logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Sekarang, akses PeduliLindungi bisa langsung dari aplikasi Gojek!
Sekarang, akses PeduliLindungi bisa langsung dari aplikasi Gojek!
gojek / 21 Sep 2021

Hai Gojekers,

Di tengah masa yang menantang seperti sekarang, keselamatan dan kesehatan tentu saja jadi prioritas yang utama. Masyarakat diimbau untuk disiplin menerapkan 3M serta patuh mendownload aplikasi yang membantu mencatat kontak tracing untuk melacak dan memantau kontak erat sebaran Covid-19. Kabar baik bagi kita semua, kamu nggak perlu lagi repot download aplikasi baru untuk membantu melacak kontak. Sekarang, kamu bisa mengakses PeduliLindungi langsung dari Gojek dan Tokopedia!

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dikelola oleh Kemenkes RI untuk membantu pengendalian COVID-19. Dalam menggunakan PeduliLindungi secara optimal, partisipasi kamu sangat diperlukan dengan cara membagikan data lokasimu saat bepergian ke tempat umum agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. Jadi kita semua bisa sama-sama aman.

Integrasi aplikasi PeduliLindungi ke dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia akan memudahkan upaya kontak tracing kamu dan sesama. Kamu bisa mengakses PeduliLindungi dari aplikasi Gojek dan scan kode QR langsung dari aplikasi Gojek sebelum memasuki tempat umum seperti mall, area perkantoran, dan lain sebagainya. 

Penting untuk kamu perhatikan: semua data kontak tracing kamu akan direkam oleh PeduliLindungi, namun Gojek dan Tokopedia tidak menyimpan data tersebut.

Cara Check-in PeduliLindungi dari aplikasi Gojek: 

  1. Klik tombol ‘Check in’ di halaman utama aplikasi Gojek atau klik banner ini di halaman utama aplikasi Gojek
  2. Aktifkan lokasi dan mulai mengisi data dirimu (nama lengkap dan KTP). Untuk mempersingkat waktu dan menghindari antrian, kamu bisa mulai mengisi data diri sebelum tiba di lokasi. 
  3. Baca syarat dan ketentuan lalu tandai setuju untuk lanjut.
  4. Aktifkan kamera dan pindai kode QR sebelum memasuki tempat umum.
  5. Tunjukkan hasil kode scan QR ke penjaga pintu masuk

Cara Check-Out PeduliLindungi dari aplikasi Gojek: 

  1. Klik tombol di halaman utama aplikasi Gojek
  2. Aktifkan kamera dan pindai kode Check-out QR setelah memasuki tempat umum menggunakan aplikasi Gojek. 

Gampang banget kan? Nggak perlu repot lagi download aplikasi baru untuk kontak tracing selama kamu bepergian keluar. Yuk cobain.

Akses Pedulilindungi


FAQ PeduliLindungi di Aplikasi Gojek 

Informasi Umum

Apakah yang dimaksud dengan fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia?

Fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia adalah sebuah fitur berbasiskan integrasi sistem sebagai hasil kerja sama resmi antara GoTo Group dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Fitur ini memungkinkan pengguna kedua aplikasi tersebut melakukan scan QR Code pada waktu check-in dan check-out di lokasi publik langsung dalam aplikasi, tanpa harus mengunduh aplikasi lain.

Siapa sajakah yang dapat menggunakan fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia?

Saat ini, fitur dalam aplikasi Gojek ini hanya dapat digunakan oleh WNI maupun WNA yang telah memiliki NIK.

Bagaimanakah cara menggunakan fitur PeduliLindungi dalam aplikasi Gojek?

Pengguna yang telah mendapatkan fitur ini dapat mengklik icon Check In di halaman utama aplikasi Gojek (tersedia di sistem operasi Android saja). Masukkan nama lengkap serta NIK untuk pendaftaran awal, lalu klik Lanjut Scan QR sambil mengarahkan kamera ke QR Code di pintu masuk. Tunjukkan hasil check-in ke petugas di pintu masuk dan jangan memasuki tempat jika hasil check-in berwarna merah atau hitam. 

