logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Tetap Aktif Saat Hamil, Ini Tempat Senam Hamil di Medan
Tetap Aktif Saat Hamil, Ini Tempat Senam Hamil di Medan
gojek / 24 Feb 2024

Hai Gojekers, 

Memasuki usia kehamilan 7 bulan, para ibu hamil biasanya mulai sibuk mempersiapkan persalinan. Menjelang persalinan tersebut salah satu jenis persiapannya adalah dengan aktivitas olahraga atau senam hamil. Meski tidak wajib, senam hamil sangat dianjurkan untuk wanita hamil. Tujuannya, agar proses melahirkan lebih mulus dan ibu lebih siap secara fisik dan mental saat persalinan tiba. Di Medan sendiri, ada beberapa tempat atau rumah sakit yang menyediakan pelayanan khusus senam hamil loh. Lokasinya ada di mana saja ya? Berikut ini daftarnya.

6 Rekomendasi Tempat Senam Hamil Di Medan

Dok: Facebook/RSIA Stella Maris

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Stella Maris adalah salah satu pusat pelayanan terpadu yang melayani kesehatan wanita dan anak di Kota Medan. Warga Medan pasti sudah tahulah soal kualitas tenaga medis di rumah sakit ini yang tidak diragukan lagi. Makanya, banyak ibu-ibu yang menjalani proses persalinan di sini.

Selain itu, RSIA Stella Maris termasuk salah satu tempat senam hamil yang banyak dipilih para ibu hamil di Medan. Kelas khusus ini diberi nama Yophytta Materna. Stella Maris mengadakan senam khusus ibu hamil setiap hari Sabtu (10.00-11.30) serta Minggu (10.00-11.30 dan 14.00-15.30).

Menariknya nih, ada penawaran senam hamil gratis seminggu sekali dengan total 10x pertemuan. Asalkan, para ibu sudah booking kamar melahirkan dan dokter yang akan menangani saat persalinan nanti. Bagi yang sudah memasuki usia kandungan 6 bulan ke atas, harus benar-benar jaga calon bayinya ya. 

Alamat: Jalan Samanhudi No.20, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dok: Klinik Pratama Rumah Zakat Cabang Medan

Tempat senam hamil di Medan berikutnya ada di Klinik Pratama Rumah Zakat Cabang Medan. Di sini, para ibu hamil bisa mengikuti kegiatan senam hamil dan yoga. Dua kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap dua pekan sekali dalam sebulan. Satu kali pertemuan diikuti 8 orang peserta ibu hamil. Kelas dimulai pukul 10.45 WIB. Biasanya, ibu-ibu hamil yang datang ke sini sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga (7 bulan). Jadi, datang pun diusahakan tidak sendirian dan kalau bisa naik kendaraan yang benar-benar aman.

Nah, buat kamu yang mau senam hamil ke sini, sebaiknya ajak keluarga ya untuk menemani. Coba naik GoCar L kalau jumlah keluarga kamu lebih dari 5, biar lebih nyaman selama perjalanan. Di Rumah Zakat ini, kamu juga bisa berdonasi lewat GoPay lho. Jadi, kalau kamu ke sini mau sekalian berdonasi dengan GoPay, tinggal scan QR code aja deh.

Alamat: Jalan Setia Budi No.46 Tanjung sari, Medan.

Kamu yang tinggal di daerah Kota Matsum sekitarnya, ada rekomendasi tempat senam hamil terdekat nih, di Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah. Setiap Sabtu pekan ke-2 dan ke-4, klinik ini mengadakan kelas prenatal (edukasi kehamilan dan persiapan menyusui), serta senam hamil. Khusus kelas senam hamil, disesuaikan dengan usia kehamilan di atas 6 bulan.

Sudah banyak loh para ibu yang memperoleh manfaat dari latihan ini. Salah satunya, proses persalinan lebih cepat karena ibu sudah terlatih mengeluarkan banyak energi selama rutin mengikuti senam hamil. 

