GOJEK App

One app for every need

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Jadi Peserta Kartu Prakerja

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Jadi Peserta Kartu Prakerja
GoPay / 24 Aug 2021

Sudah lulus kuliah tapi bingung mau ngapain? Atau kamu termasuk golongan yang harus dirumahkan karena PHK di tengah pandemi? Jangan keburu down dan merasa terpuruk. Masih ada cara yang bisa kamu lakukan untuk meng-upgrade skill supaya bisa keep up dengan jenis profesi pekerjaan masa kini, salah satunya dengan mengikuti kelas pelatihan dalam program Kartu Prakerja 2021.

Dengan mengikuti Kartu Prakerja, kamu bisa mengakses ratusan kelas/pelatihan yang telah disediakan oleh mitra resmi pemerintah. Oleh karena itu ketahui cara daftar kartu prakerja 2021, dan dapatkan benefitnya. Apa saja benefit yang bisa kamu dapatkan? Yuk, cek keuntungan bagi penerima Kartu Prakerja di ulasan berikut ini. 

1. Tahu Kondisi Pekerjaan Profesional 

Supaya kamu nggak kaget saat mencoba bikin bisnis atau meniti karir baru, alangkah lebih baik untuk tahu lebih dulu gimana kondisi asli di lapangan. Misal, apakah profesi seorang “writer freelancer” sesuai yang ada di bayanganmu selama ini. 

Dengan mengikuti pelatihan Kartu Prakerja yang kamu pilih, maka nantinya kamu nggak bakal kaget dengan tantangan-tantangan yang ada di lapangan. Bisa dibilang kamu sudah punya amunisi untuk bersiap di medan perang. 

2. Kesempatan untuk Mengembangkan Kompetensi Baru

Kalau kamu ingin mencoba mengembangkan diri dengan kompetensi atau skill baru, maka Kartu Prakerja adalah tempat terbaik. Ada banyak jenis pelatihan yang bisa kamu dapatkan cuma-cuma. Usai menjalani pelatihan kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu sudah menguasai kompetensi tersebut. 

3. Mendapatkan Biaya Pelatihan Hingga 1 Juta

Jadi peserta Kartu Prakerja, kamu akan mendapatkan uang pelatihan sebesar Rp1 juta. Uang ini akan disalurkan melalui e-wallet, GoPay misalnya untuk membeli kelas yang disediakan oleh Kartu Prakerja.  Beberapa kelas yang cukup populer dipilih oleh peserta Kartu Prakerja seperti kelas design, digital marketing, kiat memulai bisnis kecil, hingga kelas tentang kiat sukses bertahan di dunia kerja. 

4. Insentif Senilai Rp2,55 Juta

Bukan hanya bisa dapatkan biaya pelatihan hingga Rp1 juta, nantinya setelah menyelesaikan sesi pelatihan kamu bisa dapatkan insentif senilai Rp2,55 juta. Biasanya insentif tersebut akan dibagikan senilai Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan. Kalau kamu mau isi survei yang diberikan, bisa dapatkan tambahan uang senilai Rp150 ribu. 

Itulah keuntungan menjadi peserta Kartu Prakerja, dan for your information dari banyaknya keuntungan yang ditawarkan sepertinya hampir tidak ada kerugian yang akan dialami oleh para peserta yang akan daftar atau peserta yang sudah lulus seleksi. Justru bekal pelatihan dari Kartu Prakerja bisa dijadikan sebagai bekal untuk meraih masa depan yang lebih cerah. 

5. Cara Mudah Mencairkan Insentif Kartu Prakerja dengan GoPay

Untuk mencairkan insentif Kartu Prakerja dengan GoPay, pastikan nomor akun GoPay sama dengan nomor yang didaftarkan di Kartu Prakerja. Kamu juga harus upgrade akun GoPay ke GoPay Plus. Kemudian saat kamu diminta untuk memilih uang elektronik mana yang kamu inginkan, pilih GoPay. Pastikan nomor di halaman konfirmasi sudah benar, lalu masukkan kode OTP dan PIN GoPay. Nantinya pembayaran intensif Kartu Prakerja masing-masing gelombang tentu berbeda, tapi umumnya akan langsung dikirimkan 5 hari setelah menyelesaikan pelatihan yang sudah dipilih. 

GoPay dipilih sebagai salah satu sarana untuk mencairkan insentif Kartu Prakerja bukan tanpa sebab. GoPay memiliki proses verifikasi akun yang mudah dan cepat, selain itu GoPay menawarkan kepraktisan untuk membayar berbagai kebutuhan harian. Pengoperasian GoPay juga sangat mudah, sehingga sudah familiar di berbagai kalangan. Pengalaman GoPay ini sesuai dengan yang dirasakan Rangga Purnama (20), peserta Kartu Prakerja asal Kabupaten Tasikmalaya dan Samilah (45), dari Lampung Tengah. 

Dengan GoPay juga, kamu bisa memanfaatkan promo spesial khusus peserta Prakerja untuk membeli berbagai kebutuhan harian, seperti pulsa dan paket data, hingga berbelanja online maupun toko fisik. Promo ini berlaku bagi penerima insentif Prakerja di tahun 2021, yaitu peserta yang lolos gelombang 12 hingga gelombang 16.

Cek info selengkapnya di sini ya!