GOJEK App

One app for every need

Lagi Break dari Drakor? Cek 5 Drama Jepang Terbaik Ini di GoPlay!

Lagi Break dari Drakor? Cek 5 Drama Jepang Terbaik Ini di GoPlay!
GoPlay / 21 Oct 2020

Jadi udah berapa drakor yang kamu habiskan selama di rumah aja? Kalau tontonan drakor kamu udah habis atau kamu lagi break dari drakor, coba deh nonton dorama Jepang. Nggak cuma anime, Jepang juga punya dorama-dorama dengan kualitas cerita yang oke banget.

Ceritanya juga unik-unik! Ada yang lucu, ada yang menegangkan, ada juga yang buat gregetan. Biar tontonan kamu makin beragam, GoPlay kasih kamu rekomendasi lima (5) drama Jepang terbaik yang bakal sayang banget kalau kamu lewatkan.

Rekomendasi Drama Jepang Terbaik di GoPlay:

Doctor X 

Kalau kamu suka nonton drama yang setting-nya di rumah sakit, berarti harus coba nonton dorama yang satu ini. Doctor X menceritakan Michiko Daimon (Ryoko Yonekura), seorang dokter bedah yang hanya mau bekerja freelance karena tidak mau terlibat dengan urusan organisasi dan drama rumah sakit. 

Michiko punya kepribadian yang unik. Dia super percaya diri, jago banget kalau urusan bedah, nyablak, dan nggak pernah gagal. Michiko bahkan punya kata-kata sakti yang selalu dia ucapkan ketika mengoperasi pasien, yaitu watashi shipai shinai no de (aku tak akan gagal). Namun di balik kepribadiannya yang terkesan angkuh, Michiko punya sisi kekanakan-kanakan dan hobi makan.

Di setiap episode, Michiko dihadapkan dengan pasien yang mengidap berbagai penyakit, termasuk yang sakitnya misterius. Dengan metode bedah kuno yang dijalankannya, Michiko berhasil menyembuhkan pasien-pasien tersebut. Keahliannya ini pun membuat banyak orang kagum, tapi ada juga yang iri.

Doctor X penuh dengan kisah persaingan antara para dokter, cerita penyakit para pasien, permainan kekuasaan, karakter yang saling menjatuhkan, juga karakter yang hobi menjilat atasan. Pokoknya bakalan banyak momen yang bikin kamu dongkol. Tapi nggak serius melulu kok. Ada juga momen-momen konyol yang mengundang tawa. Sebagai tokoh utama, Ryoko Yonekura mampu memainkan perannya dengan seimbang baik sebagai sosok dokter yang serius maupun pada momen-momen yang lebih ringan dan lucu. Makanya nggak heran kalau Doctor X ini laku banget di Jepang dan mendapatkan rating yang tinggi di tiap musimnya.

Tokyo Bachelors

Dicari: jodohku. Yes, dorama Tokyo Bachelor menceritakan tiga bujangan yang mencari cinta. Bukan sembarang bujangan, tiga pria berusia 30-40 tahun ini merupakan sahabat karib dengan karir yang mapan. 

Siapa aja mereka? Taro Ishibashi (Issey Takahashi) berusia 38 tahun dengan pekerjaan sebagai karyawan bank besar. Lalu, Reiya Miyoshi (Takumi Saitoh), berusia 37 tahun, adalah seorang dokter gigi yang sudah bercerai. Kazuhiko Iwakura (Kenichi Takito), berusia 45 tahun, adalah seorang pengacara. Ketiganya sebenarnya menikmati saja masa-masa single mereka. Namun dengan bertambahnya terus usia, ketiga sahabat ini jadi mulai memikirkan soal jodoh.

Namanya mencari jodoh, ada aja tantangannya. Ada yang bikin jantung berdebar-debar, ada juga yang bikin hati bagai disayat-sayat. Kamu bakal dibuat ikutan baper dengan perjalanan romansa ketiganya. Selain soal cinta-cintaan, Tokyo Bachelors juga banyak mengulik tentang persahabatan, hubungan dalam keluarga, dan problematika dunia kerja. Kisah kehidupan sehari-hari yang diangkat dalam Tokyo Bachelors ini terasa jujur dan nyata. Cocok buat kamu yang mencari cerita tentang persahabatan dan upaya mencari pasangan.

Legal V

Suka sama yang berbau hukum? Atau mungkin kamu anak hukum? Boleh nih nonton dorama Legal V. Seru, ngajak mikir, tapi nggak bikin penat. Legal V menceritakan Shoko Takanashi (Ryoko Yonekura), seorang mantan pengacara yang kehilangan lisensi karena suatu insiden. Dia membujuk seorang profesor universitas yang ahli hukum tapi sedikit pengalaman di lapangan untuk membentuk firma baru.

