GOJEK App

One app for every need

GoPay Rilis Riset Donasi Digital untuk Dukung #SejutaKebaikan

GoPay Rilis Riset Donasi Digital untuk Dukung #SejutaKebaikan
GoPay / 7 Dec 2020

GoPay menggandeng Kopernik dan meluncurkan Digital Donation Outlook 2020, studi pertama dan terlengkap terkait ekosistem donasi digital. Data yang digunakan adalah kombinasi dari hasil survei masyarakat dan wawancara eksekutif senior, mulai dari pemerintah hingga berbagai pelaku filantropi di Indonesia. Studi Digital Donation Outlook 2020 ini diharapkan bisa mendorong perkembangan donasi digital di Indonesia, apalagi di saat pandemi. Donasi digital inilah yang membuat masyarakat bisa bantu sesama dari mana pun dan kapan pun.

Potensi donasi di Indonesia dari zakat lebih dari Rp200 triliun, dengan realisasi saat ini baru 3,4% dan masih terus meningkat.

Temuan utama pada studi ini meliputi perilaku donatur yang berubah akibat pandemi, serta peran teknologi yang mempermudah proses donasi.

Pandemi Mengubah Perilaku Donatur

Menurut studi, masyarakat Indonesia jadi makin rajin berdonasi saat pandemi, dengan jumlah rata-rata meningkat sebanyak 72%. Ini sejalan dengan data internal GoPay bahwa transaksi donasi digital pakai GoPay naik 2x lipat selama pandemi. Temuan menarik lainnya, generasi milenial dikatakan paling sering donasi. Isu yang paling menjadi perhatian bagi para donatur saat ini adalah kesehatan dan perlindungan sosial. 

Data internal Gojek dari Maret hingga Oktober 2020 menunjukkan total donasi yang disalurkan melalui GoPay mencapai Rp102 miliar.

Teknologi yang Mendukung Donasi Digital

Perkembangan donasi digital di Indonesia juga didukung oleh teknologi yang memudahkan masyarakat untuk berdonasi kapan dan di mana saja secara aman. Pertama, mereka dapat info tentang donasi digital paling banyak dari sosial media. Kedua, mereka paling sering berdonasi lewat aplikasi atau website, lalu membayar pakai e-money. Gojek, Kitabisa, dan GoPay disebut paling bisa diandalkan oleh masyarakat untuk berdonasi.

Alasan utama donatur memilih GoPay untuk membayar donasi digital adalah karena mudah digunakan dan aman. 

Penelitian Digital Donation Outlook 2020 Membuka Peluang Baru

Hampir semua kegiatan sehari-hari jadi lebih mudah berkat bantuan aplikasi, termasuk berdonasi. Banyak temuan dalam studi Digital Donation Outlook 2020 yang bisa jadi acuan untuk organisasi nirlaba, rumah ibadah dan para penggalang dana lain agar bisa meningkatkan donasi melalui kanal digital.

GoPay berkomitmen untuk mempermudah masyarakat bantu sesama. Sejak 2019, GoPay telah bekerjasama dengan ratusan rumah ibadah dan organisasi nirlaba lain dengan menyediakan sarana pembayaran untuk berdonasi digital serta berbagai pelatihan. 

#SejutaKebaikan Dimulai dari Kamu

Terima kasih untuk semua yang terus berbagi dan menjadikan donasi sebagai bagian dari gaya hidup. Semangat #SejutaKebaikan kini semakin tersebar ke seluruh Indonesia. 

Buat kamu yang ingin baca lebih lanjut tentang riset donasi digital GoPay dan Kopernik, klik tombol di bawah ini ya!

Catatan: Dokumen GoPay Digital Donation Outlook 2020 v.11DEC 2020 memuat koreksi data di halaman 22, 38, dan 56 dari dokumen berjudul GoPay Digital Donation Outlook 2020.