GOJEK App

One app for every need

5 Trik Jual Barang Online di Instagram

5 Trik Jual Barang Online di Instagram
GoSend / 1 Jun 2017

Harus diakui, Instagram kini menjadi sosial media yang paling digandrungi oleh masyarakat, khususnya anak muda. Tidak hanya untuk mengetahui beragam informasi atau sekadar menikmati postingan foto-foto cantik, Instagram juga menjadi platform berbelanja yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli barang. Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang baru saja memulai berjualan di Instagram, perhatikan kelima trik berikut untuk mendapatkan inspirasi marketing.

 

Konten kreatif

Berbisnis di sosial media adalah tentang memberikan konten kreatif yang menginspirasi. Tidak hanya foto-foto yang menarik tetapi juga isi caption yang menggugah para calon pembeli untuk mengunjungi akun Instagram Anda. Soft selling selalu lebih baik dari hard selling. Ini berarti hindari menggunakan kata-kata yang terlalu menjual dan sebaliknya buat konten-konten yang berhubungan tanpa menyiratkan penjualan. Contohnya jika Anda menjual produk fashion, posting foto-foto OOTD (Outfit Of The Day) dari items yang Anda jual sebagai inspirasi gaya untuk calon pembeli Anda.

 

Gunakan hashtag khusus

Algoritma Instagram memang menjadi persoalan yang harus dapat diselesaikan setiap penggunanya. Gunakan trik hashtag yaitu dengan menggunakan satu hashtag yang sama di setiap foto. Usahakan untuk menggunakan hashtag yang jarang dipakai orang lain agar akun Anda lebih banyak mendapat awareness.

 

Perbanyak interaksi

Selain hashtag, interaksi juga dapat membantu Anda mengatasi algoritma Instagram. Respon secara cepat orang-orang yang berkomentar di postingan Anda. Berikan love sebanyak-banyaknya di kolom explore dan berikan komen yang berkualitas di beragam akun.

 

Unggah foto-foto terbaik

Layaknya album foto, Instagram akan lebih menarik perhatian jika Anda menampilkan foto-foto terbaik dengan kualitas terbaik. Usahakan untuk selalu menyamakan tone foto atau mengaplikasikan filter yang sama. Galeri yang senada tentu saja lebih menggugah mata.

 

Tawarkan transaksi mudah

Daya tarik sebuah bisnis tidak hanya pada produknya saja, tetapi pada customer service juga termasuk di dalamnya. Dengan menawarkan transaksi mudah, tentu saja pelanggan pun akan lebih puas dan tertarik untuk membeli kembali lain kali. Contohnya dengan menggunakan GO-PAY yang tergolong mudah untuk menjadi metode pembayaran pelanggan. Anda hanya perlu mengarahkan pembeli untuk menggunakan GO-SEND sebagai metode pengiriman lalu membayar barang yang dibeli dengan fitur GO-PAY yang ada di dalam aplikasi GO-JEK.

 

Semakin banyak transaksi GO-PAY yang dilakukan pelanggan, Anda pun akan semakin untung! Mengapa? Karena saat ini GO-JEK sedang mengadakan kompetisi Laris Manis Bersama GO-JEK, yaitu kompetisi untuk para penjual online dengan hadiah utama berupa dukungan promosi profil online shop di seluruh sosial media GO-JEK. Menarik, bukan?