GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Waktunya #BeraniSama terhadap Perbedaan & Keterbatasan

Waktunya #BeraniSama terhadap Perbedaan & Keterbatasan
GoLife · 2 Dec 2019

Semua orang, baik mitra atau pun customer ingin diperlakukan sama, tanpa diskriminasi. Tapi, tahukah kamu, ada 30 juta penyandang difabel di Indonesia atau sekitar 12.15% dari total populasi yang ada. Dengan kata lain, 1 dari 8 penduduk Indonesia adalah penyandang difabel. 

Sebagian dari mereka adalah tunarungu dan tunanetra yang memiliki kesempatan kerja yang terbatas di sektor informal atau keahlian saja. Meskipun setiap individu tidaklah sama, namun terkadang masih ada tembok berupa pandangan ragu dan simpati kepada kemampuan difabel.

Gojekturut mendorong pertumbuhan inklusif di seluruh Indonesia dengan memperluas peluang bagi masyarakat dari berbagai latar belakang seperti mitra difabel dan perempuan sebagai tulang punggung keluarga untuk punya kesempatan sama dalam berkarya. 1 dari 20 mitra GoLife adalah penyandang difabel. 

Di campaign #BeraniSama, GoLife membuat social experiment untuk menunjukkan bahwa  setiap orang pada dasarnya tercipta dengan wujud dan fisik yang berbeda. Namun perbedaan yang ada pada mitra difabel GoLife, tidaklah menjadi penghalang bagi mereka dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Mereka justru berani menunjukkan kemampuan yang profesional dan terlatih saat mereka diberikan kesempatan dan kepercayaan. Faktanya, lebih 90% konsumen puas dengan layanan dari mitra disabilitas.

Melalui campaign ini, GoLife juga mengajak partisipasi masyarakat untuk menjawab, bisakah kita menghadapi perbedaan tersebut secara sama? Yuk, tonton videonya berikut ini!

Ada beberapa kisah mitra difabel GoLife yang menginspirasi. Di usia mereka yang masih terbilang muda, mereka punya semangat untuk #BeraniSama turut berkarya di tengah keterbatasan mereka.

  1. Frendy Anzhar

Sejak lahir, Frendy Anzhar tumbuh dengan kondisi yang normal. Namun menginjak bangku SMP, pendengarannya mengalami penurunan. Ia didiagnosa mengalami gangguan syaraf. 

Frendy menuturkan, ia tidak pernah merasa tersinggung atau sedih bila ditanya soal keterbatasannya. Justru ia merasa senang bila ada yang mengajaknya berkomunikasi, apalagi bila diberi kesempatan dan kepercayaan untuk menunjukkan kemampuannya. Dengan keahlian memijatnya, ia mencoba peruntungan mencari penghasilan sebagai terapis pijat di GoMassage. Simak kisah lengkapnya di sini.


2. Siti Winarni

Siti Winarni merupakan mitra difabel GoMassage asal Jakarta. Namun, saat duduk di bangku SMK Kejuruan Perawat Gigi, ia mengalami sakit lumpuh yang menyebabkan penglihatannya menurun. Ia jadi harus mengurungkan cita-citanya menjadi perawat.

Bagi Siti Winarni, bisa melanjutkan cita-citanya adalah semangat baru. Terlebih saat ia bisa membantu merawat setiap orang, lewat keahliannya memijat. Meski pernah mengalami titik terendah dan kondisinya sudah tak sama lagi, Siti Winarni percaya ia masih bisa memberikan manfaat untuk banyak orang di GoMassage. Simak kisah lengkapnya di sini.


3. Fitri Maulidina

Meski terlahir tuli, Mitra GoClean asal Jakarta, Fitri Maulidina sudah bisa mandiri dan berpenghasilan sendiri. Ia telah bergabung GoClean sejak tahun 2018.

Dina menuturkan, meski ia tuli, masih ada cara berkomunikasi seperti bahasa isyarat atau tulisan. Biasanya begitu terima orderan, Dina akan menuju ke lokasi dan begitu sampai akan bertanya lewat tulisan apa saja yang harus dikerjakan atau dibersihkan. Dari semangatnya, Ia ingin menunjukkan bahwa ia selalu berusaha memberikan pelayanan terbaiknya di GoClean. Terbukti, ia banyak menerima komentar positif  dari customer-nya. Simak kisah lengkapnya di sini.

Kamu punya cerita dan pengalaman bersama mitra difabel GoLife yang semangat berjuang untuk berkarya? Share pengalaman kamu dengan hashtag #BeraniSamavia Instagram dan Twitter @golifeindonesia & ceritakan semangat mereka kepada dunia!

Yuk, waktunya kita untuk #BeraniSama menyikapi perbedaan agar bisa maju selangkah dalam pemikiran. Nah mau dibantuin hilangin pegel dan bersih-bersih rumah? Pesen GoMassage atau GoClean aja sekarang!