Uniknya, tim di firma baru ini terdiri dari orang-orang spesial. Selain Shoko, ada pengacara muda yang naif dan polos, ada mantan jaksa yang konservatif, bahkan ada juga mantan-mantan napi yang direkrut untuk jadi paralegal. Di tiap episode, Shoko & timnya menghadapi berbagai kasus seperti bullying, ketimpangan kekuasaan, masalah dana ilegal di startup, manipulasi foto, manipulasi pers, dan banyak lagi.

Yang membuat lebih seru lagi, Shoko harus bisa menyelesaikan kasus-kasus ini tanpa langsung hadir di pengadilan karena nggak punya lisensi sebagai pengacara . Kasus-kasus yang mereka tangani juga dekat dengan kehidupan dunia modern sehingga terasa lebih nyata.

Namanya dorama hukum, tentu ada banyak perdebatan dan adu mulut antar pengacara, belum lagi pengungkapan berbagai kasus di ruang pengadilan yang banyak memberi kejutan. Buat kamu yang nggak ngerti hukum, nggak perlu khawatir karena dialog di dorama ini cukup ringan kok. Walaupun bikin kita berpikir, tapi jarang ada istilah yang rumit. Bahkan Legal V punya sisi komedi yang menghibur dengan sejumlah karakternya yang kocak.

Family Fortune War

Sama kayak Doctor X, tokoh utama di Family Fortune War juga merupakan seorang dokter. Bedanya, Family Fortune War lebih mengeksplorasi topik keluarga dan pernikahan lewat satu masalah sensitif, yaitu warisan keluarga.

Sato Ikuo (Osamu Mukai) merupakan dokter residen yang menikah dengan Kawamura (Nana Eikura) putri tunggal presiden rumah sakit ternama. Setelah menikah, Sato menyadari bahwa keluarga Kaede tengah memperebutkan harta warisan yang nilainya sangat besar. Belum lagi, Sato harus menghadapi nyinyiran bibi dan sepupu Kaede.

Sebenarnya, ayah Kaede sudah memutuskan untuk mewariskan seluruh hartanya ke Kaede karena dari semua anaknya, Kaede satu-satunya yang nggak gila harta dan kekuasaan. Walaupun keputusan sudah bulat, anggota keluarga Kaede tetap ngotot saling beradu untuk mendapatkan warisan dengan bersikap pura-pura baik di depan ayah Kaede. 

Lewat kisah kehidupan keluarga Sato dan Kaede, Family Fortune War mencoba menggali makna dari keluarga dan pernikahan, juga menggambarkan love-hate relationship dalam suatu keluarga. Boleh nih ajak keluargamu untuk nonton bareng dorama ini.

Crime Syndrome

Apa itu keadilan? Pertanyaan ini digali di dalam dorama Crime Syndrome yang merupakan adaptasi salah satu buku terlaris di Jepang. Takashi Muto (Tetsuji Tamayama) merupakan seorang mantan detektif yang meninggalkan karirnya karena nyaris membunuh orang yang mengambil nyawa adiknya. Tidak ingin melakukan hal yang nantinya akan dia sesali, akhirnya Takashi memutuskan untuk berhenti bekerja sebagai detektif. 

Satu tahun berselang, Takashi diminta sosok berpengaruh di Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo Keigo Tamaki (Atsuro Watabe) untuk menjalankan misi atas kasus penculikan. Dari sana, mulai terungkap satu per satu kasus. Ternyata, misi yang harus dijalankan Takashi lebih rumit dari kelihatannya. Ada banyak pihak yang terlibat di baliknya. 

Crime Syndrome merupakan drama kriminal yang penuh dengan misteri dan ketegangan. Ada banyak momen tidak terduga dan drama penuh lika-liku di tiap episodenya. Sebagai penonton, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi berikutnya dan membuat kita terus menebak-nebak. Pendapat kita terhadap masing-masing karakter juga bakal terus berubah dengan terungkapnya berbagai rahasia. 

Crime Syndrome banyak menceritakan manipulasi dan eksploitasi oleh berbagai pihak mulai dari kriminal kelas kakap hingga miliarder untuk mencapai keinginan mereka. Dorama ini juga pintar dalam memainkan dilema kemanusiaan dengan dua tokohnya, Takashi dan Keigo. Di satu sisi, Takashi percaya bahwa kemarahan tidak bisa menjadi jawaban untuk mencapai keadilan. Di sisi lain, Keigo percaya kejahatan seharusnya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Hal ini membuat Crime Syndrome menjadi kisah yang menarik untuk diikuti, terutama untuk penggemar kisah kriminal.

Genre-nya beragam kan? Tinggal kamu pilih deh drama Jepang terbaik yang mana yang sesuai sama selera kamu. Jadi udah nggak bingung lagi dong waktu luang mau ngapain aja. Kuy, langsung ditonton!