GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Mau Toko Online Kamu Lebih Maju? Manfaatkan Strategi Digital Marketing

Mau Toko Online Kamu Lebih Maju? Manfaatkan Strategi Digital Marketing
GoSend · 12 Dec 2019

Mau bikin toko online? Jangan lupa untuk menjalankan strategi digital marketing jika ingin bisnis kamu lebih maju. Gampangnya, kamu melakukan semua kegiatan pemasaran, pembayaran, dan pengawasan dengan bantuan internet. Strategi ini harus kamu lakukan karena masyarakat sekarang sudah sangat mahir dengan teknologi.

Kamu bisa memulainya dengan buka situs sendiri atau toko onlinedi marketplace e-commerce. Ini akan meningkatkan kepercayaan orang-orang dengan toko yang kamu jalankan. Selain itu, manfaatkan juga media sosial untuk menarik lebih banyak orang lagi. Terakhir, manfaatkan search engine untuk meningkatkan kunjungan di situs dan media sosial kamu.

Belum selesai sampai di sana, kamu pun harus mengakomodasi kemudahan dalam pembayaran. Selain pembayaran tunai, kamu butuh metode pembayaran online lainnya untuk memberikan pilihan kepada pembeli.

Masih ada beberapa lagi alasan kamu harus memanfaatkan digital marketing untuk toko online kamu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Menentukan Target Pemasaran

Hal ini sangat penting namun sering terlupakan dalam memulai bisnis jual-beli. Kamu perlu menyasar pasar yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Media sosial bisa bantu kamu menentukan demografi calon pembeli potensial, mulai dari penentuan jenis kelamin, usia, dan status lainnya.

Kamu tidak perlu memasarkan produk balita kepada mereka yang masih lajang. Produk hijab juga sepertinya kurang cocok untuk dipasarkan kepada pria. Intinya, digital marketing bisa bantu toko kamu meningkatkan brand awareness kepada orang yang tepat.

MenambahTrafficPengunjung Toko Kamu

Membuka toko tanpa memberikan pengumuman atau teaser ke orang-orang akan bikin toko kamu sepi pengunjung. Orang-orang tidak akan tahu bisnis apa yang kamu jalankan dan produk apa yang kamu jual. Makanya, penting untuk memberikan informasi dan edukasi kepada orang-orang. Apa yang harus kamu lakukan? Membuat content marketing di sana.

Kamu bisa memulainya dengan sebuah post di media sosial yang memberitahukan produk dan promo yang ada. Lalu, buat sebuah blog yang berisi artikel tentang segala macam hal yang kamu pasarkan. Kamu bisa memulai dengan rekomendasi produk, review, dan lain-lainnya. Hubungkan konten tersebut ke toko online kamu untuk menambah kunjungan.

Jangan lupa manfaatkan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk membuat konten yang kamu buat berada di halaman pertama mesin pencarian. Semakin banyak konten menarik yang kamu hasilkan dan mudah dicari, potensi untuk menambah traffic toko kamu pun semakin lebar.

Mendapatkan Data Lebih Lengkap

Selain pemasaran, pengumpulan data juga penting. Strategi digital ini pun bisa buat kamu dengan mudah mendapatkan semua data, mulai dari traffic, demografi pengunjung, dan tentunya transaksi yang sudah dilakukan. Kamu bisa mendapatkan data lengkap dari penyebaran ads di media sosial dan Google Analytics.

Data bukan hanya kumpulan angka dan grafis. Semua yang kamu dapatkan ini bisa digunakan kembali untuk menjalankan strategi digital marketing selanjutnya. Bisa jadi, toko kamu lebih banyak dikunjungi dari konten yang diunggah di blog dibandingkan ads di media sosial. Dari sini, kamu bisa buat strategi baru lainnya.

Memudahkan Transaksi

Kalau sudah bikin orang gampang menemukan toko dan produk yang kamu pasarkan, selanjutnya adalah bikin mereka gampang melakukan pemesanan dan pembayaran. Manfaatkan virtual account bank supaya untuk memudahkan transfer uang. Manfaatkan juga pembayaran dengan GoPay yang sudah dijamin keamanannya.

Selanjutnya, kamu bisa mengantarkan barang tersebut dengan menggunakan GoSend. Pengiriman dengan GoSend pun dijamin aman karena bisa di-track secara live keberadaan dari kurirnya.