logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Luncurkan Program SWADAYA, GO-JEK Bantu Akses Layanan Jasa Keuangan Bagi Mitra
Luncurkan Program SWADAYA, GO-JEK Bantu Akses Layanan Jasa Keuangan Bagi Mitra
gojek / 05 May 2017

Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia aplikasi layanan on-demand, GO-JEK, meluncurkan program SWADAYA untuk meningkatkan kesejahteraan para mitra driver GO-JEK.

Program tersebut dilakukan melalui pemberian akses kepada layanan jasa keuangan baik perbankan dan asuransi, cicilan otomatis yang terjangkau, diskon untuk kebutuhan sehari-hari, akses terhadap kesempatan bisnis untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta pelatihan berkendara.

Nadiem Makarim CEO GO-JEK Indonesia mengatakan program ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberdayakan dan membantu sektor informal. GO-JEK saat ini telah memiliki mitra lebih dari 250.000 yang tersebar di 15 kota di Indonesia.

"Selain membantu para pekerja sektor informal memperoleh penghasilan yang lebih, kami juga membantu mereka mengakses lembaga keuangan dan mendapatkan produk atau layanan yang mereka inginkan. Mengingat, para pekerja informal seperti tukang ojek masih memiliki kesulitan untuk mengakses layanan keuangan dan membeli produk secara tunai,” paparnya dalam keterangan tertulis, Minggu (20/11/2016).

Lebih lanjut dia menyebutkan SWADAYA memiliki lima program manfaat utama bagi mitra driver. Pertama, akses terhadap lembaga jasa keuangan yaitu perbankan dan asuransi. Para mitra driver selain memiliki akses ke produk perbankan dengan memiliki rekening bank dan kartu ATM, mereka juga dapat membeli polis asuransi kesehatan yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 2.300 per orang per hari.

“Program asuransi ini bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh mitra GO-JEK tetapi juga keluarganya. Sudah lebih dari 4000 mitra GO-JEK dan keluarganya yang memanfaatkan program asuransi kesehatan ini," tambahnya.

Program manfaat kedua berupa peningkatan perencanaan keuangan dan daya beli melalui akses cicilan otomatis yang terjangkau. Dalam program ini, mitra driver dapat membeli sepeda motor, handphone, barang elektronik dan kacamata secara cicilan yang berkisar antara Rp 6.000 – Rp 29.000 per hari.

Program manfaat lain yang ditawarkan adalah diskon pembelian kebutuhan sehari-hari. Untuk program ini, GO-JEK telah bekerjasama dengan salah satu bengkel otomotif, toko ritel dan jaringan minimarket.

Sedangkan, program manfaat keempat adalah akses terhadap kesempatan bisnis untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Program ini dapat dilakukan tidak hanya oleh mitra driver tetapi juga pasangannya dengan menjadi Ketua Arisan dari RUMA Arisan Mapan.

Selain cicilan yang terjangkau, beberapa lembaga yang bekerjasama dalam SWADAYA ini juga menawarkan harga barang yang lebih murah untuk para mitra driver GO-JEK. Nadiem menambahkan,

“SWADAYA ini telah kami uji coba di Jabodetabek dan terbukti sukses. Kedepannya, SWADAYA dapat diakses oleh para mitra talent dan mitra driver GO-JEK yang ada di kota-kota lain di Indonesia. Kami berharap dengan program-program manfaat ini, para mitra kami menjadi lebih berdaya dengan kekuatan mereka sendiri dan taraf hidupnya dapat meningkat dan menjadi lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kemampuan mitra driver dalam berkendara dengan baik, GO-JEK juga memberikan pelatihan keamanan berkendara (safety riding). Guna melaksanakan program ini, GO-JEK telah bekerjasama dengan dua belas (12) perusahaan untuk menyediakan manfaat kepada mitra driver GO-JEK yaitu: PT Astra Honda Motor, FIF Group, Courts, Erafone, Optik Melawai, Allianz, Pasar Polis, Mr Montir, Alfamart, RUMA, Ramayana dan Rifat Driving Labs.

Baca artikel aslinya di sini.