GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Tips Mudik dengan Kendaraan Pribadi yang Bikin Mudik Lancar & Aman

Tips Mudik dengan Kendaraan Pribadi yang Bikin Mudik Lancar & Aman
GoPertamina · 31 May 2019

Waktu mudik telah tiba! Apakah kamu salah satunya yang akan mudik melalui jalur darat? Selain efisien, mudik jalur darat pun menjadi kesenangan beberapa orang. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal saat mudik agar mudik menjadi nyaman. Yuk, cek tips mudik lebaran dengan kendaraan pribadi berikut ini.

Periksa Kondisi Kendaraan

Hal yang paling penting sebelum mulai mudik dengan kendaraan pribadi adalah mengecek kondisi kendaraanmu. Seperti mengecek bagian mesin, rem, oli, air bag, roda, lampu, dan lainnya. Sehingga kamu dapat terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan selama mudik.

BACA JUGA:Persiapan Mobil Sebelum Mudik yang Harus Kamu Lakukan

Hindari Melebihi Kapasitas Kendaraan

Baik penumpang maupun barang, kamu harus menghindari membawa kendaraan dengan beban yang melebihi kapasitas. Soalnya, membawa kendaraan dengan beban yang melebihi kapasitas dapat menyebabkan mobil yang sulit untuk dikendalikan.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Kamu akan jarang menemui mesin ATM selama perjalanan mudik. Untuk itu kamu perlu membawa uang tunai secukupnya agar nggak kesusahan saat di jalan nanti.

Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Nggak ada salahnya kamu membawa makanan dan minuman yang cukup. Jadi kamu nggak bingung ketika harus berbuka di jalan nantinya. Kamu bisa membawa camilan-camilan ringan sebagai temanmu di jalan.

Gunakan GPS

Biar kamu nggak nyasar dan kejebak macet, kamu bisa menggunakan GPS. Sehingga kamu bisa melalui rute yang terbaik dan tentunya bebas macet untuk mencapai kampung halaman.

Patuhi Lalu Lintas

Untuk keselamatan bersama, kamu harus selalu mematuhi peraturan lalu lintas, ya. Seperti mematuhi lampu lalu lintas, rambu lalu lintas, batas maksimal kecepatan, dan lainnya. Jangan lupa juga gunakan helm dengan standar SNI kalau kamu naik motor.

Istirahat

Pastikan kamu nggak mengemudi dalam kondisi kelelahan karena dapat membahayakan keselamatanmu dan sekitar. Singgah ke rest area yang tersedia untuk beristirahat sejenak agar kamu nggak kelelahan. Sehingga perjalanan mudikmu menjadi aman dan lancar.

BACA JUGA:Daftar Rest Area Tol Trans Jawa, Catat!

Pastikan juga kamu memiliki bahan bakar atau bensin yang cukup biar nggak mengalami mogok di jalan. Pastinya kamu akan sulit menemukan SPBU di perjalanan mudik nanti. Sebelum mulai perjalanan, isi bensin aja bareng GO-PERTAMINAjadi kamu nggak perlu ribet ke SPBU lagi.

Mau isi Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Racing, atau Pertamina Dex? Semuanya ada di GO-PERTAMINA! Yuk, pesan lewat tombol di bawah ini.