Keamanan Data Pribadi

Apa sajakah data pribadi yang harus saya berikan?

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna diharuskan memasukkan nama lengkap dan NIK yang akan divalidasi sistem PeduliLindungi dan Dukcapil untuk kesesuaiannya.

Apakah data pribadi yang saya berikan aman?

Fitur ini tidak menyimpan data pribadi dalam kedua aplikasi Gojek dan Tokopedia, melainkan hanya meneruskan data pengguna ke sistem PeduliLindungi dan Dukcapil untuk melakukan validasi NIK. Data pribadi dikirimkan langsung secara aman ke PeduliLindungi dengan standar industri terkait keamanan transmisi data.

Data apa sajakah yang dikumpulkan dan disimpan oleh Gojek dan Tokopedia secara langsung untuk integrasi ini?

Data pengguna yang sudah melakukan validasi NIK disimpan dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia dengan hanya berupa token terenkripsi yang secara desain tidak dapat digunakan oleh kedua aplikasi untuk mengidentifikasi pengguna secara individu. Data ini tidak disimpan di server Gojek maupun Tokopedia. Kedua aplikasi juga tidak menyimpan data lokasi saat check-in dan check-out ataupun meneruskannya ke sistem lainnya.

Data apa sajakah yang dikumpulkan dan disimpan oleh Gojek dan Tokopedia yang secara tidak langsung berkaitan dengan integrasi ini?

Gojek dan Tokopedia mengumpulkan data jumlah pengunjung secara agregat untuk keperluan pemeliharaan dan pengembangan sistem. Agregasi tidak dilakukan dalam level individu, kelompok, maupun lokasi.

Kendala Penggunaan

Saya tidak dapat menemukan icon Check-In dalam aplikasi Gojek atau icon PeduliLindungi dalam aplikasi Tokopedia.

Fitur ini dikembangkan secara bertahap dan akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam waktu dekat.

Saya mendapatkan pesan error “sesuaikan nama dan NIK Anda dengan KTP”. 

Mohon untuk memeriksa apakah nama lengkap dan NIK Anda sesuai dengan yang tertera pada KTP Anda. Segala proses verifikasi dilakukan oleh PeduliLindungi dan apabila ada kesalahan teknis dapat menghubungi call center PeduliLindungi di 119 atau email ke pedulilindungi@kominfo.go.id 
Saya mendapatkan pesan error “scan QR melebihi radiusnya”. 

Sistem mendeteksi lokasi Anda terlalu jauh dari lokasi check-in. Mohon pastikan GPS Anda dinyalakan dan akses lokasi telah diberikan kepada fitur ini. Kami juga menyarankan untuk mengecek ke aplikasi berbasis lokasi lainnya (seperti Google Maps) untuk memastikan apakah lokasi Anda telah dideteksi dengan benar oleh handphone Anda.

Saya mendapatkan pesan error “Internal Server Error”.

Integrasi PeduliLindungi dengan aplikasi Gojek dan Tokopedia sedang mengalami kendala, mohon mencoba lagi setelah beberapa saat atau gunakan langsung aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan proses check-in.
Saya mendapatkan pesan error “Anda masih check in di tempat ini”.

Anda sudah ter check-in dalam lokasi tersebut. Jika situasi operasional mengharuskan Anda untuk memperlihatkan kembali layar hasil check-in, kami menyarankan untuk melakukan check- out lalu check-in kembali.

Saya mendapatkan pesan error “Anda belum melakukan check in”.

Anda belum terdata oleh sistem telah melakukan check-in di lokasi. Mohon arahkan kamera check-in ke QR Code untuk melakukan check-in, bukan check-out. 

Saya lupa melakukan check-out di lokasi

Kami menyarankan Anda untuk menuju ke pintu keluar lokasi untuk melakukan check-out. Jika tidak memungkinkan, tidak perlu khawatir karena sistem akan melakukan check-out secara otomatis setiap 24 jam.