GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang yang Efektif untuk Dilakukan

Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang yang Efektif untuk Dilakukan
GoMassage · 11 Oct 2019

Leher kaku dan tegang tentunya akan membuat aktivitasmu menjadi terganggu. Rasa nyeri yang kamu rasakan akan membuatmu susah berkonsentrasi pada saat bekerja. Walaupun nggak terlalu berbahaya untuk kesehatanmu, tapi leher kaku dan tegang tentunya harus segera diatasi. Cek di sini cara mengatasi leher kaku dan tegang yang dijamin bikin rileks lagi!

Kompres dengan Air Dingin atau Air Hangat

Cara mengatasi leher kaku dan tegang yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres bagian leher yang kaku dan tegang dengan air dingin atau hangat. Otot di leher akan membuat otot di leher menjadi rileks kembali. Kamu bisa mengompres bagian leher yang kaku dan tegang selama 20 menit dan jangan lebih dari itu karena dapat menimbulkan masalah kulit. Selain dengan kompres, kamu juga bisa merelaksasi otot dengan berendam di air hangat.

Tetap Aktif Bergerak

Jangan jadikan leher kaku dan tegang untuk membatasi aktivitasmu. Untuk mengatasi leher yang kaku dan tegang kamu harus tetap aktif tapi perlu berhati-hati agar nggak memperparah kondisinya. Seperti menghindari gerakan yang tiba-tiba dan memaksa. Kamu juga perlu melakukan peregangan seperti menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah untuk membuat otot leher menjadi rileks kembali.

Perhatikan Posisi Tidur

Agar leher kaku dan tegangmu nggak semakin parah, kamu harus memerhatikan posisi tidurmu. Hindari tidur dengan posisi tengkurap yang akan membuat otot di leher semakin tegang. Kamu sebaiknya tidur dengan posisi telentang atau menyamping. Lebih baik lagi dan agar cepat pulih, kamu disarankan untuk tidur tanpa bantal.

Kurangi Stres

Salah satu pemicu leher kaku dan tegang adalah stres. Untuk itu kamu perlu mengurangi tingkat stresmu untuk mengatasi leher kaku dan tegang. Banyak cara untuk mengurangi stres, mulai dari berolahraga, bermeditasi, melakukan hobi, hingga cuti sejenak dari pekerjaanmu.

Pijat

Salah satu cara mengatasi leher kaku dan tegang yang efektif adalah dengan memijatnya. Otot akan mengendur ketika dipijat, sehingga leher yang kaku dan tegang secara perlahan akan sembuh. Kamu dapat melakukannya sendiri atau dengan bantuan orang lain, pastikan yang profesional agar nggak menyebabkan masalah leher dan otot lainnya.

Pijat bareng layanan pijat online GoMassagetentunya bisa jadi cara praktis kamu untuk mengatasi leher kaku dan tegang. Terapis profesional GoMassagetersedia dari 06.00 hingga 24.00 setiap harinya dan akan tiba dalam 30 menit ke tempatmu. Mau pijat saat kerja atau sepulang lembur? Bisa! Cek aja layanan GoMassagedi tombol bawah ini!