GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Udah Tahu Cara Mengirit Bensin Mobil Matic?

Udah Tahu Cara Mengirit Bensin Mobil Matic?
GoPertamina · 10 Jul 2019

Untuk kamu yang selalu menggunakan mobil pribadi untuk pergi ke mana-mana, pasti bensin menjadi salah satu pengeluaran terbesarmu. Banyak hal yang dapat memengaruhi konsumsi bensin mobilmu, seperti terjebak macet yang dapat membuat bensin terbuang dengan sia-sia. Namun, ada pula cara mengirit bensin mobil maticyang bikin kantong jadi aman.

Cek Kondisi Ban

Salah satu faktor mobil boros bensin adalah kondisi ban yang kurang angin. Penyebabnya adalah ketika tekanan angin ban kurang, mesin mobil akan bekerja lebih berat dan akan mengonsumsi lebih banyak bensin. Jadi, dengan memastikan tekanan ban dalam kondisi yang pas akan mengirit bensin mobil matic.

Hindari Kelebihan Kapasitas

Cara mengirit bensin mobil maticselanjutnya adalah memastikan kapasitas atau muatan mobil tidak melebihi yang seharusnya. Dengan membawa beban yang lebih berat, maka mesin mobil akan bekerja lebih keras dan tentunya akan mengakibatkan boros bensin.

Akselerasi Secara Bertahap

Melakukan akselerasi tinggi atau menginjak gas secara tiba-tiba akan menggunakan lebih banyak bensin. Cara yang tepat agar mengirit bensin mobil maticadalah dengan melakukan akselerasi secara bertahap. 

Maksimum Akselerasi 2.000 rpm

Saat akselerasi pastikan kamu tidak melebihi dari 2.000 rpm, soalnya melebihi itu dapat mengakibatkan boros bensin. Pastikan juga kamu dapat mengemudi dengan kecepatan yang konstan dan tidak berkendara dengan cara yang agresif.

GunakanEngine Brake

Dengan menggunakan teknik engine brake kamu akan mengirit bensin mobil matic-mu jika dibandingkan dengan menggunakan rem. Cukup dengan mengangkat pedal gas secara perlahan akan mengurangi kecepatan.

HindariIdling

Idlingdalam waktu yang terlalu lama tentunya akan menguras bensinmu. Jika kamu memang harus berhenti dalam waktu yang lama, pastikan untuk mematikan mesin mobil agar dapat mengirit bensin mobil matic-mu.

Cara mengirit bensin mobil maticyang nggak kalah pentingnya adalah hindari menggunakan AC dalam suhu maksimal dan servis mobil secara berkala. Pastikan juga mobilmu memiliki bensin yang cukup agar perjalanan tetap nyaman. Bareng GO-PERTAMINA kamu bisa isi bensin di mana dan kapan pun yang kamu butuhkan, lho! Mau isi bensin di rumah sebelum besok berangkat kerja? Bareng GO-PERTAMINA bisa! Yuk, cek layanan GO-PERTAMINA di tombol bawah ini.