logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Hobi Ngopi? Ini Tempat Ngopi di Medan yang Bernuansa Tempoe Doeloe
Hobi Ngopi? Ini Tempat Ngopi di Medan yang Bernuansa Tempoe Doeloe
gojek / 24 Feb 2024

Hai Gojekers,

Kamu lebih suka kopi hitam atau kopi susu? Pilih kopi panas atau kopi dingin? Apapun seleramu, kopi kini bukan lagi minuman yang cuma digemari orang tua. Kebiasaan ngopi juga sudah jadi bagian dari gaya hidup kaum milenial. Nggak heran banyaknya cafe baru yang buka di Medan bagaikan jamur di musim hujan. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, lantas enaknya nongkrong di mana nih?

Meski cafe-cafe baru yang kekinian bermunculan, beberapa tempat kopi jadul di Medan tetaplah ramai dikunjungi justru karena seduhan kopi pekatnya serta suasana tradisional khas tempoe doeloe. Ada enggak tempat ngopi Medan favoritmu di bawah sini?

6 Rekomendasi Tempat Ngopi di Medan yang Asik

Tepat di sebelah Gedung Juang ‘45 Sumut yang bernilai sejarah tinggi, outlet Repvblik Kopi adalah tempat kamu bisa menikmati secangkir kopi nikmat jika kebetulan melintas di Jalan Pemuda. Eksterior dan interiornya bermodel klasik, lengkap dengan berbagai foto hitam putih di dindingnya sehingga terlihat sepadan dengan bangunan bersejarah di sampingnya. 

Satu lagi hal menarik lainnya adalah kedai ini menjual minuman unik bernama Kopi Simpanan Mertua, yaitu kopi yang mengalami proses penuaan hingga 3 tahun. Seperti apa rasanya? Kamu bisa cobain dengan datang langsung ke tokonya, tapi tahu sendiri kan macetnya jalan pemuda kayak apa. Daripada mood kamu jelek karena capek menghadapi macet, mending naik GoRide aja!

Alamat: Jl. Pemuda No. 19 F-G Medan. Tersedia pemesanan via GoFood

Dok: Wordpress/kopiongmedan

Suasana jadul nan oriental begitu kental terasa di kedai Kopi Ong. Konon kedai ini didirikan pada tahun 1968 lho! Biar lebih terasa jadulnya, daftar menunya sengaja didesain seperti kertas usang dan memakai ejaan lama, misalnya Kopi Toebroek, Kopi Soesoe, Kopi Kotjok, dan sebagainya. Kamu bisa menikmati kopinya dengan didampingi kudapan seperti roti bakar dan pisang goreng. Kalau kamu mau sambil santai menikmati sore di teras rumah, bisa pesan via GoFood ya!

Alamat:

Jl. Dr. Mansyur No 39 Medan

Jl. Kapt. Muslim Dwi Kora, Medan Helvetia

Dok: Instagram/macehatcoffee

Kalau tidak memperhatikan baik-baik, siapapun bisa saja melewatkan kedai kopi ini tanpa menyadari keberadaannya. Gimana nggak, pintu masuknya yang menghadap ke jalan kecil biasanya tertutup meskipun ditempeli foto-foto menu kopinya. Pendatang baru mungkin akan ragu melihatnya tapi untunglah ada plang nama besar Macehat yang setidaknya bisa meyakinkan orang-orang untuk masuk. 

Bagi para penikmat kopi Medan, Macehat dikenal luas karena racikan menu Avocado Coffee yang juara dan kesederhanaan tempatnya, kecil tapi terasa homey. Toko ini selalu ramai pengunjung, kalau lagi males sempit-sempitan dengan pengunjung lain, kamu bisa pesan kopinya dari fitur GoFood di aplikasi Gojek.

Alamat: Jl.Karo No.20, Medan

Dok: Instagram/waknoer

Tempat kopi Medan ini adalah salah satu kedai kopi yang cukup tenar di kalangan milenial Kota Medan. Interiornya didesain vintage namun tetap elegan dan instagrammable. Nggak seperti beberapa kedai kopi di atas, Wak Noer menyajikan berbagai menu berat (main course) biar pengunjung bisa berlama-lama di sana. Buat kamu yang nggak sempat mampir tapi pingin menikmati sajiannya, tenang! Wak Noer sudah ada di GoFood, tinggal buka aplikasi Gojek untuk GoFood-in makanan pilihan kamu deh!

Alamat: Jalan Uskup Agung no 15 Medan 

Dok: Instagram/qqkopitiamresto

Kalau nge-mall, kopitiam asli Medan bergaya tempoe doeloe yang bisa dengan mudah kamu jumpai adalah QQ Kopitiam. Kedai kopi ini dapat berkembang pesat hingga kini merambah kota-kota di luar Medan, seperti Jakarta dan Tangerang bukan hanya karena menu yang variatif dan rasa yang nikmat, tapi tentu juga karena harganya yang ramah di kantong. Lokasinya yang ada di dalam mall, bikin kamu susah buat dapat parkiran apalagi waktu weekend. Biar nggak repot, naik GoCar aja! Satu lagi, jangan lupa nikmati cashback dan kemudahan pembayaran via GoPay disini.

Alamat: Sun Plaza Medan, Thamrin Plaza Medan, Centre Point Medan. Bisa dipesan via GoFood

Dok: Instagram/koktong.id

Dari sebuah kedai kopi sederhana di Kota Pematang Siantar, Kopi Kok Tong yang legendaris itu kini sudah mempunyai beberapa cabang dengan konsep yang lebih modern. Akan tetapi brand yang sudah berusia hampir seabad ini masih mempertahankan cara seduh kopinya yang manual.

Karena pelanggan kedai Kopi Kok Tong biasanya didominasi oleh kalangan pria paruh baya, sering kali bau asap rokok menjadi tidak terhindarkan di sini. Jika menurut kamu kurang nyaman tapi tetap ingin menikmati seduhan kopi hitamnya yang harum, kamu bisa pesan via GoFood sekalian sama aneka makanan pendampingnya. 

Alamat: Sun Plaza, Plaza Medan Fair

Nah itu dia beberapa referensi tempat ngopi di Medan yang memiliki kesan jadul tapi rasa kopinya mantul. Kalau kamu lebih suka yang mana? Nggak ada salahnya untuk mencoba semua kopi enak di Medan tadi satu persatu dan tentukan yang paling cocok dengan seleramu. Dengan Gojek  #PastiAdaJalan untuk mempermudah eksplorasi mencicipi kopimu!