logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Bikin Ngiler! Ini Makanan Khas Medan yang Menggiurkan
Bikin Ngiler! Ini Makanan Khas Medan yang Menggiurkan
gojek / 24 Feb 2024

Hai Gojekers,

Kota Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang tidak kalah terkenal dibanding kota-kota lainnya. Jika kamu datang ke Medan, tidak lengkap kalau hanya mengunjungi wisata alamnya saja. Kamu harus coba makanan khas Medan yang bisa buat ketagihan karena tampilan dan rasa yang lezat. Saat ini sudah banyak penjual makanan khas daerah Medan yang bisa kamu jumpai umumnya di daerah perkotaan Medan. 

Perlu kamu tahu, Medan juga punya beberapa makanan khas yang yang sampai saat ini masih eksis. Kalau soal harga, enggak bakal menguras isi dompet kamu. Harga makanan di sini masih terjangkau, ditambah lagi cita rasa kuliner khas yang mantap. Dijamin kamu enggak bakalan rugi deh. Makanan khas Medan ini pula yang menjadi salah satu pencuri hatinya wisatawan untuk datang kembali ke Medan. Jadi, kalau kamu ke Medan sempatkan untuk menikmati kuliner khasnya ya. 

10 Rekomendasi Makanan Khas Medan

Dok : website/makanmana

Nikmatnya kari dipadukan dengan mie bihun pasti bisa buat kamu ngiler nih. Tabona sudah menjadi icon sepanjang masa milik kota Medan sejak puluhan tahun yang lalu. Rumah makan Tabona mempunya menu andalan yaitu kari bihun ayam, Mie ayam dan nasi kari ayam. Memang bener, makanan khas Medan satu ini bisa dibilang juaranya kari di kotanya. Gimana nggak juara? Rumah makan Tabona ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. 

Selain kari bihun yang nikmat, rumah makan ini juga menjual jus kietna yang segar untuk menemani santapan kari bihun. Kami bisa merogoh kocek mulai dari Rp48.000. Tempat yang sederhana dan tempat duduk yang tersedia di dalam maupun di luar membebaskan pengunjung untuk memilih tempat duduk. Kari Bihun Tabona bisa jadi pilihan kuliner kamu saat di Medan. Karena ramai pengunjung ada baiknya kamu gunakan layanan GoRide agar lebih cepat dan aman sampai di lokasi.

Alamat : Jl. Mangkubumi No. 17, Medan

Tersedia pemesanan via GoFood

Kalau kamu ke Medan, jangan lupa juga untuk mencoba makanan khas Medan yang satu ini. Soto Medan dengan potongan daging yang melimpah dapat kamu beli di Soto Sinar Pagi. Wajar saja kalau soto di tempat ini banyak dicari. Terlebih lagi mantan Presiden RI ke-6, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pernah datang dan merasakan lezatnya menu khas Medan di Soto Sinar Pagi ini. 

Kuah soto disajikan kental dan nikmat, ditambah dengan aneka potongan aneka gorengan pastinya buat nagih abis. Mulai dari Rp28.000 kamu sudah bisa menikmati soto dengan pilihan ayam, daging, babat, paru, hingga soto campur. Soto sinar pagi hanya buka sampai jam 4 sore, jangan sampai kamu kehabisan ya.

Alamat : Jl. Sei Deli No. 2, Silalas, Medan Barat

Tersedia pemesanan via GoFood

Dok : instagram/satememengasli

Sudah ada sejak tahun 1945, sate madura menjadi menu andalan yang digemari warga Medan. Kalian bisa beli di warung Sate Memeng, tidak jauh kok dari pusat kota. Sesuai namanya, pemilik asli Sate Memeng adalah Pak Memeng yang bernama asli H. Muhammad Saimin. Saat ini Sate Memeng diteruskan generasi keempat, oleh sang cucu bernama Siti Aprilia. 

