logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
8 Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan
8 Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan
gojek / 24 Feb 2024

Apa yang pertama terlintas di pikiran saat mendengar kata mudik? Menyenangkan karena akan bertemu keluarga? Liburan rame-rame? Mulai berburu tiket menuju kampung halaman? Mengumpulkan cuti untuk memperpanjang masa mudik? Atau malah terbayang kemacetan dan padatnya lalu lintas saat berkendara? Saatnya Anda mencari tahu tips mudik aman dan nyaman.

Seperti pepatah lama, banyak jalan menuju Roma, cara pulang menuju ke kampung halaman juga beragam. Dan dari beragam cara ini juga dapat dipilih sesuai preferensi masing-masing. Kadang karena ada tujuan yang hanya dapat ditempuh melalui jalur laut saja sehingga kemudian pemudik banyak menggunakan kapal untuk pulang.

Lain halnya jika sudah ada transportasi darat yang menuju kampung halaman, seperti kereta api atau bahkan jalan tol. Sehingga makin banyak pilihan untuk pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan. Walaupun begitu, karena tingginya arus mudik, tetap saja akan ada kepadatan dan tingginya permintaan untuk transportasi mulai dari H-6 hari raya lebaran.

Tips mudik aman di bawah ini perlu diperhatikan, terutama bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan di tahun ini. Dengan berkembangnya zaman dan makin banyaknya pilihan transportasi yang dapat digunakan, maka persiapan mudik lebaran pun juga dapat berbeda dari tahun ke tahun.

8 Tips Mudik Aman dan Nyaman

Jika anda berencana menyetir sendiri atau menggunakan kendaraan sewaan, cek kondisi kendaraan dan pastikan kuat untuk perjalanan jauh anda. Tentunya jangan sampai terjadi masalah di tengah jalan agar tidak memperlambat perjalanan anda.

Tentunya anda tidak ingin direpotkan dengan pakaian pesta saat anda hanya perlu duduk sepanjang perjalanan kan? Atau menggunakan high heels ketika anda perlu mengejar bus atau kereta? Gunakan pakaian yang nyaman sehingga tidak mengganggu perjalanan anda saat mudik, apalagi jika barang bawaan anda tidak hanya satu.

Uang tunai memang dibutuhkan dalam perjalanan, misal untuk membayar parkir, membeli makanan di pinggir jalan, atau untuk berbelanja. Namun karena dalam suasana mudik anda akan bertemu dengan kerumunan orang, ada baiknya untuk membawa uang tunai secukupnya, atau dapat anda bagi ke beberapa kantong yang dapat anda raih dengan mudah. Kini sudah ada solusi lain untuk membayar tanpa tunai, yaitu dengan GO-PAY yang diterima luas di berbagai merchant di Indonesia.

Kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan dan sasaran empuk. Sehingga simpan dulu perhiasan kesayangan anda untuk mudik aman tanpa takut kena jambret di tempat umum.

Pemberian dari orang yang baru saja anda kenal di kereta tidak terdengar aman bukan? Karena banyak kasus dimana makanan atau minuman yang diberikan dicampur dengan obat-obatan tertentu agar anda lengah terhadap bawaan anda. Maka lebih baik jika anda membawa perlengkapan mudik sendiri termasuk makanan dan obat-obatan. Jika tidak, anda tetap dapat membeli sepanjang perjalanan.

Hal ini akan sangat berguna untuk mengecek perjalanan anda sudah sampai dimana, dan juga anda dapat memanfaatkannya untuk mengetahui lokasi anak, suami, atau istri jika sempat terpisah di jalan. Gunakan fitur share location pada Google Maps yang dapat diakses anda dan pasangan.

Jika anda agak bingung pada rute ataupun kendaraan transit yang anda gunakan selama perjalanan, segera cari pihak yang berwenang. Seperti petugas keamanan atau yang bertugas pada transportasi yang anda gunakan. Sehingga informasi yang anda cari terjamin valid dan tidak menyesatkan.

Tips aman saat mudik lainnya, jangan biarkan pikiran anda kosong, usahakan agar tetap percaya diri sehingga para pelaku kejahatan juga tidak berani mendekati anda dan keluarga.

Secara garis besar dan dasar dari segala tips mudik aman dan nyaman di atas akan dapat dilakukan jika anda dalam keadaan sehat. Sehingga tetap jaga kesehatan anda dan keluarga supaya tetap dapat menjalani mudik dengan nyaman hingga sampai tujuan.