logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Jaga Kesehatan Saat Lebaran dengan Tips Lebaran Sehat dari GOJEK
Jaga Kesehatan Saat Lebaran dengan Tips Lebaran Sehat dari GOJEK
gojek / 24 Feb 2024

Nah setelah sebulan berpuasa, pada hari lebaran ini tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Sehingga umumnya pada acara silaturahim keluarga, banyak makanan saat lebaran menyebabkan kebanyakan orang menjadi kalap. Apalagi jika makanannya enak-enak bukan?

Menu untuk lebaran memang bervariasi bagi tiap keluarga. Yang umum ada saat lebaran antara lain opor ayam dengan ketupat. Selain itu juga variasi hidangan daging sapi seperti semur, rendang yang dilengkapi dengan sambal ati ampela atau sambal goreng kentang.

Tidak ketinggalan lontong sayur, semur jengkol, sayur nangka yang banyak ditemui saat lebaran. Masakan dengan santan seperti kari ayam, kari kambing juga menjadi sasaran. Dan masih banyak lagi masakan khas istimewa yang bermunculan saat lebaran. Sangat menggugah selera, dan nikmat sekali disantap setelah melaksanakan shalat Ied.

Belum lagi jika banyak kue kering yang biasanya disediakan saat lebaran. Variasi kue kering yang menggoda mulai dari nastar, kukis cokelat, puteri salju, lidah kucing, hingga kastengel sulit untuk ditolak. Bagaimana kabar diet yang dilakukan selama berpuasa?

Dengan banyaknya menu lebaran yang tersedia saat berkunjung ke sanak saudara, tentunya harus tetap menahan diri untuk tidak makan secara berlebihan. 

Berikut 5 Tips Lebaran Sehat Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Selama Lebaran.

Setelah memiliki pola makan selama puasa, tubuh akan kaget jika langsung diisi makanan dalam jumlah besar sekaligus. Apalagi karena belum terbiasa makan pagi dan makan siang. Karena itu lebih baik jika anda mengambil dalam porsi kecil dengan jeda. Selain itu dengan porsi kecil, anda juga memiliki kesempatan untuk mencoba semua macam hidangan lebaran yang disajikan bukan?

Sayur dapat mencegah potensi sembelit. Sayur dan buah juga dapat memiliki kebutuhan serat dan vitamin yang kurang terpenuhi selama berpuasa. Anda dapat mengurangi kuah santan pada sayur jika mengandung santan agar asam lambung tidak terangsang untuk naik.

Banyaknya jajanan dan makanan ringan lebaran yang mengandung gula sebaiknya dibatasi konsumsinya. Memang pasti ada godaan untuk makan dalam jumlah besar, namun karena dapat meningkatkan gula darah yang berefek pada mual atau malah lemas, perhatikan manis-manis yang anda makan ya.

Makan terlalu cepat dapat mengurangi kontrol anda akan jumlah makanan yang masuk ke perut. Sehingga coba makan perlahan dengan santai dan berhenti setelah merasa kenyang.

Perubahan pola makan setelah puasa sebaiknya diberi masa transisi. Coba mulai kebiasaan makan anda kembali sehari setelah hari raya. Bila perlu tambahkan konsumsi probiotik dari yoghurt, keju untuk melancarkan pencernaan anda.

Pola makan sehat yang sudah dipupuk selama Ramadhan bisa diaplikasikan kembali setelah hari raya. Masa-masa lebaran ini jangan dijadikan kesempatan untuk balas dendam akan hidangan yang belum kesampaian saat berpuasa. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih daripada es buah yang manis. Tetap ingat bahwa keseimbangan nutrisi pada makanan adalah kunci tips lebaran sehat kali ini.