GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Perbedaan LRT dan MRT yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan LRT dan MRT yang Wajib Kamu Ketahui
GoLaundry · 16 Jun 2019

Kabar gembira untuk warga Jakarta, karena kereta lintas rel terpadu (LRT) kini sedang melakukan uji publik. Masyarakat berkesempatan menjajal LRT jurusan Rawamangun - Kelapa Gading secara cuma-cuma. Sekarang sudah ada dua moda transportasi berbasis rel selain Commuter Line di Jakarta, yaitu LRT dan MRT.

Keduanya memang sama-sama memiliki jalur rel layang khusus tanpa hambatan. LRT dan MRT sama-sama tidak mengenal macetnya ibukota!

Perbedaan LRT dan MRT yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan LRT dan MRT Jakarta
Sudah coba MRT Jakarta?

Lalu, apa sih yang membedakan antara LRT dan MRT? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Ukuran

Secara ukuran, LRT memang lebih minimalis dibandingkan MRT. LRT hanya memiliki dua gerbong. Berbeda dengan MRT yang merupakan sistem angkutan massal dan kapasitas yang besar. Satu rangkaian MRT memiliki enam gerbong.

Kapasitas Penumpang

LRT yang didatangkan dari Korea Selatan memiliki kapasitas sebesar 135 orang per gerbong. Jika penuh, LRT mampu mengangkut 270 orang. Sementara MRT yang diproduksi pabrikan Jepang mampu mengangkut 332 orang per gerbong. Total 1950 orang dapat diangkut dalam satu rangkaian MRT.

Waktu Tempuh

Kereta MRT Jakarta dapat menempuh perjalanan dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI, sejauh 16 km, dalam waktu 30 menit. Sementara kereta LRT Jakarta membutuhkan waktu 13 menit untuk menempuh Rawamangun - Kelapa Gading, sejarak 5,6 km. Waktu tunggu kereta MRT di stasiun adalah 5 menit, sementara LRT adalah 10 menit.

Sudahkah kamu mencoba kereta MRT ataupun LRT? Kalau belum, yuk cobain di akhir pekan ini! Kalau terhambat karena banyaknya cucian yang harus diselesaikan di rumah, tenang aja dan serahkan semua pada GO-LAUNDRY! Kamu tinggal #TerimaBeres dan bisa luangkan waktu untuk menjajal transportasi umum terbaru di Jakarta.