GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Mau Beli Jas Hujan? Perhatikan 5 Tips Berikut

Mau Beli Jas Hujan? Perhatikan 5 Tips Berikut
GoSend · 29 Dec 2019

Sedia payung sebelum hujan, tapi kamu lebih sering naik GoRide? Sebaiknya sedia jas hujan sebelum hujan. Apabila kamu belum punya jas hujan, enggak ada salahnya segera membelinya. 

Di luar sana, banyak bertebaran jenis jas hujan. Namun, enggak semua jas hujan nyaman dipakai, loh. Berikut ini beberapa tips untuk memilih jas hujan:

Pastikan Bahannya Nyaman Dipakai

Salah satu yang harus kamu perhatikan saat membeli has hujan adalah bahannya. Pastikan bahannya nyaman dipakai. Setidaknya ada tiga jenis bahan jas hujan yang beredar di pasaran. Berbahan polymer of vinyl chloride (PVC), berbahan plastik atau HPDE, dan berbahan parasut. Yang paling direkomendasikan tentu yang berbahan parasut dengan jenis terbaik: taslan. Sebab, PVC bisa jadi keras saat dijemur, sedangkan HPDE relatif tipis sehingga gampang robek. Selain tahan lama, jas hujan parasut juga nyaman dipakai karena tidak panas saat dipakai.

Pilih Ukuran yang Lebih Besar dari Ukuran Pakaianmu

Mengapa harus memilih jas hujan dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran pakaianmu? Jas hujan pasti dipakai bersama dengan dalaman pakaian yang sudah kamu kenakan. Kalau kamu beli ukuran yang sama dengan ukuran pakaianmu, bisa-bisa jas hujannya kesempitan saat kamu pakai. Akibatnya, gerak-gerikmu tidak leluasa. Belum lagi terkadang kamu bawa tas. Dengan pilih jas hujan lebih besar 2 ukuran dari biasa, kamu bisa leluasa saat bergerak maupun melindungi tas yang kamu bawa.

Pilih Jas Hujan 1 Set

Salah satu yang tidak direkomendasikan adalah jas hujan model ponco untuk dipakai naik motor. Jas hujan ini rawan menyebabkan kecelakaan karena dengan mudah bisa masuk ke jari-jari roda sepeda motormu. Sedangkan untuk jas hujan 1 set yaitu jaket dan celana, sebaiknya pilih yang jahitannya lebih sedikit. Sebab, terkadang air bisa merembes dari jahitan.

Pilih Jas Hujan yang Bisa Pantulkan Sinar

Jas hujan yang bisa memantulkan sinar sangat berguna saat malam hari. Jas hujan model ini bisa terdeteksi pengendara motor atau mobil lain saat malam hari. Mereka akan tahu bahwa di depan ada kamu sedang mengendarai motor atau pun sedang dibonceng. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari kecelakaan. 

Pilih Jas Hujan Beritsleting Kuningan atau Tembaga

Ada setidaknya tiga macam ritsleting yang sering digunakan di jas hujan. Plastik, besi, kuningan dan tembaga. Kalau ritsleting plastik, gampang rusak sehingga tidak dianjurkan. Sedangkan ritsleting dari besi, mudah karatan sehingga enggak awet. Adapun ritsleting kuningan atau tembaga relatif lebih tahan lama ketimbang dua jenis ritsleting lainnya.

Setelah tahu lima tips tersebut, silakan beli jas hujan baik online maupun offline. Kalau kamu mau beli online, pastikan pengiriman barang yang aman dan cepat seperti lewat GoSend, apalagi sekarang sudah masuk musim hujan.