logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Tips Mudik Dengan Motor yang Aman
Tips Mudik Dengan Motor yang Aman
gojek / 24 Feb 2024

Motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Di saat belum ada alat transportasi yang memadai dan dapat mencapai seluruh bagian daerah, maka motor adalah pilihan yang paling cepat dan mudah. Bahkan kini dengan menggunakan GO-RIDE juga menjadi pilihan transportasi utama masyarakat.

Lalu bagaimana ketika saat mudik lebaran? Untuk mencapai jarak yang tidak begitu jauh, sepeda motor juga masih bisa dimanfaatkan untuk mudik. Walaupun tidak bisa menggunakan jalan tol, namun jalur bawah juga masih memadai untuk digunakan sepeda motor.

Namun bagaimana jika memang keadaan membuat pilihan jatuh pada mudik pake motor? Apa saja yang perlu diperhatikan? 

Tips Mudik dengan Motor yang Aman Sampai Tujuan

Jika memang perjalanan akan memakan waktu yang lama, pastikan tidur cukup malam sebelumnya, kisaran 6-7 jam lebih baik. Cek kondisi tubuh, jika tidak memungkinkan untuk berpuasa maka jangan memaksa diri. Teriknya perjalanan akan membuat pengemudi juga membutuhkan banyak minum air untuk tetap fokus dalam berkendara dan mencegah dehidrasi.

  1. Perhatikan kendaraan yang akan digunakan mudik

Sepeda motor yang akan disiapkan untuk perjalanan jauh sebaiknya diperhatikan perawatannya. Seperti ganti oli jika sudah pernah menempuh perjalanan hingga 2000 km, dan tambahkan oli jika perlu. Selain itu ganti ban depan dan belakang jika sudah tipis serta cek tekanan anginnya. Yang utama lagi adalah kondisi rem dan lampu atau aki motor harus dalam kondisi terbaiknya.

Selain kondisi motor, perlengkapan lain yang menunjang seperti jas hujan, obat-obatan, hingga peta perjalanan sehingga anda siap menerjang lalu lintas.

Pakailah sepatu yang nyaman untuk menyetir mudik motor, jangan gunakan sandal jepit karena mudah selip dan lepas, atau pun sepatu dengan hak. Walaupun menggunakan motor matic, sepatu yang nyaman membuat anda lebih lincah menyeimbangkan motor. Selain itu gunakan jaket maupun pelindung angin agar tidak mudah masuk angin.

Saran dari kami, gunakan masker untuk melindungi anda dari polusi. Untuk menghindari lecet pada tangan, sarung tangan menyetir juga dapat dimanfaatkan.

Motor juga memiliki kapasitas maksimal berat yang dapat dibawanya. Supaya tidak memaksa dan menyebabkan motor berat dan mudah rusak, sesuaikan dengan jenis motor anda. Tips mudik pakai motor matic, maksimal anda dapat membawa total 150 kg termasuk anda dan penumpang. Sedangkan untuk motor bebek juga berlaku sama. Bagi penumpang wanita sebaiknya jangan duduk menyamping agar lebih waspada dan aman. Jika menggunakan rok yang menjuntai perhatikan seksama agar tidak tersangkut pada ban dan rantai motor.

Perjalanan yang panjang pasti cukup melelahkan bagi pengendara motor. Jika tidak ada partner bergantian menyetir, gunakan waktu makan dan beribadah untuk beristirahat sejenak. Kantuk adalah musuh utama dalam menyetir kendaraan apa saja. Sehingga tidur sejenak juga bisa dilakukan selagi istirahat jika mulai mengantuk. Jangan terlalu lama sehingga anda dapat berkonsentrasi menyetir kembali.

Lalu lintas dasarnya dibuat supaya perjalanan mudik aman dengan sepeda motor. Hal-hal seperti melanggar lampu merah, naik ke atas trotoar hingga melewati palang pintu kereta sangat berbahaya dilakukan. Pelanggaran yang anda lakukan jika terciduk akan memperlambat perjalanan anda bukan?

Dengan memperhatikan Tips Mudik Dengan Motor di atas, maka pasti perjalanan anda akan lebih aman. Jangan lupa batasi barang bawaan anda, karena berpotensi mengganggu keseimbangan. Jika bepergian dengan anak kecil, pastikan duduk di tengah, bukan di depan supaya terlindung di perjalanan.