logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Tips Puasa untuk Ibu Hamil yang Aman Agar Tetap Bugar
Tips Puasa untuk Ibu Hamil yang Aman Agar Tetap Bugar
gojek / 24 Feb 2024

Kehamilan merupakan anugerah yang banyak disyukuri dan ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sudah menikah, dan mendambakan buah hati. Masa kehamilan sembilan bulan pun juga tidak jarang melewati bulan Ramadhan yang di dalamnya ada kewajiban berpuasa.

Tips Puasa Ibu Hamil Agar yang Aman

Banyak yang mempertanyakan, bolehkah ibu hamil berpuasa? Karena selagi hamil, calon ibu merasakan berbagai perubahan fisik yang menyebabkan perlunya suplai nutrisi yang berkelanjutan. Hal ini disebabkan karena adanya janin yang sedang bertumbuh di dalam tubuh calon ibu, dan ibu tidak boleh sampai kekurangan gizi atau asupan makanan.

Nah, jika ibu hamil berpuasa bagaimana? Kan di waktu puasa tidak boleh makan dari subuh hingga maghrib? Padahal nutrisi ibu hamil saat puasa tetap harus terpenuhi untuk perkembangan janin?

Di masa hamil, ibu hamil puasa sebenarnya sangat memungkinkan. Namun pastinya ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk puasa bagi ibu hamil muda. Memperhatikan asupan nutrisi adalah kuncinya. Karena puasa bagi ibu hamil 7 bulan dan puasa saat hamil 4 bulan memiliki efek yang berbeda bagi ibu dan janin.

Disini akan kami bagikan tips puasa saat hamil yang sering ditanyakan. Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk kita simak di bawah ini!

Normal disini adalah berat badan ibu hamil yang disarankan dokter sesuai pada umur kandungan. Sehingga walaupun puasa saat hamil, suplai nutrisi untuk janin dalam perut tetap terjaga.

Puasa untuk ibu hamil dengan mudah dapat meningkatkan hormon stres dalam tubuh. Efeknya tentu kurang baik bagi kesehatan janin. Jadi ibu hamil harus dapat menjaga emosi dan lebih santai ya.

Tidak hanya pada saat puasa, istirahat memang dibutuhkan oleh ibu hamil karena beban tambahan yang dibawanya. Apalagi ketika puasa, jangan berjalan terlalu jauh atau memaksa mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar. Bagi ibu hamil yang bekerja, umumnya kantor sudah lebih maklum dengan kondisi hamil.

Untuk menu sahur ibu hamil, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks agar terasa kenyang lebih lama. Hal ini cukup membantu karena ibu hamil akan terasa lebih cepat lapar daripada ketika sebelum hamil. Selain itu serat juga dibutuhkan dalam makanan ibu hamil saat berpuasa untuk menjaga metabolisme tubuh. Contohnya seperti gandum utuh, sayur-sayuran, hingga buah kering juga boleh.

Menu buka puasa untuk ibu hamil kurang lebih hampir sama dengan menu makanan sahur untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk tetap mengatur porsi protein yang masuk, bisa dari daging merah yang matang, telur, atau paling bagus ikan segar. Sumber lemak sehat juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Supaya tidak bosan, kombinasikan nutrisi di atas dalam bentuk berbagai masakan kesukaan anda.

Segala yang berlebihan tentu tidak baik. Menu buka puasa ibu hamil baiknya dalam batasan gula yang pas, karena konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan resiko diabetes maupun gangguan pertumbuhan pada janin. Apalagi jika tingginya gula terdapat pada makanan buka puasa untuk ibu hamil.

Puasa sehat untuk ibu hamil pastinya tetap membutuhkan air minum harian. Walaupun menyebabkan sering buang air kecil, namun kadar air dalam tubuh harus tetap dijaga. Kebutuhan ini dapat dibagi pada saat sahur atau berbuka, dengan dibagi ke beberapa gelas yang sebanding dengan kebutuhan dan berat badan.

Demikianlah uraian makanan sehat saat puasa untuk ibu hamil yang tidak sulit diterapkan. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter jika ingin berpuasa. Puasa bagi ibu hamil 8 bulan sebenarnya kurang disarankan, namun jika memiliki kondisi yang fit seperti tekanan darah normal, berat badan bayi cukup, tidak kurang darah maka sah-sah saja berpuasa.

Sedangkan puasa pada saat hamil 5 bulan, jika masih memiliki keluhan mual, muntah, pusing hingga lemas seperti pada trimester awal, maka hal ini patut diwaspadai. Sejatinya tips puasa ibu hamil bergantung pada nutrisi ibu hamil saat puasa dan kesehatan tubuh sang ibu.

Jika tidak memungkinkan untuk memasak, GOJEK punya solusinya nih. Buka aplikasi GOJEK dan masuk ke layanan GO-FOOD. Langsung deh pilih makan kesukaan dan makanan sehat untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk share info penting ini ke ibu hamil lainnya ya! Biar tips puasa untuk ibu hamil bisa juga bermanfaat untuk semua ibu hamil yang sedang berpuasa.