GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Wawancara dengan Kang Tipu: Situ Rugi Kalo Nggak Kenal Saya

Wawancara dengan Kang Tipu: Situ Rugi Kalo Nggak Kenal Saya
GoPay · 27 Feb 2018

TANYA: Untuk mengenali Kang Tipu lebih dalam, kami ingin bertanya seberapa sering Kang Tipu gagal ketika mencoba menipu para pengguna GO-JEK lewat telepon?
JAWAB:Lumayan sering. Namanya juga usaha, Mas. Kadang berhasil, kadang gagal. Gitu aja sih prinsip hidup saya.

T: Apa yang biasanya menggagalkan aksi penipuan Kang Tipu?
J: Mmmm… yang saya inget sih beberapa orang gak percaya kalo saya orang resmi kantor GO-JEKkarena saya pake nomer handphone. Tapi yang paling sering bikin saya gagal ya orang-orang yang udah ngerti kalokode verifikasi atau OTP itu gak boleh dikasih tau ke siapapun.Soalnya sistem keamanan bank kan pake kode verifikasi juga. Sama kaya GO-PAY. Jadi beberapa orang udah ngerti cara ngelindungin GO-PAY mereka.

T: Apakah ada kegagalan yang paling diingat Kang Tipu?
J: Oh ada! Waktu itu yang nerima telpon saya cewek. Saya inget karena dia yang paling gak punya etika tuh. Kesel saya… Ya masa saya nipunya udah pake nada baik-baik, tapi dia maen asal tutup begitu aja pas dia tau saya tukang tipu.

T: Boleh diceritakan lebih jelas kejadiannya, Kang?
J: Ya intinya di awal saya bilang kalo dia dapet hadiah, misalnya GO-PAY gratis dari GO-JEK. Suaranya langsung berubah itu. Kayak seneng banget gitu. Jujur saya juga ikut seneng, karena saya pikir saya berhasil tipu-tipu dia. Pas saya tanyain kode verifikasinya, dia ragu buat ngasih tau kodenya ke saya karena dia baca tulisan “JANGAN BERIKAN PADA SIAPAPUN” di SMS-nya. Mulai curiga dia. Nah di situ suara dia udah gak kayak orang seneng…

T: Lalu?
J: Ya saya cari cara buat bikin dia yakin kalo saya orang resmi GO-JEK.Saya bilang kalo SMS itu saya yang kirim.Gak percaya dia.Akhirnya saya bilang kalo saya bisa ngirim SMS itu sekali lagi. Dia beneran dapet SMS-nya sekali lagi. Tapi dia tetep gak percaya sama saya karena udah keburu ngerti kalokode verifikasi itu sifatnya rahasia.Eh langsung ditutup telpon saya. Padahal saya masih ngomong lho… Gak sopan lah itu… Ya kan, Mas?!

T: Kenapa Kang Tipu pakai alasan bisa ngirim SMS kode verifikasi lebih dari sekali?
J: Biar kesannya meyakinkan. Karena yang sebenernya ngirim SMS itu kan sistem GO-JEK beneran, tapi saya bisa mancing sistemnya biar SMS itu dikirim ke nomer si calon korban.Tapi saya gak akan pernah tau apa isi SMS-nya, kecuali si penerima SMS yang ngasih tau ke saya.

T: Berarti selama calon korban menolak untuk memberi tahu kode verifikasi atau OTP mereka, Kang Tipu sudah pasti gagal?
J: Iya udah pasti. Karena emangkode itu doang kok yang saya incer. Cuma orang-orang yang gak ngasih tau kode verifikasinya yang bikin saya gagal. Jadi, walaupun udah sering melakukan pembayaran pake GO-PAY, situ udah pasti rugi kalo gak kenal cara kerja saya. 

Nantikan WAWANCARA DENGAN KANG TIPU episode berikutnya.
Pastikan Anda selalu merahasiakan kode verifikasi/OTP Anda demi keamanan akun GO-PAY Anda. Ingat! GO-JEK tidak pernah memintakode OTP/verifikasi/password untuk alasan apapun.

Untuk pengaduan konsumen atau mengetahui info lebih lanjut, hubungiCustomer Servicedi nomor021-5025 1110atau customerservice@go-jek.com.