Dihargai Rp25.000, sate madura ini sudah bisa kamu nikmati atau bawa pulang. Namun harga tersebut belum termasuk nasi atau lontong, jadi kamu harus siapkan uang lebih. Pilihan bumbu juga tersedia seperti bumbu kuah padang, kuah kacang dan bumbu kecap. Hebatnya lagi Sate Madura milik Pak Memeng ini mendapatkan penghargaan dari Penang Festival Kuliner di Malaysia. Jadi buat kamu yang gak sabar buat cobain sate yang nikmat ini, catat jam buka nya yaitu mulai jam 6 sore sampai dengan 1 pagi. Awas jangan sampai kehabisan ya. 

Alamat : Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur

Tersedia pemesanan via GoFood

Sudah buka sejak tahun 1930, restoran tidak pernah sepi pengunjung. Makanan khas dari Medan yang satu ini wajib kamu coba deh. Bihun yang disajikan dengan bebek rebus selalu terasa kenyang di perut. Gimana nggak kenyang, irisan daging bebek yang disajikan cukup banyak dan pastinya buat kamu ketagihan. 

Ditambah lagi dengan sawi dan taburan daun bawang yang menambah sedap cita rasa. kamu juga bisa menambah potongan ampela sebagai pelengkap menyantap bihun. Restoran ini dikenal dengan sebutan Bihun Asie Kumango Medan karena lokasinya di kawasan kumango medan. Selain enak, daging bebek yang disajikan tidak berbau anyir. Mungkin itu alasannya kenapa Bihun ini selalu banyak yang beli dan sering habis sebelum jam 11 siang. Jadi buat kamu sebaiknya datang lebih awal sebelum kehabisan. 

Alamat : Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat

Tersedia pemesanan via GoFood

Kalau kamu melintasi kawasan Sei Kambing B Medan, pasti bakal jumpa Mie Aceh favorit nya orang Medan. Yap, Mie Aceh Titi Bobrok yang sudah memiliki beberapa cabang ini memang digemari banyak warga Medan. Mie Aceh Titi Bobrok sudah ada sejak tahun 1996. 

Mie aceh yang disediakan juga ada varian topping makanan laut seperti udang, cumi dan kepiting. Mulai dari Rp20.000 saja kamu sudah bisa nikmati mie aceh yang terkenal di Medan. Buka setiap hari mulai jam 11 pagi sampai 10 malam. Sayangnya, lokasi parkir masih minim disediakan. Kalau kamu gak mau repot repot nyari tempat parkir, naik GoCar aja sama kawan-kawanmu. Jangan lupa bayarnya pakai GoPay biar praktis dan gunakan fitur chat untuk tagih uang patungan dari kawanmu

Alamat : Jl. Setia Budi No.17D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal

Tersedia pemesanan via GoFood

Dok : instagram/@lontong_kaklinmedan

Ingin menikmati lontong sayur khas di Kota Medan? Warung Lontong Kak Lin menyajikan menu lontong sayur yang nikmat banget loh. Cita rasa gurih, asin dan manis pada lontong sayur ini sangat pas. Ditambah adanya sambal dan kerupuk sebagai pelengkap, menjadikan lontong sayur ini banyak digemari warga Medan. Selain lontong sayur, warung ini juga menyiapkan menu andalan seperti lontong pecal bahkan nasi uduk yang tidak kalah nikmat . Mulai dari harga Rp 17ribu, kamu sudah bisa menikmati lontong sayur ini. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota. 

Karna nikmatnya, setiap hari lontong ini selalu habis diburu pembeli pada jam 4 sore bahkan lebih cepat loh. Jadi buat kamu yang takut gak kebagian nih, kamu harus lebih cepat datang ya. Tapi kalau kalau lagi males keluar rumah, kamu bisa pesan via GoFood. Warung Lontong Kak Lin buka di hari biasa pukul 06.30 WIB sampai 16.00 WIB, khusus Minggu tutup jam 2 siang. Jadi buat kamu pecinta kuliner yang satu ini wajib coba Lontong Kak Lin. 

