GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Apa Saja Penyebab Mobil Mogok? Cek di Sini

Apa Saja Penyebab Mobil Mogok? Cek di Sini
GoPertamina · 26 Jul 2019

Jika mobil mogok pasti yang selalu di cek terlebih dahulu adalah bensin dan aki. Padahal sebenarnya ada beberapa komponen mobil lainnya yang dapat menyebabkan mobil mogok akibat dari lama pemakaian mobil itu sendiri. Yuk, cek di sini penyebab mobil mogok yang harus kamu ketahui!

Konverter Katalik Rusak

Komponen ini berfungsi untuk mengendalikan emisi buang yang berguna untuk mengubah gas polutan beracun agar memiliki kadar racun yang rendah. Ketika komponen ini rusak dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak akibat terlalu banyak residu yang tertinggal. Knalpot akan terbebani secara berlebihan dan pembuangan pun menjadi tidak optimal.

GearboxKehabisan Oli

Penyebab mobil mogok lainnya adalah oli pada gearboxhabis. Gearboxmemiliki fungsi untuk mengatur gerak kendaraan, sehingga jika tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mobil mogok.

Overheat

Salah satu penyebab mobil mogok yang sering terjadi adalah overheat. Hal ini dapat terjadi karena kekurangan air radiator atau bahkan habis. Soalnya, peran radiator sangat penting untuk menjaga suhu mesin. Jika suhu mesin terlalu tinggi atau overheat, maka mobil akan berhenti atau mogok tiba-tiba.

Sistem Kelistrikan

Selain aki, sistem kelistrikan pun dapat menjadi penyebab mobil mogok. Salah satunya adalah alternator yang berperan penting untuk menyuplai listrik ke aki. Biasanya alternator yang lebih dari lima tahun akan mengalami penurunan performa atau bahkan rusak. Selain itu, alternator juga dapat rusak jika ada modifikasi pada mobil, seperti pada lampu atau audio.

Baut

Pernah terpikirkan baut bisa menjadi penyebab mobil mogok? Baut yang tidak terpasang dengan baik dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah ketika baut-baut di mesin tidak terpasang dengan baik, dapat menyebabkan kebocoran atau masalah lainnya.

Pastikan juga kamu memiliki bensin yang cukup untuk berkendara agar tidak mengalami mogok di jalan. Sekarang kamu bisa isi bensin di mana dan kapan aja yang kamu mau bareng GoPertamina! Mau isi bensin di rumah sebelum pergi jalan-jalan? Pesan aja GoPertaminadi bawah ini!