GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Pelatihan Keselamatan Berkendara bersama Rifat Drive Labs

Pelatihan Keselamatan Berkendara bersama Rifat Drive Labs
GoRide · 6 Nov 2019

Kepercayaan pelanggan merupakan amanah besar bagi kami. Salah satu amanah yang terpenting adalah perihal keselamatan dalam berkendara di jalan raya. Berbagai usaha kami lakukan dengan meningkatkan kualitas mitra driver #PenjagaAmanah, salah satunya adalah dengan pelatihan bersama Rifat Drive Labs (RDL).

Rifat Drive Labs adalah sebuah konsultan keselamatan berkendara yang didirikan oleh Rifat Sungkar. Gojek menggandeng tim RDL sebagai wujud upaya mengembangkan keterampilan mitra driver melalui arahan pakar terpercaya di bidangnya. Dengan mempelajari keselamatan berkendara, pengemudi dilengkapi dengan keterampilan yang memungkinkan mereka mengemudi secara profesional dan aman.

“Sekarang satu dari dua driver di Jakarta sudah kami latih dan kami bersama Gojek berusaha agar lebih banyak driver di kota-kota lain untuk dilatih supaya Gojek dapat memberikan rasa aman dalam berkendara bagi para pelanggannya,” kata Pendiri RDL, Rifat Sungkar.

Hingga kini, ada lebih dari 350 ribu mitra driver yang berasal dari 20 kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Batam hingga Manado yang sudah melalui pelatihan bersama tim RDL. Melalui pelatihan ini, diharapkan mitra driver dapat memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dari sisi keamanan dan kenyamanan berkendara. Hal yang paling penting tentunya, bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan di jalan. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan International Association of Traffic and Safety Sciences disebutkan bahwa kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih didominasi oleh human error seperti, pengabaian pemeliharaan kendaraan dan ketidakpedulian terhadap disiplin berkendara di jalan raya. Program RDL berfokus pada peningkatan kemampuan berkendara defensif dan keamanan berkendara. Hal tersebut perlu dipelajari untuk mencegah bahaya yang ditimbulkan pengendara lain karena tidak ada seorangpun yang bisa mengontrol cara berkendara orang lain yang mungkin berbahaya bagi diri sendiri.

Pelatihan ini juga berbagi ilmu terkait cara menghemat energi, mengurangi polusi, memperpanjang umur kendaraan, memaksimalkan fitur-fitur yang ada dalam kendaraan, serta mengurangi resiko kecelakaan.

Manfaatnya dirasakan langsung oleh para mitra driver. Salah satunya adalah Heru. “Membantu semua driver soal pengereman, di lapangan, dan gimana cara bawa motornya. Sangat membantu pokoknya!” pungkas Heru.

Keselamatan dan kenyamanan pelanggan akan selalu menjadi amanah dan Gojek akan terus berupaya menjaga amanah tersebut, apapun jalannya.