GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Perjalanan yang Aman & Nyaman

Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Perjalanan yang Aman & Nyaman
GoPertamina · 31 May 2019

Perjalanan jarak jauh menggunakan mobil memang tergolong efektif dan efisien. Kamu bisa membawa langsung satu anggota keluarga dengan harga yang lebih terjangkau. Kamu pun nggak perlu bingung lagi untuk moda transportasi di tempat tujuan. Seperti salah satunya saat mudik banyak yang memilih untuk melalui jalur darat alias menggunakan mobil pribadi. Untuk itu kamu harus tau tips mengemudi jarak jauh agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Kondisi Tubuh yang Prima

Faktor terpenting yang harus kamu perhatikan adalah kondisi tubuh. Mengemudi jarak jauh harus disertai dengan kondisi tubuh yang prima. Tubuh dan pikiranmu akan fokus seharian untuk mengemudi. Untuk itu kamu perlu makan dan minum yang cukup. Jika perlu konsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kondisi Mobil yang Baik

Hal kedua yang harus diperhatikan dan tak kalah penting adalah kondisi mobil yang optimal. Jika mobilmu bermasalah, lalu bagaimana perjalanan mudikmu akan lancar? Untuk itu kamu perlu mengecek semua komponen mobil untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan selama di perjalanan.

Cek Kondisi Jalanan

Hal ini penting untuk dilakukan apalagi untuk kamu yang baru pertama kali melalui jalanan tersebut. Kamu harus mencari tahu SPBU, rest area, hingga tempat makan terdekat. Selain itu cek pula apakah rute yang kamu lalui sedang macet atau nggak. Kamu bisa memantau itu semua melalui aplikasi di smartphone-mu.

Posisi Duduk Saat Menyetir

Menyetir mungkin udah hal yang biasa bagimu, tapi bagaimana untuk jarak jauh? Untuk itu kamu perlu perhatikan posisi menyetir yang baik agar nyaman dan aman. Atur posisi kursi dan spion yang dirasa nyaman untukmu.

Istirahat

Tubuhmu pasti akan terasa sangat lelah setelah menyetir seharian. Sebaiknya kamu berhenti di rest area untuk beristirahat sejenak. Jika kamu memaksakan untuk terus menyetir dapat membahayakan dirimu dan sekitar.

Siapkan Playlist Andalan

Biar kamu tetap melek sepanjang perjalanan, siapin playlist kesukaanmu untuk diputar saat kamu menyetir. Dengan begitu kamu akan tetap semangat dan melek.

Dengan tips mengemudi jarak jauh di atas dijamin perjalananmu akan aman dan nyaman. Siapin juga beberapa camilan dan minuman agar perut juga aman. Pastikan juga bensin cukup agar nggak mogok di jalan. Serahkan urusan isi bensin sama GO-PERTAMINAbiar nggak perlu antri di SPBU lagi.

Yuk, pesan GO-PERTAMINAlewat tombol di bawah ini.