logo
Home
/
Blog
/
gosend
/
Tips Jualan Makanan Sehat Pakai Gosend
Tips Jualan Makanan Sehat Pakai Gosend
gosend / 24 Feb 2024

Gaya hidup sehat masih jadi tren dewasa ini. Selain ikut komunitas olahraga, orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat juga biasanya mencari santapan-santapan khusus untuk menunjangnya. Tidak heran, bisnis makanan sehat masih sangat populer sekarang.

Buat kamu yang akan atau sedang menjalankan bisnis makanan sehat, kamu bisa mengeruk lebih banyak untung lagi dengan bantuan GoSend. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak tips bisnis makanan sehat pakai GoSend di bawah ini.

1. Lakukan sistem pre-order (PO)

Cari cuan boleh saja, tapi jangan sampai menurunkan kualitas atau bikin kamu pusing sendiri. Ada beberapa keuntungan yang bisa diambil dari sistem PO. Kamu jadi tahu berapa bahan baku yang harus disiapkan karena tahu target jualan per harinya. Di samping itu, kamu juga bisa membatasi pembelian sesuai dengan kapasitas.

Sistem PO juga bisa memberikan kamu kemudahan untuk mengirimkan pesanan ke para pembeli. Coba manfaatkan GoSend dalam pengantarannya, ya. Fitur dari Gojek untuk mengantar barang dan dokumen ini bisa dipesan lebih dari satu order, loh. Jadi, proses jualan kamu lebih cepat.

2. Buat kemasan yang menarik

Membuat kemasan menarik tetap wajib dilakukan. Malahan, hal ini bisa menambah exposure dari brand, loh. Pembeli yang tertarik karena melihat kemasan yang unik mungkin akan mem-posting-nya di media sosial dan bikin jualan kamu semakin dikenal banyak orang.

Bukan hanya menarik dan unik ya, packaging juga harus fungsional. Pertama, jelas harus bisa menjaga makanan tetap hangat atau dingin hingga sampai ke tangan pembeli kamu. Selain itu, kamu pun harus memudahkan driver GoSend untuk membawanya saat ada orang yang membeli dalam jumlah banyak.

3. Beri konsumen pilihan menu

Menjalankan bisnis memang harus fokus. Jika fokus utama menjual makanan sehat, pastikan juga kamu memiliki variasi menu yang sesuai, seperti camilan dan minuman sehat di dalamnya.

Punya banyak menu akan kasih pembeli kamu banyak pilihan dan mungkin membuatnya tidak cepat bosan untuk mencoba menu sehat lainnya. Bisa juga, banyaknya pilihan menu ini jadi strategi marketing kamu untuk memberikan promosi atau bonus karena berbelanja dalam jumlah tertentu.

4. Tawarkan Promo atau Menu Paket

Semua orang suka dengan promo. Kalau kamu suka, berikan juga kebahagiaan itu untuk orang lain. Buat promo untuk menu-menu tertentu, khususnya yang paling favorit. Kamu bisa memberikan potongan harga atau buy one get one dengan minimal pembelian tertentu. Potongan harganya pun bisa bervariasi tergatung dari besarnya keuntungan yang mau kamu dapatkan.

Dengan memberikan harga promo terkadang bisa membuat pelanggan semakin banyak berdatangan untuk memesan produk kamu. Agar lebih efektif, kamu juga bisa memberikan promo-promo tersebut pada momen yang tepat, misalnya, ketika akhir bulan karena memasuki tanggal gajian. 

5. Save alamat pelanggan loyal

Kalau kamu bisa menjaga kualitas dari bisnis makanan sehat yang kamu jalankan, memiliki pelanggan loyal sudah bukan mimpi lagi. Jika ada orang yang membeli lebih dari tiga atau empat kali, bisa dipastikan dialah pelanggan loyal kamu. Sudah kewajiban kamu juga untuk memberikan apresiasi lebih untuk mereka.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan alamat pelanggan kamu itu di aplikasi Gojek. Saat dia membeli makanan sehat kamu lagi, tinggal kirim saja tanpa perlu memasukkan alamatnya kembali. Lebih mudah, bukan?

Yuk, manfaatkan GoSend untuk menjadikan bisnis makanan sehat kamu semakin sukses!