logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Visa Investasi di GOJEK, Berkolaborasi dalam Memajukan Sistem Pembayaran Digital di Asia Tenggara
Visa Investasi di GOJEK, Berkolaborasi dalam Memajukan Sistem Pembayaran Digital di Asia Tenggara
gojek / 17 Jul 2019

SINGAPURA, 17 Juli 2019 - Visa, perusahaan teknologi pembayaran digital terkemuka di dunia, menanamkan investasi di GOJEK, perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand dan platform pembayaran digital terbesar di Asia Tenggara, sebagai bagian dari putaran pendanaan seri F. Kedua perusahaan akan bekerja sama dalam memajukan sistem pembayaran non-tunai dan menyediakan layanan yang seamless bagi konsumen di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Dengan posisi  GO-PAY sebagai pemimpin pasar di sektor sistem pembayaran digital dan inklusi keuangan di Indonesia, putaran pendanaan kali ini akan mendorong akselerasi pertumbuhan sistem pembayaran GOJEK di tingkat Asia Tenggara. Kolaborasi GOJEK dengan Visa akan meliputi kerja sama dalam menciptakan berbagai solusi inovatif untuk sistem pembayaran bagi konsumen digital-first dan juga populasi masyarakat yang belum belum berbank di seluruh Asia Tenggara. 

Inklusi keuangan di Asia Tenggara masih terus menjadi isu dan tantangan  yang perlu segera diatasi. Di Indonesia sendiri, mirip dengan Vietnam, mayoritas transaksi masih terjadi secara tunai, dengan penetrasi layanan pembayaran digital yang masih sangat rendah - atau 1 dibanding 41. Jika disikapi dengan tepat, digitalisasi akan mampu mendorong kenaikan GDP sebesar 9 sampai 14% di negara Asia Tenggara dengan ekonomi terbesar sekalipun2.

Presiden GOJEK, Andre Soelistyo mengatakan, “Kami berterima kasih atas dukungan para investor dalam putaran pendanaan ini. Antusiasme yang tinggi ini  kami lihat sebagai wujud kepercayaan investor atas visi jangka panjang kami untuk mendorong pertumbuhan berbasis teknologi di Asia Tenggara ke fase berikutnya. Investasi Visa untuk GOJEK menunjukkan kepercayaan mereka atas bisnis model, kesungguhan serta kemampuan GOJEK dalam memajukan kehidupan banyak orang melalui berbagai layanan dan  pembayaran digital di dalam ekosistem kami.”

CEO GO-PAY, Aldi Haryopratomo menambahkan, “GO-PAY dan Visa memiliki visi yang sama dalam menyediakan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi untuk konsumen dari berbagai kelompok sosial ekonomi. Sejalan dengan usaha kami mendorong adopsi pembayaran digital di Indonesia guna meningkatkan pendapatan dan penghidupan, GOJEK antusias untuk berkolaborasi dengan Visa dalam meneruskan jangkauan solusi pembayaran digital ke seluruh Asia Tenggara.”

President Visa Regional Asia Pasifik Chris Clark menyampaikan, “Kami bersemangat menyambut kolaborasi ini karena Visa dan GOJEK memiliki objektif yang sama, yaitu membuat keseharian konsumen lebih nyaman - baik dalam mobilisasi antar kota di Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan daerah urban yang relatif tinggi, maupun dalam memberikan kemudahan bagi konsumen di seluruh dunia untuk melakukan dan menerima pembayaran secara digital. Visa dan GOJEK juga memiliki misi yang sama dalam memberikan akses kepada kelompok masyarakat yang belum berbank untuk dapat bergabung dalam ekonomi formal dan memanfaatkan berbagai fasilitas keuangan formal termasuk kredit untuk usaha kecil menengah (UKM). Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memanfaatkan teknologi GOJEK dan juga jaringan Visa, untuk memperluas jangkauan layanan finansial di Asia Tenggara”.


1 Google-Temasek eConomy SEA 2018: Southeast Asia’s internet economy hits an inflection point, p. 29

2 Asian Development Bank and Oliver Wyman study on Accelerating Financial Inclusion in Southeast Asia with Digital Finance