di aplikasi GoPartner, kini Anda sudah bisa untuk mulai menerima order. Berikut langkah untuk menyelesaikan order GoRide, GoFood, dan GoSend.

GoRide

  1. Ketuk atau sentuh tombol “Terima” pada halaman order yang masuk pada aplikasi GoPartner Anda sebelum waktu berakhir. 
  2. Setelah order diterima, segera menuju lokasi penjemputan. Jangan lupa untuk kabari Pelanggan melalui chat bahwa Anda sedang dalam perjalanan. Ingat! HANYA geser tombol “Udah di titik jemput” ketika Anda sudah tiba di lokasi penjemputan. 
  3. Setelah Pelanggan sudah naik ke atas motor dan Anda sudah siap untuk jalan, geser tombol “Udah sama customer”. Ingat! HANYA geser tombol saat Anda sudah siap memulai perjalanan dengan Pelanggan. 
  4. Antar Pelanggan ke alamat tujuan sesuai dengan rute di peta aplikasi GoPartner. Apabila Anda mengetahui rute alternatif, tanyakan terlebih dahulu kepada Pelanggan. Jika Pelanggan setuju, maka silahkan Anda melewati rute yang berbeda dari rute yang tertera di peta.
  5. Geser tombol “Selesai antar” ketika Anda sudah sampai di lokasi tujuan. Ingat! JANGAN menggeser tombol sebelum Anda tiba di lokasi tujuan Pelanggan. 

GoFood

  1. Ketuk atau sentuh tombol “Terima” pada halaman order yang masuk pada aplikasi GoPartner Anda sebelum waktu berakhir. 
  2. Setelah order diterima, segera menuju lokasi Resto. Ingat! HANYA geser tombol “Udah di resto” ketika Anda sudah tiba di lokasi Resto. 
  3. Perlihatkan aplikasi GoPartner Anda kepada petugas resto dengan menekan tombol ‘Lihat Pesanan’, kemudian akan muncul daftar menu yang dipesan oleh Pelanggan. Hal ini dapat mencegah terjadinya kesalahan input orderan yang dapat merugikan Mitra/Pelanggan/Resto.
  4. Geser tombol “Udah Beli Pesanan” jika Anda sudah menerima pesanan. 
  5. Jika harga pada struk dan di aplikasi sudah sama, klik Tombol “Ya, harga ini benar” dan tekan tombol “Lanjut”. 
  6. Setelah makanan diterima dari resto, pastikan makanan yang Anda terima sesuai dengan yang tertera di aplikasi, lalu geser Tombol "Mulai Pengantaran", kemudian antarkan pesanan ke lokasi pengantaran.
  7. Jika sudah menyerahkan pesanan kepada Pelanggan, geser tombol “Selesai Antar” untuk menyelesaikan order.

GoSend

  1. Ketuk atau sentuh tombol “Terima” pada halaman order yang masuk pada aplikasi GoPartner Anda sebelum waktu berakhir. 
  2. Setelah order diterima, segera menuju lokasi pengambilan paket. Ingat! HANYA geser tombol “Udah jemput paket” ketika Anda telah bertemu dengan pengirim paket dan menerima paket yang akan diantarkan.
  3. Lakukan pengambilan foto paket yang telah Anda terima dari pengirim paket dengan klik “Ambil foto”. 
  4. Kirimkan barang ke lokasi tujuan, jika sudah bertemu dengan penerima barang dan barang sudah diberikan geser “Selesai Antar”.
  5. Lakukan pengambilan foto barang yang Anda serahkan kepada penerima.
  6. Masukan nama penerima kemudian klik “Kirim” untuk menyelesaikan pesanan.

Catatan Penting:

Untuk melihat informasi dan panduan lainnya silahkan buka halaman bantuan pada aplikasi GoPartner Anda.

TARTIBJEK

TARTIBJEK adalah peraturan yang dibuat Gojek untuk menegakkan tata-tertib bagi Mitra selama menjadi Mitra Gojek. Peraturan ini dibuat untuk memastikan kenyamanan dan keamanan Mitra dan juga Pelanggan Gojek. Anda dapat melihat daftar pelanggaran beserta sanksi apa saja yang berlaku di TARTIBJEK pada artikel “Daftar Pelanggaran TARTIBJEK (Tata Tertib Gojek)”