Alamat : Jl. Teuku Cik Ditiro No.8M, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia

Tersedia pemesanan via GoFood

Dok : Instagram/bolumerantimedan

Walaupun bentuknya mirip seperti bolu gulung pada umumnya, tapi Bolu Meranti punya rasa khas tersendiri. Memiliki varian rasa coklat, keju, nanas, hingga kacang, menjadikan bolu ini banyak diminati warga medan. Mulai dari harga Rp65.000, kamu sudah bisa bawa pulang bolu lezat ini. Bolu meranti punya 3 cabang yaitu di kawasan Kriung, SM Raja dan Ring Road Medan. Selain menjadi santapan yang nikmat, bolu meranti juga sangat cocok dijadikan oleh oleh untuk keluarga. 

Alamat : Jl. Kruing No.2K, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan

Tersedia pemesanan via GoFood

Dok : website/ucokdurian

Kalau kata orang Medan nih, Durian adalah “rajanya buah”. Buat kamu yang suka durian, jangan lewatkan untuk berkunjung makan durian di Ucok Durian. Mulai dari Rp25.000, kamu bisa menikmati durian yang sudah dipastikan enak. Rasa durian dibagi beberapa macam yaitu manis, pahit, legit, kering dan basah. Mana seleramu? Tenang saja karena saat kamu memesan akan dibantu memilih durian sesuai selera. Selain makan durian kupas, kamu juga bisa pesan pancake durian, hingga daging durian yang juga bisa dijadikan oleh-oleh.

Selain itu, Ucok Durian buka 24 jam setiap hari. Adapun tagline dari Ucok Durian “Jangan ngaku pernah ke Medan, Kalau Belum datang ke Ucok Durian”. Jadi tunggu apalagi penikmat durian, yok lah ke Ucok Durian.

Alamat : Jl. K.H. Wahid Hasyim No.30-32, Babura, Kec. Medan Baru

Tersedia pemesanan via GoFood

Restoran ini sudah buka sejak tahun 1929. Di sini kamu dapat memesan aneka makanan ala Barat, Asia, dan Indonesia. Terdapat sisi sajian khas Indonesia, seperti rendang, kari, ikan goreng, aneka jenis sayur dan kuah. Umumnya seperti nasi Minang/ Padang, cuma disini disebut nasi campur. Tip Top juga menjual kue tartnya yang terkenal. Kue sampan meses mini dan cake coklat Irish adalah menu kue yang Tip Top sediakan setiap hari. Harga masakan di Restoran Tip Top sangat beragam, mulai Rp 20 rb. 

Bangunan restoran ini masih memiliki bentuk era kolonial, yang dimana Restoran Tip Top menjadi saksi perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Jadi kamu bisa menikmati kuliner sekaligus mengenal tempat sejarah Kota Medan. 

Alamat : Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B, Kesawan, Kec. Medan Barat

Tersedia pemesanan via GoFood

Dok : website/makanmana

Terakhir, ada mie bangladesh. Mie yang digoreng tapi tetap basah, kalau orang Medan bilang “mie becek”. Mie bangladesh bisa kamu jumpai di Warkop Agam Senyum. Mie bangladesh menggunakan mie instan yang dimasak dengan racikan bumbu ala warung agam senyum dengan harga yang terjangkau. Mulai dari Rp 11 ribu, kamu bisa menikmati mie bangladesh nan nikmat ini.

Buat kamu yang ingin menikmati mie bangladesh, serunya itu bersama teman-teman ataupun keluarga ya. Suasana makan di lokasi terkesan sederhana tapi ramai pembeli, ada yang makan ditempat ataupun bawa pulang. Mie bangladesh ala warkop agam senyum ini buka tiap hari 24 jam. Warkop ini selalu ramai pengunjung, kalau malas cari tempat parkir karena padatnya jalanan multatuli, tenang aja GoRide siap bantu kamu kok. Lokasi nya berjarak cukup dekat dari pusat kota, sekitar 2,21 km loh gojekers. Jadi buat kami suka olahan kuliner mie instan, langsung saja datang ke warkop agam senyum yang sudah terkenal di Medan.

Alamat : Jl. H. Misbah No.14, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan

Tersedia pemesanan via GoFood

Nah, itu dia 10 rekomendasi makanan khas Medan yang bisa kamu nikmati. Jadikan Gojek sebagai teman wisata kuliner kamu saat di Medan, karena dengan Gojek #PastiAdaJalan untuk bisa lebih mudah menikmati semua wisata kuliner khas Medan.