logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Temukan Cara Hidup Bahagia yang Mudah ala GOJEK
Temukan Cara Hidup Bahagia yang Mudah ala GOJEK
gojek / 24 Feb 2024

Hai GOJEKers,

Di tengah dunia yang semakin penuh tuntutan seperti sekarang ini, perasaan bahagia rasanya makin sulit dirasakan. Sering melihat raut wajah cemberut ketika naik KRL atau teman kuliah/ rekan kerja kamu yang ketika disapa seperti dirundung berbagai masalah? Atau kamu merasa kalau kondisi tersebut sangat tepat menggambarkan diri kamu sendiri? Untuk yang terakhir, cobalah tanyakan ke diri kamu sendiri: “apakah saya bahagia?” 

Sekedar info, tahu gak sih, ternyata kebahagiaan seseorang 75% berpengaruh terhadap performa dari pekerjaan yang ia lakukan dan juga ke kesehatan mental serta fisiknya. Nah, berarti penting banget kan untuk tahu seberapa bahagia kamu dan bagaimana sih caranya untuk bisa hidup bahagia? 

Tips hidup bahagia ala GOJEK yang bisa kamu coba 

Tahu kelemahan dan kelebihan dirimu 

Nggak ada hal lain yang bisa membuatmu bahagia selain dirimu sendiri. Kenapa sih penting untuk tahu kelemahan dan kelebihan diri? Karena ketika kamu tahu kelemahan dirimu sendiri, maka kamu bisa menerima diri lebih baik dan work on it dengan kelebihan yang kamu punya! Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pekerjaan kamu 100% dan itu dijamin akan lebih membahagiakan ketika kamu terus memikirkan kelemahan dan gak melakukan apapun. Menurut “The Subtle Art of Not Giving A Fuck” yang ditulis oleh Mark Hanson, ketika kamu tahu siapa dirimu dan nggak peduli apapun kata orang tentang hal tentangmu, maka kamu akan mampu menjalani apapun. Dengan begitu, pastinya kamu pun jauh lebih bahagia!

Me-Time secara rutin

Cara hidup bahagia tak perlu memghabiskan banyak uang. Sendirian juga bisa. Setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan, me-time itu bisa banget loh untuk membuat kamu lebih bahagia. Kamu bisa membeli makanan kesukaan kamu seperti martabak, pizza, atau apapun deh yang penting happy! Atau kamu bisa mendengarkan playlist favorit kamu sambil duduk santai di kamar dengan aromaterapi. Relaxing banget, kan?

Bersyukur!

Memang bersyukur itu lebih mudah dipahami dibanding dilakukan, tapi ketika kamu bersyukur maka kamu akan melihat segala sesuatu dengan positif. Ketika kamu gak bersyukur nih, segala tekanan akan berimbas pada keluhan dan kamu cenderung akan kehilangan fokus untuk melihat solusi sebuah permasalahan. Jadi, mulailah dari sekarang mencoba untuk bersyukur dan melihat semua yang terjadi ke kamu secara positif biar kamu bisa lebih tenang menghadapinya.

Buat kebiasaan baru 

Kebiasaan bukanlah sesuatu yang pasti. Kebiasaan bisa dirubah. Bingung bagaimana caranya membuat kebiasaan baru dan positif untuk hidup lebih bahagia? Kamu bisa memulainya dengan membaca buku sebelum tidur atau setelah bangun tidur atau mulai meditasi sebelum mulai siap-siap berkegiatan selama 20 menit. Cobalah rutinitas barumu selama 1 minggu penuh. Mungkin akan sulit, tapi ketika kamu konsisten pasti kamu akan jauh lebih happy dibanding hari-hari sebelumnya. Kebiasaan baru itu akan membuat kamu lebih excited dan pastinya kamu bahagia ketika bisa melakukan itu. 

Make friends! 

Selain dari diri sendiri, sumber hidup bahagia yang utama adalah orang lain. Ketika kamu punya temen entah banyak atau sedikit, yang menentukan ukuran kebahagiaanmu adalah kualitas bukannya jumlah. Saat kamu berteman dengan berlandaskan kualitas, maka kamu akan lebih senang menjalani rutinitas karena kamu tahu kalau kamu nggak sendirian. Ketika bersama teman-teman, kamu pun dapat bercerita mengenai kehidupan masing-masing, bercanda, dan bekerja sama untuk mencari solusi. Makanya, jangan lupa untuk ajak temen kamu nongkrong bareng di kedai kopi biasa ya!

Hidup bahagia bukanlah takdir melainkan pilihan. Semuanya dimulai dari dirimu sendiri, entah itu untuk membuat kebiasaan baru, meluangkan waktu untuk mengenali dirimu sendiri, atau memutuskan untuk berteman. Apapun yang kamu inginkan termasuk berbahagia, #PastiAdaJalan kok!  

Kalau kamu merasa tips hidup bahagia ini bermanfaat untuk kamu, jangan lupa dilakuin dan share ke temen-temen kamu ya. Ikuti juga berita-berita terbaru dari GOJEK yang selalu punya sejuta cara membuat hidupmu lebih mudah dan berbahagia.