GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Wawancara Kang Tipu: Saya Bisa Menang Piala Oscar

Wawancara Kang Tipu: Saya Bisa Menang Piala Oscar
GoPay · 15 Feb 2018

TANYA: Di era digital ini berita modus penipuan makin cepat disebar melalui sosial media. Bagaimana Kang Tipu menghadapi penyebaran berita tersebut?
JAWAB: Yah.. Kalau modus menang undian udah banyak ketauan, saya pake cara laen. Kalo saya ngaku-ngaku dari GO-JEK kan bisa ngomong apa aja. Misalnya saya bilang kalo ada order GO-FOOD nyasar ke mereka. Saya bilang saya butuh kode mereka buat batalin ordernya. Ya pada nurut lah. Siapa sih yang mau bayar pesenan nyasar.

T: Dengan maraknya berita penipuan di sosial media, apakah para korban makin sering menolak untuk memberikan kode verifikasi atau OTP mereka, Kang?
J: Ada sih kadang satu-dua orang yang gak mau ngasih kode verifikasi atau OTP-nya. Kalau mereka gak mau kasih, saya bilang kalo mereka wajib ngasih tau dan ancam dikit lah, pura-pura bilang bakal blokir akun GO-JEK atau GO-PAY mereka. Kalo udah gitu, pada nurut biasanya. Soalnya pada takut gak bisa lagi pake aplikasi GO-JEK atau ngelakuin pembayaran pake GO-PAY, trus mereka kasih deh itu kode ke saya. Hahahaha.

T: Ada modus lain lagi yang sering Kang Tipu lancarkan?
J: Lancar… lancar gimana nih maksudnya?

T: Maksud kami, modus apa lagi selain berpura-pura jadi pegawai resmi GO-JEK?
J: Oh.. kadang-kadang saya suka nelpon pura-pura jadi sesama pengguna GO-JEK juga. Saya bilangnya kode verifikasi saya nyasar ke nomor korban. Saya bilang pake nada sedih kalo saya butuh banget kodenya buat akses akun GO-JEK saya. Atau bilang kalo kodenya itu buat ambil paket GO-SEND saya. Sepinter-pinternya saya bikin alesan aja, hehehe...

 

 

T: Seberapa seringkah Kang Tipu mengganti modus penipuan?
J: Tergantung sih ya. Kalo lagi di tempat sepi, saya nelpon ngaku-ngaku sebagai pegawai GO-JEK. Kalo rame, saya ganti modus jadi sesama pengguna GO-JEK. Gaya ngomong saya juga bisa ganti-ganti. Udah kayak aktor gitu lah. Kalo saya aktor beneran, saya bisa menang piala Oscar kayanya. Dan enaknya sih nelpon mereka pas jam-jam sibuk gitu. Biar pada gak fokus. Lebih gampang tipu-tipunya.

T: Hmmm.. berarti dari semua modus, Kang Tipu selalu mengincar kode verifikasi atau OTP ya?
J: Ya emang itu kuncinya. Kalo boleh ngomong rada berat sedikit nih ya, yang namanya kunci kan gunanya buat ngebuka. Ya gak? Jadi kode verifikasi atau OTP itu adalah kunci yang saya incer buat buka akun GO-PAY korban. Kalo udah dapet kodenya, saya bebas deh transfer GO-PAY dia ke akun saya. Yang jadi korban saya emang gak ngerti kalo isi SMS yang dikirim GO-JEK itu tuh kode yang penting banget.

Nantikan WAWANCARA DENGAN KANG TIPU episode berikutnya.
Pastikan Anda selalu merahasiakan kode verifikasi/OTP Anda demi keamanan akun GO-PAY Anda.
Ingat! GO-JEK tidak pernah memintakode OTP/verifikasi/password untuk alasan apapunUntuk pengaduan konsumen atau mengetahui info lebih lanjut, hubungiCustomer Servicedi nomor021-5025 1110atau customerservice@go-jek.com.