logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Wisata Danau Toba
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Wisata Danau Toba
gojek / 17 Dec 2019

Hai Gojekers,

Nggak terasa tahun 2019 sebentar lagi bakal berakhir ya. Ngomong-ngomong, kelen ada rencana mau menghabiskan liburan akhir tahun ke mana nih? Nah, buat kelen yang masih pada galau nentuin pilihan, di Kota Medan ada loh salah satu destinasi wisata yang cocok kali dikunjungi. Yes, apalagi kalau bukan wisata ke Danau Toba!

Dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi, danau yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara ini diklaim sebagai danau terluas pertama se-Asia Tenggara dan masuk dalam daftar Guinness World Records juga lho. Bahkan nih ya, luas Danau Toba itu lebih besar dari negara Singapura (716 kilometer persegi). Kebayang kan gimana kerennya tempat wisata satu ini?

Bukan hanya menikmati keindahan Danau Toba saja, kelen pun bisa mengunjungi beberapa tempat keren di sini. Seperti, Lembah Bakkara, Air Terjun Situmurun Binangalom dan Binanga Bolon, Bukit Teletubbies, Bukit Holbung, dan Bukit Indah Simarjarunjung. 

Terus, ada kegiatan wisata lain di Danau Toba yang bisa dilakukan. Mulai dari berkeliling Desa Tuktuk Siadong-Adong, berkunjung ke situs-situs sejarah dan makam para raja kuno suku Batak. Selain itu, menengok langsung kegiatan masyarakat lokal menanam padi dan rumah-rumah adat penduduk setempat khas dengan Gorga Batak. Ya hitung-hitung, liburan akhir tahun sambil wisata sejarah juga kan?

Oh iya, kelen harus tau juga nih, di tengah Danau Toba terdapat pulau kecil yang sudah sangat populer dan terkenal di mana-mana. Pulau Samosir, namanya. Pulau yang sering disebut sebagai jantung dan kampung halaman Suku Batak ini memiliki beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung aja atur jadwal liburan akhir tahun kelen ke wisata Danau Toba dari sekarang, ya!

5 Persiapan Penting Untuk Wisata Danau Toba

Kalau sudah mantap bakal berwisata akhir tahun ke Danau Toba, ada baiknya persiapkan beberapa hal penting berikut ini biar liburan kelen makin seru!

Dok: instagram/samosir_indah

Kelen perlu tahu nih, perjalanan menuju ke wisata Danau Toba cukup lama, memakan waktu sekitar 5 jam dari Kota Medan. Untuk menghemat waktu, kelen bisa lewat jalan tol yang baru saja rampung, tol Medan-Tebing Tinggi, jadi hanya 3,5 jam saja. Sekarang tol Tebing Tinggi -Danau Toba yang masih dalam tahap pembangunan. Jika tol tersebut sudah selesai, cuma butuh waktu paling lama 2 jam saja dari Medan untuk tiba di wisata Danau Toba lho, cepat kan?

Selain jalur darat, kelen juga bisa mencoba melalui perjalanan udara dengan naik pesawat kecil. Biar aman dan nyaman, kalian bisa berangkat dari Medan dengan GoCar ke Bandara Internasional Kualanamu Medan danmendarat di Bandara Silangit Siborong-Borong. Begitu juga sepulang dari sana. Kamu bisa naik GoCar dari Kualanamu ke kota Medan.

Saat liburan akhir tahun ke wisata Danau Toba, bawalah barang dan keperluan yang memang benar-benar akan terpakai. Jangan bawa barang yang tidak terlalu penting. Karena, hal tersebut hanya akan membuat isi tas kelen penuh. Padahal, nggak semuanya bakal digunakan.

Selain itu, jangan lupa bawa bahan baku makanan buat kamu yang mau memasak di villa. Tapi kalau kamu mau menikmati liburan tanpa repot masak. Pesan GoFood aja dan pilih merchant yang paling dekat dari lokasimu. Di Tobasa sudah tersedia layanan GoFood lho!

Buat kelen yang pastinya selalu update foto atau video di media sosial pastinya ingin mendapatkan titik yang menarik. Tenang, danau Toba memiliki banyak titik yang menarik, seperti Pelabuhan Tomok, Kompleks Makam Batu Sidabutar, deretan rumah tradisional Kampung Tuktuk, Kursi Batu Raja Siagilan, serta Rumah Raja Sidauruk yang menampilkan pertunjukan Patung Sigale-gale. Kalau sudah foto-foto di titik tersebut, dijamin deh foto kamu di media sosial banyak yang menyukai. Eits, tapi jangan sampai pas mau update malah kehabisan paket data, karena di sini nggak akan kelen temui pick up penjual paket data kayak di Medan. Tapi nggak perlu kuatir, karena ada GoPulsa yang siap bantu isi paket data kamu kapanpun dan di manapun biar bisa tetap eksis di media sosial. Kamu juga bisa keliling Tobasa untuk mencari titik foto terbaik dengan naik GoRide lho, jadi sambil menikmati sore dan memandangi indahnya Danau Toba deh sepanjang perjalanan.

Hal ini penting buat kamu yang membawa si kecil, udara Danau Toba yang dingin dan berangin rentan membuat badan jadi drop, apalagi kalau sudah seharian main air di Danau. Buat jaga-jaga, jangan lupa bawa obat-obatan dari Medan ya. Biar gampang, pesan lewat GoMed di aplikasi Gojek aja. Lebih mudah dan hemat waktu, jadi bisa nunggu obat dibeliin sambil packing baju di Medan.

Sepulangnya dari liburan pasti tubuh kelelahan. Beristirahat sepertinya belum tentu bisa mengembalikan kebugaran badan usai dari liburan. Cara lainnya adalah dengan menggunakan jasa therapist pijat profesional. Tapi rasanya sudah capek pasti malas keluar lagi kan? apalagi harus antri. Pesan GoMassage aja di aplikasi GoLife! Dijamin deh badan kamu bakal rileks lagi dan dapat dengan normal kembali menjalani aktivitas seperti biasanya. 

Itu dia 5 persiapan penting untuk wisata Danau Toba. Jadi persiapkan rencana liburanmu untuk akhir tahun ini ya. Dengan Gojek #PastiAdaJalan untuk liburan ke Danau Toba jadi lebih mudah.