logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Tip Sahur yang Cocok Untuk Diet Selama Bulan Puasa
Tip Sahur yang Cocok Untuk Diet Selama Bulan Puasa
gojek / 24 Feb 2024

Memiliki berat badan ideal selain memiliki alasan estetika, juga memiliki manfaat kesehatan yang besar. Karena itulah berbagai upaya untuk menurunkan berat badan atau diet banyak dicoba banyak orang. Bagi beberapa dari kita yang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan, momen ramadhan ini menjadi kesempatan yang sering dimanfaatkan untuk berdiet.

Tips Sahur untuk Diet Di Bulan Ramdhan

Umumnya kebanyakan orang hanya makan dua kali sehari selama bulan Ramadhan. Hal ini hanya berlaku bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa ya. Lebih baik lagi jika makanan yang dimakan adalah menu diet puasa yang mencukupi kalori untuk beraktivitas selagi berpuasa.

Lantas apakah lebih baik jika sekalian tidak makan sahur? Atau ada yang sengaja sahur dengan air putih saja demi menurunkan berat badan? Walaupun cara ini secara logis pasti dapat membantu menurunkan berat badan, simak tips menu sahur sehat untuk diet yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan.

Dasar dari diet atau upaya menurunkan berat badan yang utama adalah defisiensi kalori. Jadi jika pada umumnya untuk mempertahankan berat badan cukupilah kebutuhan kalori sehari-hari. Umumnya berkisar 2000-2500 kalori bagi orang dewasa.

Lalu apakah dengan begitu tidak makan sama sekali akan cepat kurus? Kalori ini secara umum dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme dan organ-organ tubuh lainnya, sehingga jika kalori ini tidak mencukupi maka tubuh akan terasa lemas karena tidak ada kalori yang dapat diubah menjadi energi.

Sehingga jika anda ingin menurunkan berat badan, konsumsilah kalori 500 kal lebih rendah dari kebutuhan anda sehari-hari. Untuk tetap sehat, usahakan tetap mengonsumsi 40% dari kebutuhan tubuh sehingga metabolisme anda pun tidak terganggu.

Bagaimana menu sahur untuk orang diet? Anda dapat memulai dengan mengurangi karbohidrat pada piring anda. Jumlah karbohidrat yang berlebih inilah yang menyebabkan walaupun hanya makan dua kali sehari, orang yang berpuasa malah naik berat badannya.

Selain nasi putih, karbohidrat juga bisa diperoleh dari gandum, biji-bijian, ataupun kentang. Nasi merah dan nasi jagung juga menjadi alternatif sehat dari nasi putih. Batasi konsumsi roti tawar sebagai menu sahur untuk diet.

Bagi orang indonesia yang umumnya merasa ‘tidak makan nasi tidak kenyang’ hal ini dapat disiasati dengan memperbanyak lauk yang mengandung protein. Lauk pauk sederhana seperti tahu dan tempe juga sudah dapat memenuhi kebutuhan protein anda. Lebih bagus lagi jika menu sahur diet anda dilengkapi dengan berbagai sayuran dan buah.

Selain sayur dan buah yang tinggi serat, anda dapat memanfaatkan makanan sahur untuk diet yang mengandung lemak sehat dari kacang-kacangan dan minyak zaitun untuk kebutuhan lemak anda. Makanan sehat sahur ini memang terlihat agak merepotkan, namun hasilnya akan dapat anda rasakan kemudian.

Bagi anda yang ingin makan sahur yang sehat, sebisa mungkin menghindar dari produk makanan olahan. Produk makanan ini memang persiapannya sangat mudah dan rasanya yang nikmat, namun anda akan merasa lebih cepat lapar sehingga akan lebih sulit mengontrol kalori yang masuk ke tubuh.

Anda juga bisa mengatur makanan yang masuk ke tubuh dengan makan perlahan. Kalap saat berbuka puasa juga dapat menghancurkan upaya anda yang sudah menyiapkan menu sahur sehat dan praktis. Misal buka puasa dapat diawali dengan sup yang hangat, kemudian setelah selesai beribadah anda baru dapat makan berat. Bingung dengan menu buka puasa, langsung aja buka aplikasi GOJEK dan masuk ke layanan GO-FOOD. Nah, Anda bisa langsung memilih menu berbuka puasa mana yang cocok dengan diet Anda. Dengan begitu, tips sahur untuk diet juga tidak terbatas pada makanan yang baik untuk sahur.

Jadi, gimana ga perlu takut diet akan tergangu saat sedang berpuasa. Ikutin aja tips sahur untuk diet ala GOJEK. Ajak semua teman sehat dan diet Anda biar puasa jadi lebih menyenangkan.