GOJEK App

One app for every need

Tetap Melaju Bersama Gojek: Kilas Balik 2020 & Tren Usaha 2021

Tetap Melaju Bersama Gojek: Kilas Balik 2020 & Tren Usaha 2021
Gojek / 10 Feb 2021

Tahun 2020 menjadi tahun yang begitu berat bagi berbagai kalangan, termasuk UMKM di Indonesia. Meski begitu, banyak pelaku usaha yang tak patah semangat. Salah satu langkah strategis yang diupayakan demi bertahan di tengah masa krisis ialah dengan beradaptasi. Untuk mendukung hal tersebut, Gojek pun memperkuat komitmennya untuk mendukung UMKM terus melaju di 2021 ini. Bagaimana Gojek membantu jutaan mitra usaha?

Gojek sukses jadi mitra terpercaya yang mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia sepanjang tahun 2020 lewat inisiatif #MelajuBersamaGojek. Salah satunya adalah dalam hal kemudahan pembayaran.

  1. Midtrans menghadirkan Payment Link, solusi pembayaran bagi seluruh Mitra Usaha untuk menerima pembayaran dari pelanggan tanpa harus memiliki websitedan integrasi teknis yang rumit. Sejak pandemi, puluhan ribu link pembayaran dibagikan melalui Payment Link tiap bulannya. Mitra Usaha dapat terus menjalankan bisnis secara online dengan mudah!
  2. GoPay telah dilengkapi dengan kode QR sesuai dengan standar pemerintah, yaitu QRIS yang dapat menerima pembayaran dari berbagai uang elektronik lainnya.

Kemudian, Gojek pun menjadi solusi agar UMKM dapat beradaptasi di era kebiasan baru dengan menyuguhkan layanan terbaik yang memudahkan Mitra Usaha go digital.

  1. GoFood meluncurkan GoFood Pickup, fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum mengambilnya langsung di lokasi. Dengan adanya GoFood Pickup, pemesanan jadi makin cepat, praktis, dan minim kontak fisik. Penggunaan fitur ini pun meningkat sebanyak 30x lipat sepanjang tahun 2020.
  2. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan pelanggan untuk menyiapkan makanan dengan mudah di rumah, GoFood membantu Mitra Usaha Gojek untuk merespon hal ini dengan meluncurkan kategori menu "Makanan Siap Masak".

Tak hanya itu, Gojek juga meningkatkan berbagai layanan agar Mitra Usaha dapat memaksimalkan operasional usaha mereka.

  1. Untuk mendukung digitalisasi operasional usaha, GoBiz memperkenalkan fitur Daftar Mandiri, di mana Mitra Usaha dapat mendaftarkan usahanya dengan lebih mudah dan aman. Cukup dengan download aplikasi GoBiz dari PlayStore, isi form, dan tunggu proses untuk nikmati semua fitur GoBiz.
  2. Sejak era pandemi, kebutuhan akan transaksi online meningkat pesat. Selly hadir sebagai solusi keyboard ajaib untuk kebutuhan usaha. Selama tahun 2020, Selly telah dipercaya oleh lebih dari 500 ribu Mitra Usaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  3. Setelah melayani di 75 wilayah, GoSend memperluas pengiriman ke luar kota melalui layanan GoSend Intercity, yang mencakup lebih dari lima kota besar di Jawa (Jadetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Semarang) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan Mitra Usaha.

Yang tak kalah penting, Gojek senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak demi memberikan dampak sosial bagi komunitas Mitra Usaha.

  1. Kami percaya bahwa kesehatan Mitra Usaha dan pelanggan merupakan prioritas kami. Oleh karena itu, GoFood telah berhasil mendistribusikan 9.000 GoFood Care Kit, yaitu kartu suhu tubuh, segel pengaman kemasan, dan lainnya, agar baik karyawan, pemilik usaha, maupun pelanggan sama-sama merasa aman.
  2. Dalam satu tahun Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) berdiri, lebih dari 67.000 Mitra Usaha GoFood dari 69 kota di Indonesia telah bergabung. Lebih dari 100 topik edukasi, 20 Temu KOMPAG roadshow & virtual, 45 sesi online mingguan, dan 3 Temu KOMPAG AKBAR virtual yang dihadiri oleh 40.000 Mitra Usaha.
  3. Selama 2020, Moka telah mempersembahkan 6 e-book berbasis data berisi tips berbisnis yang telah diunduh lebih dari 5.000 kali. 

Kali ini, di awal tahun 2021, Gojek pun tetap berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM dengan berbagai insight bisnis dari dapur Gojek bagi para mitra usaha dengan meluncurkan e-book terbaru yang berjudul Tetap Melaju Bersama Gojek: Kilas Balik 2020 & Tren Usaha 2021. Di dalam e-book ini, Mitra Usaha dapat memperoleh ilmu yang lebih lengkap mengenai strategi adaptasi bisnis di masa krisis, serta bocoran tren usaha yang di antaranya mencakup soal usaha rumahan, social sellers, juga strategi bisnis omnichannel. Download e-book-nya sekarang juga!

>>Download E-book GRATIS <<

Atas kepedulian dan komitmen terhadap UMKM, Gojek akan terus memperkuat kemitraan dan kolaborasi ke depannya dengan berbagai pihak untuk membantu UMKM terus berkembang. Kami akan memberikan ragam edukasi secara lebih rutin dan mendalam sesuai dengan kebutuhan serta tahapan masing-masing Mitra Usaha. Kami juga akan terus bersinergi dengan pemerintah dan perusahaan lainnya dengan visi yang sama demi membangun ekosistem UMKM di Tanah Air.

Siapkah Anda untuk tetap #MelajuBersamaGojek?