GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

6 Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

6 Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat
GoMassage · 19 Sep 2019

Sakit kepala adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong ringan tetapi dapat mengganggu aktivitasmu. Sakit kepala sendiri adalah rasa sakit atau tidak nyaman yang terjadi di bagian kepala atau leher dan yang paling sering terjadi adalah tension headache. Kondisi tersebut dapat terjadi karena ketegangan otot-otot di daerah kepala, pundak, leher, hingga rahang. Sebenarnya kondisi ini akan hilang dengan sendirinya, tapi kamu bisa mengikuti tips meredakan sakit kepala berikut ini jika merasa terganggu dengan sakit kepalanya. 

Istirahat di Ruangan Gelap

Tips meredakan sakit kepala pertama yang bisa kamu lakukan ketika sakit kepala melanda adalah mencari ruangan gelap dan sunyi. Usahakan untuk berbaring atau setidaknya dapat duduk dengan nyaman. Beristirahat lah beberapa saat hingga sakit kepala mereda. Coba juga untuk melemaskan bagian kepala serta pundak.

Kompres

Salah satu tips meredakan sakit kepala yang cukup efektif adalah mengompres bagian kening dan belakang leher dengan air dingin dan panas. Kamu cukup mengompres dengan air panas terlebih dahulu untuk melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Selanjutnya, kompres dengan air dingin yang akan mengecilkan pembuluh darah.

Makan

Penyebab sakit kepala lainnya adalah turunnya kadar gula darah di dalam tubuh. Kamu bisa mengatasinya dengan makan atau minum sesuatu yang manis untuk menaikkan kadar gula darah. Namun, hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk makan tepat waktu untuk menghindari sakit kepala yang diakibatkan oleh penurunan kadar gula darah.

Minum Air Jahe

Salah satu minuman yang dapat meredakan sakit kepala adalah air jahe hangat. Jika kamu kurang menyukai rasa jahe yang terlalu kuat, kamu bisa menambahkan madu, lemon, kayu manis, dan bunga pekak. Jahe sendiri dapat menangani hipertensi dan sakit kepala tegang. 

Peregangan

Tips meredakan sakit kepala akibat tension headache tentunya adalah dengan melakukan peregangan. Tension headache disebabkan oleh otot-otot pundak dan leher yang menegang, oleh karena itu kamu perlu melakukan peregangan untuk mengendurkan otot-otot tersebut. Kamu bisa melakukan peregangan sederhana seperti menekuk kepala ke satu sisi, lalu putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, dan biarkan dagu menyentuh dada. Kamu bisa melakukannya ke sisi lainnya.

Pijat

Salah satu tips meredakan sakit kepala yang paling efektif adalah dengan melakukan pemijatan ringan di bagian yang sakit. Gunakan jari telunjuk atau ibu jari untuk memijat dengan konstan selama 7-15 detik. Bisa juga dipijat oleh terapis profesional di area kepala, leher, dan pundak untuk mengendurkan otot yang tegang.

Untuk keadaan terdesak seperti itu, langsung aja pesan layanan pijat online GoMassageyang siap pijatin kamu di mana dan kapanpun yang kamu butuhkan. Mau pijat sepulang kerja atau setelah antar anak sekolah? Yuk, langsung aja pesan GoMassagelewat tombol di bawah ini!