GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Memberdayakan Mitra Gojek Lewat Bengkel Belajar Mitra

Memberdayakan Mitra Gojek Lewat Bengkel Belajar Mitra
GoRide · 6 Nov 2019

Kami percaya, belajar adalah proses seumur hidup dan terus belajar adalah keharusan. Kebaikan demi kebaikan terus kami sebarkan melalui berbagai program pemberdayaan mitra driver dan peningkatan kualitas driver, salah satunya dengan program Bengkel Belajar Mitra. Melalui program ini kami mengupayakan kualitas terbaik mitra driver sebagai #PenjagaAmanah.

Bengkel Belajar Mitra merupakan pelatihan bulanan sebagai bentuk kerja sama Gojek dengan divisi Driver Community dalam memberikan mitra driver pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang, terutama yang berkaitan dengan pelayanan prima serta pengembangan diri. Merupakan kebanggaan bagi Gojek ketika para mitra driver dapat tumbuh dan berkembang bersama.

"Kami mengajak semua mitra untuk menggali ilmu baru dan mengundang pakar agar pengetahuan tersebut dapat diterima oleh mitra,” kata VP Transport Marketing, Monita Moerdani. “Di samping itu, kami ingin semua mitra mendapatkan ilmu baru yang mampu meningkatkan kesejahteraannya.”

Sejak Bengkel Belajar Mitra pertama kali digelar di Jakarta pada akhir 2018, Gojek mendapat luapan respons positif dari berbagai komunitas driver. Secara konsisten, Bengkel Belajar Mitra terus diselenggarakan hingga merambah kota-kota lainnya seperti Surabaya, Bandung, Makassar, dan Medan.

Beragam jenis pelatihan telah berhasil diadakan demi meningkatkan kualitas mitra sebagai garda terdepan pelayanan Gojek. Manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh para mitra driver dan pelanggan. Andri misalnya, salah seorang mitra GoCar dari Komunitas Depok Bersatu ini mengaku mendapatkan manfaat besar dari pelatihan P3K yang diikutinya. 

“Acara BBM ini sangat bermanfaat sekali buat kita terutama divisi Unit Reaksi Cepat karena tahap-tahap pertolongan diajarkan secara jelas dan rinci, semoga diadakan lagi. Top Gojek!” ujar Andri.

Sementara itu, mitra driver Andika Susilo yang telah bergabung dengan Gojek sejak lebih dari tiga tahun lalu pun turut merasakan manfaat dari pelatihan Kewirausahaan yang diberikan. Mitra yang sedang merintis usaha kuliner bersama istrinya ini telah mendaftarkan usahanya sebagai merchant GoFood sejak tiga bulan lalu.

“Bandeng Presto Sambel Ulek Bu Sri merupakan usaha yang saya lakukan bersama istri. Saya ingin agar kita bersama-sama memanfaatkan peluang yang ada di ekosistem Gojek,” kata Andika. “Kami sangat merasakan dukungan Gojek lewat pelatihan ini. Harapannya pelatihan ini tidak berhenti di sini dan kami bisa mengembangkan usaha kami.”

Hingga saat ini, berbagai tema pelatihan telah diadakan mulai dari pelatihan Bahasa Inggris, pelatihan Kewirausahaan, pelatihan Perawatan Otomotif, pelatihan Manajemen Keuangan, hingga pelatihan anti kekerasan dan pelecehan seksual. Para mitra yang hadir sangat dimungkinkan untuk meneruskan ilmu yang didapat pada sesama mitra driver di komunitas masing-masing, sehingga semua dapat ikut belajar tanpa batasan.

Selanjutnya, Bengkel Belajar Mitra secara bertahap akan merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia dan menambah materi sesuai dengan kebutuhan mitra driver. Metode pembekalan keterampilan dan pengetahuan ini merupakan salah satu jalan yang kami tempuh untuk terus menunjukkan komitmen dalam menjaga amanah.