GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

5 Tips Agar Kamu Aman Berbelanja Online

5 Tips Agar Kamu Aman Berbelanja Online
GoSend · 13 Dec 2019

Saat ini, banyak situs belanja online, baik dari dalam maupun luar negeri, yang menawarkan beragam kebutuhan sehari-hari kita. Calon online yang memanfaatkan fasilitas itu pun tidak kalah banyak, karena dengan berbelanja online, selain mudah dilakukan, terkadang produk-produk yang dijual memiliki harga ramah di kantong.

Akan tetapi, sebagai customer, kamu perlu cermat memerhatikan beberapa hal saat ingin berbelanja online agar terhindar dari berbagai tindakan kejahatan yang saat ini masih sering terjadi.  

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada awal 2019, mencatat aduan masyarakat terkait penipuan belanja online mencapai 19.000 keluhan. Menurut data OJK, rata-rata aduan yang masuk, sebagian besar adalah barang tidak dikirim setelah customer melakukan pembayaran.

Nah, kamu enggak mau kan menjadi salah korban penipuan tersebut? Bagaimana kiat agar tetap aman saat berbelanja online? Yuk, simak poin-poin penjelasannya melalui artikel di bawah ini!

Cek kredibilitas online shop

Hal utama yang perlu kamu lakukan sebelum berbelanja online adalah mengecek kredibilitas online shop yang kamu tuju. Biasanya dalam situs belanja online ada rating bagi setiap merchant. Usahakan mencari online shop shop yang memiliki rating bagus agar kamu terhindar dari hal tidak diinginkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek kredibilitas online shop tersebut melalui testimoni customer yang telah berbelanja. Perhatikan apakah ada keluhan-keluhan dari ulasan para customer. Jika ada, sebaiknya kamu mencari online shop lain agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Cek foto dan spesifikasi produk

Membeli barang secara online, kamu biasanya hanya mengandalkan foto produk yang ditampilkan oleh seller. Sebaiknya pilih online shop yang menampilkan foto produk asli agar kamu tahu kondisi barang yang ingin dibeli.

Apabila tidak demikian, kamu bisa mengecek spesifikasinya. Seller yang baik biasanya akan menampilkan secara rinci spesifikasi produk yang mereka jual. Jangan lupa juga memanfaatkan fasilitas chat dengan seller, yang biasanya tersedia di situs jual beli online shop, ketika kamu rasa informasi yang ditampilkan kurang.

Jangan tergiur harga murah

Ada harga, ada barang. Istilah itu biasanya masih sering digunakan jika kita bertransaksi di situs belanja online shop. Namun, jangan tergiur jika kamu menemukan online shop yang menawarkan banderol jauh dari harga pasaran. 

Jika menemukan hal tersebut, kamu sebaiknya teliti terlebih dulu untuk mengecek rating online shop atau ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Apabila justru terkesan mencurigakan, sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli produk di online shop tersebut, ya!

Cek keamanan sistem transaksi

Saat ini, situs belanja online menawarkan beragam pilihan sistem transaksi, mulai dari via transfer antar bank, kartu kredit, hingga cash on delivery (COD). Jika situs belanja online yang kamu kunjungi tidak memiliki sistem keamanan transaksi yang baik, pembayaran via kartu kredit bisa menjadi pilihan karena pihak bank dapat membatalkan transaksi jika barang yang kamu terima tidak sesuai atau tak kunjung datang.

Namun, apabila kamu enggan memberikan informasi kartu kredit, sistem pembayaran COD bisa menjadi pilihan. Sistem COD justru dianggap paling aman karena kamu bisa mengecek barang terlebih dulu sebelum melakukan pembayaran.

Perhatikan keamanan akun

Kejahatan siber masih marak terjadi, satu di antaranya dalam bentuk pishing, yaitu tindakan yang berusaha mencuri data-data penting melalui internet. Nah, agar kamu terhindar dari persoalan ini, sebaiknya teliti setiap kali kamu ingin log-in dengan memasukkan username dan password untuk masuk ke situs belanja online via komputer atau PC.

Sebelum log-in, pastikan alamat url yang kamu tuju sudah tepat. Tutup tab browser jika menemukan keanehan, misalnya, tiba-tiba alamat situs belanja online yang ingin kamu tuju berbeda dengan aslinya.

Demikianlah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan agar tetap aman saat ingin berbelanja online. Intinya, kamu perlu teliti agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, jangan lupa juga menggunakan GoSend ya agar barang kamu beli bisa sampai tujuan dengan aman!