logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Sambut Ulang Tahun Jakarta dengan 5 Makanan Khas Betawi Ini
Sambut Ulang Tahun Jakarta dengan 5 Makanan Khas Betawi Ini
gojek / 24 Feb 2024

Hai GOJEKers,

Bulan Juni menyimpan sebuah hari istimewa bagi ibukota negara Indonesia, Jakarta. Tepatnya pada tanggal 22 Juni tahun ini, kota Jakarta telah mencapai usia ke-492 tahun. Di usianya yang bertambah, sudah banyak perubahan hilir mudik membentuk wajah ibukota. Meski demikian, beberapa hal masih tetap lestari dan seolah tak lekang dimakan zaman, utamanya budaya dan makanan khas Betawi.

Bagi kamu yang ingin memperingati hari ulang tahun Jakarta tahun ini, tapi ingin melakukan sesuatu yang baru, kamu bisa melakukan wisata kuliner makanan khas Betawi! Berikut rekomendasi hidangan Betawi yang dapat kamu cicipi untuk menyambut ulang tahun Jakarta.

Rekomendasi Makanan khas Betawi:

Nggak sah rasanya bermukim atau berkunjung di Jakarta kalau belum mencoba kerak telor. Makanan khas Betawi ini tampak seperti telur omelette dan. memiliki tempat di hati setiap warganya. Terbuat dari bahan-bahan seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi, bawang boring, kemudian diberi bumbu halus.

Kue tradisional yang satu ini mudah dijumpai di pasar tradisional dan toko kue. Biasanya kue ini dapat kamu temukan di tempat-tempat yang tengah menggelar acara pernikahan atau upacara selamatan lainnya. Rasanya manis dengan tekstur lembut di bagian tengah dan renyah di bagian pinggir. Kue basah khas Betawi ini dibuat dari beras dan gula merah dan menjadi salah satu kuliner Jakarta yang wajib kamu coba.

Belum lengkap rasanya menikmati makanan khas Betawi sebelum melahap asinan Betawi. Umumnya asinan dari daerah Jakarta tersebut terdiri dari campuran sawi, kol, tauge, tahu putih, dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng. Siraman kuah bumbu kacang dan campuran cuka serta cabai dengan tambahan kerupuk mie besar berwarna kuning membuat tampilan hidangan ini enak di pandang mata. Asinan Betawi ini rasanya segar dan tergolong makanan sehat loh!

Bir yang satu ini bukanlah bir yang biasa kamu temukan di pasaran. Minuman khas Betawi yang satu ini memiliki manfaat kesehatan dan tidak akan membuatmu mabuk karena tak mengandung zat alkohol. Dibuat dari bahan dasar rempah-rempah, bir ini terdiri dari campuran jahe, daun pandang wangi, dan serai. Agar lebih menarik perhatian, biasanya para pembuat bir pletok mencampurkan dengan tambahan kayu secang yang membuat warna bir menjadi merah saat air panas dituang.

Didaulat sebagai makanan penuh nostalgia, Kue Rangi pun memiliki tempat tersendiri bagi para warga Jakarta. Kue yang satu ini terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut. Kedua bahan tersebut dituang ke dalam cetakan khusus dan dipanggang di atas tungku kecil. Sebagai pelengkap, kue rangi disajikan dengan saus gula merah kental. Paling pas disantap saat masih panas.

Mau jajanan manis khas Betawi lainnya? Yuk cicipi es goyang. Camilan khas Betawi ini terbuat dari bahan-bahan sedrhana seperti santan kelapa, gula pasir, perisa, dan tepung hunkue (tepung yang terbuat dari tumbukan kacang hijau). Rasanya bermacam-macam. Kamu bisa mencoba rasa alpukat, durian, hingga coklat.

Demikian serangkaian menu makanan khas Betawi yang dapat kamu cicipi dalam rangka menyambut ulang tahun ibukota Jakarta. Mau mencicipi semua menu ini tapi nggak sempat keluar rumah? Pesan makanan khas Betawi pilihanmu lewat layanan GO-FOOD dari merchant-merchant favorit. Lapar? GO-FOODin aja sekarang!