GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

5 Tips Sukses Jualan Kue Secara Online

5 Tips Sukses Jualan Kue Secara Online
GoSend · 3 Dec 2019

Di zaman serba canggih ini, apapun bisa dilakukan dengan lebih mudah, termasuk jualan kue di internet. Kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan menjual lebih banyak kue hanya dari rumah, loh. Namun, semuanya tetap butuh persiapan matang untuk melakukannya.

Pertama, kamu perlu memilih kue yang tepat supaya tahu pasar yang pas untuk toko kamu. Kamu perlu juga melakukan beberapa strategi pemasaran yang baik. Yuk, simak beberapa langkahnya di bawah ini!

1. Kue Kering atau Basah?

Jenis kue pada dasarnya dibagi menjadi dua, kering dan basah. Tidak ada jenis yang menonjol karena semua jenis kue punya pasarnya masing-masing. Yang membedakan adalah cara kamu memasarkannya. Lalu, kamu harus tahu karakteristik dari masing-masing jenis.

Kue kering bisa tahan lebih lama jika disimpan dengan baik. Bila memilih bisnis kue kering, kamu bisa buat stok yang lebih banyak. Namun, kamu butuh penyimpanan yang rapat untuk menjaga cita rasa kue.

Di sisi lain, kue basah mungkin hanya nikmat disantap langsung saat disajikan. Untuk itu, kamu harus buat kue baru setiap harinya karena kue-kue tersebut akan berubah rasa jika sudah terlalu lama.

2. Pengemasan juga jadi pertimbangan utama

Baik kue basah atau kering, kamu butuh pengemasan yang baik sehingga mampu memberikanbrand image positif di mata pelanggan. Kue kering harus disimpan dalam wadah tertutup. Kalau bisa, pilih kemasan yang mudah dibuka dan ditutup kembali dengan rapat.

Kemasan kue basah pun harus rapat juga jika kamu mau mengirimkannya ke pembeli. Pastikan kemasan tahan air dan bukan kertas. Sebab, kertas yang basah karena terkena kue akan mudah sobek dan buat kue tumpah.

Pastikan tampilan kue yang kamu bikin juga menarik. Hal ini pasti akan bikin para pembeli untuk memfoto dan menge-post-nya di media sosial.

3. Berikan alat makan untuk kue basah

Kamu harus berpikir layaknya para pembeli. Kadang, kamu tidak menyantap kue-kue tersebut di rumah dengan piring atau mangkuk dan sendok. Bisa jadi, beberapa dari pembeli menyantapnya di jalan atau di tempat sambil melakukan aktivitas lain.

Karena itu, pastikan kamu beri alat makan di dalam kemasan, khususnya untuk kue basah. Namun, pastikan kualitas baik pada alat makanan yang kamu berikan. Sah-sah saja kamu berikan sendok atau garpu plastik, tapi pilih yang tidak mudah patah.

Sebaiknya juga, kamu sisipkan dua atau tiga lembar tisu saat mengirimkannya. Percaya deh, tisu itu pasti akan sangat berguna untuk orang-orang yang makan kue kamu.

4. Berikan paket untuk pembelian jumlah banyak

Orang Indonesia punya banyak perayaan dalam kehidupan sosial sehingga terkadang kebutuhan akan beragam kue tetap tinggi di pasaran. Jadi, pastikan kamu juga mengincar pasar ini dalam bisnis kue kamu di internet. Kamu harus punya paket dengan harga bersaing untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Pertimbangkan untuk membuat kemasan seasonal untuk perayaan tertentu. Kamu bisa pakai pengemasan dengan motif ketupat untuk lebaran dan kemasan pohon cemara saat perayaan Natal.

5. Jangan buat pembeli menunggu

Layani pesasan lebih cepat supaya pembeli kamu bisa langsung menikmati kuenya. Mau berjualan kue basah atau kue kering, kamu bisa mengandalkan GoSend untuk pengantarannya sampai ke alamat pembeli.

Malahan, kamu pun bisa mengantar lebih dari satu pesanan sekaligus. Dengan begitu, tidak ada pelanggan yang dibuat menunggu untuk bisa menikmati kue-kue yang kamu jual.

Jadi, sudah bersemangat untuk memulai bisnis kue secara online? Tips di atas bisa bantu kamu untuk lebih sukses. Jangan lupa juga selalu gunakan GoSend agar bisnis kamu tetap sukses, ya!