logo
Home
/
Blog
/
goplay
/
3 Film Bertema Nasionalisme untuk Bangkitkan Semangat Sumpah Pemudamu
3 Film Bertema Nasionalisme untuk Bangkitkan Semangat Sumpah Pemudamu
goplay / 27 Oct 2020

Besok kita bakal merayakan Sumpah Pemuda nih! Hari Sumpah Pemuda jadi momentum yang pas untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan semangat muda kita. Sebagai anak muda, tentunya kita harus meneruskan semangat para pemuda-pemudi yang sudah mempersatukan bangsa kita. Salah satunya dengan melakukan kegiatan yang dapat memupuk rasa cinta tanah air, misalnya dengan nonton film bertema nasionalisme.

Pernah nggak nonton film yang bikin kamu terinspirasi dan berapi-api? Nah, film-film di bawah ini juga bakal bikin semangat muda kamu bergelora setelah nonton. Berikut tiga film pilihan GoPlay yang bisa kamu tonton untuk menyambut hari Sumpah Pemuda.

3 Srikandi

Film tentang kompetisi olahraga merupakan salah satu jenis film yang dapat membakar jiwa nasionalisme, 3 Srikandi salah satunya. Film ini merupakan film biografi yang menceritakan perjalanan Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies Handayani (Chelsea Islan), dan Kusuma Wardhani (Tara Basro), tiga atlet panah perempuan Indonesia yang memenangkan medali Olimpiade pertama bagi Indonesia di Olimpiade Seoul 1988.

Lewat film ini, sutradara Iman Brotoseno nggak hanya menceritakan perjuangan para atlet untuk mempersiapkan diri mengikuti kompetisi, tapi juga konflik, dan kehidupan personal yang dihadapi ketiga Srikandi. Film ini juga turut menceritakan latar belakang pelatih mereka, Donald Pandiangan (Reza Rahardian) yang dijuluki sebagai Robin Hood-nya Indonesia.

Dari film ini, kita jadi diingatkan bahwa di balik prestasi dan penghargaan yang gemilang, ada kerja keras, mental pantang menyerah, dan dukungan dari orang sekitar. Nggak cuma itu, lewat film ini kita juga bisa belajar mengenai sejarah politik di masa tersebut lho.

Selama menonton, apalagi momen-momen menuju Olimpiade, kita akan dibuat tegang, emosional, semangat, kagum, juga bangga. Rasa nasionalisme jadi ikut bangkit melihat perjuangan ketiga atlet tanah air mengharumkan nama bangsa. Cocok banget deh untuk ditonton di hari Sumpah Pemuda!

Soekarno

Kita semua pasti tahu bahwa Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia. Tapi kamu tahu nggak kisah perjalanan Soekarno hingga akhirnya bisa menjadi presiden? Nah, lewat film Soekarno kita jadi bisa mengenal lebih dekat sosok pria bernama Kusno yang kemudian menjadi bapak bangsa Indonesia.

Sejak muda, Soekarno sudah mahir berpidato dan membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk bebas dari penjajahan. Bersama Moh. Hatta (Lukman Sardi), Soekarno berjuang untuk melepaskan Indonesia dari kekuasaan Jepang. Tapi tantangan yang dihadapi Soekarno nggak hanya datang dari upaya bebas dari penjajahan saja. Soekarno (Ario Bayu) yang sudah menikah jatuh cinta dengan muridnya, Fatmawati (Tika Bravani).

Di film ini kita bisa melihat jejak hidup Soekarno mulai dari saat ia masih muda, diasingkan ke Flores, sampai akhirnya membawa bangsa Indonesia menuju ke kemerdekaan di tahun 1945. Selain itu, kita juga ikut mengenal dua perempuan yang berpengaruh besar dalam hidup Soekarno. 

Buat kamu yang kurang suka pelajaran sejarah, nggak perlu khawatir. Dengan setting yang mendukung dan alur cerita yang mudah dipahami, kita jadi bisa benar-benar menghayati perjuangan di masa itu dan menyaksikan kisah perjuangan bangsa Indonesia yang dulu sering kita pelajari di sekolah. Ditambah lagi, Soekarno juga dilengkapi jajaran aktor dan aktris ternama seperti Ario Bayu, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, dan Tika Bravani. Yang paling bikin merinding jelas adalah adegan saat Soekarno membacakan naskah proklamasi. Benar-benar inspiratif dan membangkitkan rasa nasionalisme!

A Man Called Ahok

Siapa sih yang nggak pernah dengar nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok? Ahok merupakan sosok yang sudah nggak asing di telinga masyarakat. Ia dikenal blak-blakan, bahkan dianggap sebagai sosok yang kontroversial. Namun, fokus film A Man Called Ahok bukan pada sepak terjang Ahok dalam dunia politik. Film ini lebih banyak menceritakan latar belakang Ahok, gimana masa kecilnya sampai akhirnya menjadi sosok dengan kepribadian yang kuat seperti sekarang ini.

Lahir dan besar di Belitung, Ahok (Daniel Mananta) merupakan anak pertama dari seorang pengusaha timah. Walau pun hidup berkecukupan, ayah Ahok Kim Nam nggak pernah memanjakan anak-anaknya. Suatu saat, usaha ayah Ahok mengalami kendala karena berhadapan dengan korupsi. Dari sana, kondisi keluarga Ahok mulai mengalami kemunduran. 

Didikan sang ayah serta hubungannya dengan Ahok jadi salah satu poin utama yang disoroti di film ini. Momen antara keduanya inilah yang bakal memainkan emosi selama menonton, mulai dari bikin ketawa, kesal, hingga terharu.

Walau pun menceritakan kisah personal Ahok, di film ini ada banyak pesan dan nilai yang ditanamkan oleh ayah Ahok yang juga bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari kita. Sebagai pemuda Indonesia, kita harus berintegritas, jujur, dan mau menolong orang sekitar yang membutuhkan bantuan. 

Wah, jadi semangat buat nonton kan? Selain semangat nonton, jangan lupa juga untuk semangat jadi generasi muda penerus bangsa yang cinta tanah air dan bisa berkontribusi untuk Indonesia ya. Yuk, kobarkan rasa nasionalisme kamu di hari Sumpah Pemuda dengan nonton tiga film ini di GoPlay!