Alamat: Jalan Utama No.211 Simpang Jalan Ismailiyah, Kota Matsum II, Medan Area, Kota Medan.

Dok: Website Rumah Sehat Kasih Bunda Medan

Ingin melahirkan dengan nyaman dan lancar? Yuk, rutin ikut senam hamil di Rumah Sehat Kasih Bunda! Soalnya, setiap Sabtu pukul 09.00-11.30 WIB, tempat ini menyediakan layanan senam hamil yang berbeda dari yang lain. Para ibu dengan usia kehamilan minimal 20 minggu, sudah dapat bergabung bersama di Kelas LEGY Dance. Menariknya lagi, kamu bakal diajarkan tarian persalinan juga. 

Duh, penasaran kan itu kayak gimana? Nggak usah nunggu lama, buruan deh daftarkan diri ke sini. Apalagi, daerahnya juga strategis. Sehabis senam hamil, biasanya lapar melanda, biar lebih praktis dan cepat order aja pakai GoFood. Sampe rumah, tinggal makan deh.

Alamat: Jalan Ngumban Subakti, Bunga Sedap Malam 3 No.2, Sempakata, Medan Selayang.

Dok: Website Sarah Hospital

RSU Sarah merupakan salah satu rumah sakit umum terpercaya di Medan yang menawarkan program Senam Hamil bagi ibu dengan usia kehamilan 5 bulan ke atas.Program Senam Hamil di sini disebut Senam Yophytta. Kamu bisa mendapatkan layanan ini secara gratis. Dengan catatan, sudah booking Paket Melahirkan di RSU Sarah ya.

Kalau kamu merasa lokasinya agak jauh dari rumahmu, jangan pusing ya. Karena, semua itu #PastiAdaJalan dengan layanan GoCar yang bisa antar-jemput kamu senyaman mungkin. Nanti bayarnya bisa pakai GoPay, jadi nggak repot ngeluarin uang dari dompet. 

Alamat: Jalan Baja Raya No. 10, Petisah Tengah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dok: Website Rumah Sakit Hermina 

Di sini, tersedia pula fasilitas kursus yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan si jabang bayi. Di antaranya, kursus prapersalinan dan menyusui, perawatan bayi, pijat bayi, senam nifas, dan senam hamil.

Untuk jadwal senam hamil di RS Hermina Medan dilaksanakan setiap hari Rabu (16.00-17.00 WIB) dan Sabtu (10.00-11.00 WIB). Kamu boleh banget loh mengajak para ibu hamil lainnya untuk bareng mengikuti senam hamil di sini secara rutin. Apalagi, bakal dapat edukasi seputar menyusui dari konselor laktasi RS Hermina Medan.

Alamat: Jalan Asrama, Sei Sikambing C. II, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan.

Menjelang persalinan, sebaiknya ibu hamil tidak boleh stres. Itu akan berpengaruh pada kondisi si buah hati dalam kandungan. Seumpama kamu ingin lebih tahu persiapan atau hal apa saja seputar kehamilan, ada layanan GoMed yang bisa dicoba. Layanan ini merupakan kolaborasi Gojek dengan Halodoc untuk memenuhi kebutuhan medis masyarakat. Kamu Selain bisa konsultasi dan bertanya lewat chat dengan dokter-dokter di Halodoc, melalui GoMed kamu pun dapat membeli obat-obatan, vitamin, dan kebutuhan medis lainnya di apotek berlisensi. Persiapan kamu jadi seorang ibu makin mantap kan?

Nah, demikianlah rekomendasi tempat senam hamil di Kota Medan. Pokoknya, kamu nggak perlu bingung lagi, karena dengan Gojek #PastiAdaJalan untuk datang dan rutin mengikuti senam hamil. Semoga kamu para ibu dan calon bayinya selalu sehat ya!