GOJEK App

One app for every need

Tips Aman Berburu Diskon Belanja Online di Akhir Tahun

Tips Aman Berburu Diskon Belanja Online di Akhir Tahun
GoSend / 28 Dec 2019

Periode akhir tahun memang menjadi waktu yang tepat untuk berburu diskon. Selain akan ada beragam promo, banyak pedagang yang cuci gudang stok barang yang sudah lama pada periode tersebut. 

Namun, ada beberapa tips yang perlu kamu cek agar tak menyesal di kemudian hari. Mau tahu apa saja? Yuk, cek penjelasannya di bawah ini. 

Cek Profil Penjual 

Jika kamu mau berburu diskon di akhir tahun, yang pertama kamu harus lakukan adalah mengecek profil penjual sebab banyak modus penipuan online. Bahkan, data Otoritas Jasa Keuangan per April 2019 menyebutkan jumlah aduan masyarakat terkait layanan belanja online termasuk penipuan online mencapai 19 ribu.

Untuk menghindari hal tersebut, kalau kamu belanja online, biasanya di berbagai platform ada catatan mengenai profil penjual seperti feedback dari pembeli sebelumnya. Jika banyak feedback negatif dari pembeli, lebih baik kamu coba cari penjual lain. Atau kalau kamu belanja di media sosial, coba cek ke testimoni pembeli yang biasa ditampilkan oleh si penjual.

Waspadai Diskon Palsu

Di saat-saat puncak promo akhir tahun, terkadang muncul pedagang-pedagang yang memberikan diskon palsu. Karena itu, kamu harus berhati-hati. Bagaimana caranya? Sebelum membeli sebuah barang, sebaiknya kamu sudah tahu terlebih dulu harga barang dalam situasi normal. Jika saat promo akhir tahun, harga barang naik sampai 20 persen sebelum harga diskon, bisa disinyalir itu merupakan diskon palsu.

Bandingkan Harga di Berbagai Platform

Sebelum memutuskan untuk membeli barang, enggak ada salahnya kalau kamu membandingkan produk dengan penjual lainnya di berbagai platform. Dengan begitu, kamu mengetahui mana barang yang termurah maupun yang termahal. Bisa pula barang tersebut lebih mahal di pedagang tertentu karena kondisi barang yang berbeda dengan pedagang lain yang menjual murah. Tinggal kamu pilih barang dan kondisi yang diinginkan.

Pilih Waktu yang Tepat

Biasanya diskon akhir tahun terbesar dijajakan pukul 11.00 sampai 14.00 atau saat jam makan siang. Pedagang online sering memberikan diskon besar saat istirahat makan siang karena perilaku pembeli yang sering bertransaksi saat waktu itu. Nah karena banyak pembeli yang transaksi saat itu, enggak ada salahnya kamu terus memantau barang yang diinginkan agar tidak kehabisan.

Pilih Pengiriman Barang yang Aman

Setelah bertransaksi online, langkah berikutnya yang harus kamu pastikan adalah soal pengiriman barang. Usahakan pilih pengiriman barang yang aman. Contohnya dengan menggunakan GoSend. Apalagi bagi kamu yang sudah enggak tahan untuk mendapatkan barang yang kamu dambakan itu.

Bagaimana, mudah kan menjalani tips berburu diskon di akhir tahun?