GOJEK App

One app for every need

5 Alasan Anak Muda Indonesia Jadi Penemu yang Hebat

5 Alasan Anak Muda Indonesia Jadi Penemu yang Hebat
Gojek / 24 Jul 2019

Hai GOJEKers, 

Di era revolusi industri 4.0, banyak sekali penemuan baru yang tidak terduga. Indonesia dengan 250 juta penduduk memiliki banyak sekali ide kreatif dan inovatif yang setiap hari kamu temukan dan mungkin kamu konsumsi serta gunakan sehari-hari seperti es kopi susu gula aren, tongsis (tongkat selfie), donat indomie, atau bahkan augmented reality di kartu KRL Commuter Line. Semua penemuan menakjubkan itu tak lain berasal dari penemu asal Indonesia. 

Orang Indonesia yang berpikir cerdik mayoritasnya adalah anak-anak muda. Kenapa mereka bisa mencetuskan ide-ide menarik ini? Alasan apa sih yang mendasari kecerdikan mereka dalam memilah dan memilih solusi dari persoalan yang muncul di kehidupan sehari-hari? Simak deh alasan kenapa penemu di Indonesia mampu menciptakan barang-barang unik berikut ini:

Alasan Dibalik Kreatifitas Para Penemu Indonesia

Punya Empati untuk Orang Lain

Penemu Indonesia yang bisa menciptakan hal unik tapi menarik dimulai dari adanya empati. Empati adalah kepekaan terhadap apa yang terjadi di sekitar dan mampu untuk memposisikan diri menjadi orang lain sehingga bisa bertindak sesuai dengan keadaan tersebut. Orang Indonesia harus jago berempati karena kita punya budaya kolektivis yang membuat kita mudah untuk berinteraksi dengan orang lain sebagai saudara. 

Menyelesaikan Akar Permasalahan di Masyarakat

Penemuan yang unik di Indonesia berangkat dari permasalahan yang dihadapi sehari-hari oleh orang banyak. Namun, hanya segelintir orang yang mampu memahami masalah dasar tersebut. Sebagai contoh, ketika ada augmented reality  untuk rute KRL Commuter Line, masalah yang ditemukan penemunya adalah orang lain sulit untuk tahu rute KRL sehingga ia menciptakan AR di kartu untuk di scan lewat kamera HP. Sekali scan langsung keluar rute lengkapnya. Keren banget, kan?

Ada Nilai Kebersamaan

Nilai di Indonesia yang paling penting adalah kebersamaan. Kebersamaan juga alasan kenapa bisa ada yang namanya tongsis, loh. Tahu nggak kenapa? Karena nilai kebersamaan terasa ketika foto rame-rame dan daripada bergantian untuk foto maka tongsis bisa memudahkan banyak orang untuk bisa sekali jepret dengan tombol canggihnya mengabadikan momen berharga dengan orang tercinta dan pastinya gak ribet!

Kerjain Aja Dulu 

Hal terakhir yang jadi alasan kenapa banyak penemu di Indonesia yang kreatif adalah mereka tidak wacana alias langsung eksekusi ide yang mereka punya berdasarkan data yang udah mereka dapatkan. Ketika mereka kerjain, mereka juga terbuka dengan banyak masukan dari orang lain untuk mengembangkan inovasinya. 
Kesimpulannya, banyak penemu asal Indonesia mampu menghasilkan solusi unik dan inovatif karena nilai yang dianut bangsa kita sendiri. Alasan kuat yang mereka miliki terpancar dari nilai-nilai kebersamaan di tengah kita untuk menghadirkan solusi yang update dan membantu banyak orang. Jadi, apakah kamu akan menjadi penemu asal Indonesia berikutnya yang punya semangat memecahkan masalah? Asah kreativitasmu, #PastiAdaJalan untuk jadi penemu inovatif berikut dan menghasilkan karya anak bangsa yang membanggakan!