logo
Home
/
Blog
/
gosend
/
Semua Hal yang Perlu Dicatat Waktu Belanja Online
Semua Hal yang Perlu Dicatat Waktu Belanja Online
gosend / 24 Feb 2024

Namanya belanja, kamu akan terlibat dengan angka dan hal penting lainnya mulai dari awal memilih barang sampai transaksi selesai. Jangan pernah meremehkan semua yang kamu temui kala berbelanja online karena semuanya punya maknanya masing-masing. Memang, beberapa informasi sudah direkam dan kamu bisa mengeceknya secara online. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang perlu kamu catat dikala belanja online.

Kamu bisa menggunakan aplikasi notes di smartphone atau PC untuk melakukan pencatatan, ya. Tidak masalah juga kalau mau menggunakan cara konvensional dengan mencatatnya dengan buku dan pulpen. Apapun metode yang kamu gunakan, buatlah catatan yang mudah kamu mengerti, ya!

Yuk, simak hal-hal yang harus dicatat kala belanja online!

Spesifikasi Produk yang Akan Dibeli

Banyak orang mungkin akan lebih peduli dengan spesifikasi produk saat membeli gadget. Pasalnya, spesifikasi akan sangat mempengaruhi harga barang. Misalnya, smartphone harga Rp3 jutaan akan sangat berbeda dengan produk yang punya harga Rp 8 jutaan. Begitu juga saat membeli laptop atau headphone.

Di lain contoh, spesifikasi juga cukup penting saat kamu beli barang lainnya, seperti baju atau celana. Saat belanja online, kamu harus tahu panjang, lebar, serta bahan yang digunakan oleh pakaian tersebut. Hal ini jadi penting karena kamu tidak bisa mencoba langsung pakaian yang mau dibeli.

Beberapa kasus yang sering terjadi adalah barang tidak sesuai dengan ekspektasi karena salah membaca spesifikasi. Foto di toko online bisa saja dibuat lebih besar untuk buat calon pembeli lebih jelas dengan produknya. Namun, spesifikasi tetap lebih penting dibanding hanya sekadar foto.

Rincian Total Biaya yang Harus Dibayar

FYI, toko online bisa saja membebankan beberapa biaya lain untuk sebuah produk dijual. Bagian ini perlu kamu catat di notes pribadi untuk melakukan perhitungan jika mau belanja lagi di e-commerce yang serupa di kemudian hari. Jadi, harga yang tertera di halaman produk bukanlah harga yang benar-benar harus dibayarkan.

Jangan heran kalau harga barang yang mau dibeli bisa jadi lebih mahal saat akan menyelesaikan transaksi. Malahan, beberapa penjual ingin barang yang dijualnya diberikan asuransi pengantaran hingga sampai ke pembeli. Mau tak mau, kamu juga harus membayar biaya tambahan itu.

Tambahan biaya yang tidak terelakan adalah kurir pengiriman. Sekarang sudah banyak jasa ekspedisi pengiriman yang bekerja sama dengan online shop yang bisa kamu percaya. Kamu bisa mengirim barang dari kota lain sampai ke alamat rumah.

Jika toko online tempat kamu berbelanja ternyata berada tidak terlalu jauh, percayakan saja pengantaran barang kepada  GoSend. Selain sudah terpercaya sebagai jasa pengiriman barang dan dokumen, kamu juga bisa mendapatkan barang yang dibeli di hari yang sama, loh.

Besaran Promo dalam Jumlah Rupiah

Banyak toko online yang sekarang memberikan promo potongan harga dalam bentuk persen, tapi potongan tersebut punya batasan maksimal dalam jumlah Rupiah. Misalnya, diskon 40% dengan maksimal potongan sebesar Rp10.000. Nah, angka-angka ini yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan transaksi.

Hal-hal kecil ini sering terlewatkan karena banyak orang tergiur dengan promo besar dalam bentuk persen. Ada baiknya, tetap perhatikan syarat dan kondisi lalu catatlah semua yang perlu diperhatikan saat berbelanja.

Jangan sampai kamu merasa tertipu dengan potongan harga yang tidak sesuai dengan harapan. Hitung jumlah total transaksi keseluruhan dan potongan yang akan kamu dapatkan. Jika masih menguntungkan, jangan ragu-ragu untuk langsung berbelanja.

Lamanya Masa Pengiriman

Beberapa jasa pengiriman barang biasanya mematok 2 – 3 hari untuk pengiriman reguler dan bisa lebih cepat lagi untuk pengiriman ekspres. Kamu memang perlu menunggu sampai barang yang dipesan tiba di alamat tujuan. Namun, sebaiknya kamu tidak mengabaikan masa pengiriman ini.

Ada baiknya kamu menghubungi pengirim di ujung hari yang sudah ditentukan. Jika memang paling lama tiga hari, ya kabari penjual di hari ketiga kalau barangnya belum sampai. Jangan sampai barang tersebut sampai melebihi waktu yang sudah dijanjikan. Kamu berhak melakukan komplain jika itu terjadi.

Prosedur Pengembalian Barang

Bukan tidak mungkin juga barang yang kamu dapatkan rusak atau tidak sesuai dengan yang dipesan. Sebenarnya kamu memiliki hak kamu untuk mengembalikan atau mengganti barang yang sesuai. Namun, hal ini perlu didiskusikan kembali dengan penjualnya, ya.

Sebelum mengakhiri transaksi, sebaiknya tanyakan beberapa syarat dan prosedur pengembalian barang jika tidak sesuai. Nah, catat semuanya di notes. Tanyakan semua hal dengan detail, mulai dari penggantian barang, lama waktu, dan pengembalian uang jika memang tidak bisa diganti dengan barang.

Kamu pun jadi bisa tahu hal-hal yang perlu diperhatikan jika mau melakukan pengembalian atau penggantian barang. Selain itu, catatan penting itu bisa kamu pakai sebagai pegangan seandainya penjual ternyata menolak pengembalian barang sesuai dengan yang dijanjikan.

Itu dia tadi beberapa hal yang perlu dicatat dan diperhatikan saat berbelanja online. Sebaiknya jangan diabaikan, ya!